Subsektor Desain Produk Industri Indonesia

Saat ini Desain Produk Industri termasuk sebagai subsektor Industri Kreatif dan mulai mendapat perhatian lebih besar dari sebelumnya baik dari pemerintah, perbankan serta industri dalam negeri sendiri. Oleh karna itu pengembangan pengetahuan tentang desain produk industri juga harus semakin ditingkatkan mengingat majemuknya subsektor yang ada didalamnya. Desain Produk Industri memiliki berbagai subsektor yang memiliki karakteristik berbeda-beda sehingga menurut berbagai pakar sejatinya perlu ada spesialisasi lanjutan yang dimulai dari tingkat akademik. Sebagian yang lain justru berpikir sebaliknya, agar terjadi integrasi yang luas terhadap masing-masing subsektor tersebut, keilmuannya harus dibebaskan dari kuncian spesialisasi.

Meski belum ada kesepakatan dalam poin tersebut apalagi penjawantahannya dimulai dari tingkat pendidikan, kita perlu menyadari karna luasnya keilmuan Desain Produk Industri ini, Indonesia wajib terus menerus menambah kuantitas dan lebih penting kualitas dari SDM didalamnya.

Pembahasan tentang subsektor Desain Produk Industri salah satunya di komandangkan lagi oleh Bapak Dr. Agus Windarto dalam seminar di Indesignation yang merupakan perhelatan Desainer Produk Industri Indonesia yang diadakan oleh ADPII, dalam slide show yang ditampilkan beliau, tampak beberapa Subsektor Desain Produk sebagai berikut :

  1. Appliances
  2. Apparel
  3. Craft
  4. Transportation
  5. Sanitary
  6. Furniture
  7. Stasionery
  8. Packaging
  9. Sports
  10. Military
  11. Alat kesehatan
  12. Kitchenware

Desainer Produk berperan aktif dalam mempersiapkan produk-produk untuk diproduksi hingga merespon pasar yang ingin di penetrasinya dan menjadi salah satu syarat penting dalam persaingan dagang baik secara lokal, nasional hingga internasional. Berada persis diantara sains, teknologi dan seni secara teknis dan praktis, Desain Produk wajib terus menerus berinteraksi dan berintegrasi dengan berbagai keilmuan sehingga mampu membuka berbagai kemungkinan positif dalam menciptakan inovasi, lapangan pekerjaan hingga penguatan ekonomi nasional.

Asyraaf

Industrial designer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *