Perkakas & Mesin

Bingung pilih merk power tools? Liat dulu reviewnya disini

Tidak bisa dihindari, dari rumah hingga industri power tools meringankan dan mengefesiensi pekerjaan kita. Memilih Brand Power Tools yang sesuai adalah yang mutlak, menggunakan Brand yang salah dapat membuat pemilik workshop menghabiskan dana untuk bolak-balik ke tukang service atau bahkan membeli berkali-kali.

Punya workshop atau nyimpen buat sesekali waktu dipake dirumah, power tools mempercepat pekerjaan pertukangan atau sekedar renovasi kecil dirumah. Hanya saja banyaknya merk yang sekarang ada di pasaran dan harga yang variatif sering Bikin kita bingung memilih power tools yang sesuai dengan kebutuhan kita, memilih merk yang salah sering kali tidak disadari malah menambah cost produksi dan bukannya makin efisien seperti yang kita inginkan. Nah kali ini saya coba bikin artikel yang saya harap bisa membantu kita untuk memilih merk power tools sesuai kebutuhan kita berdasarkan kualitas produknya.

Makita

Makita. Makita merupakan brand yang fokus pada power tools. Pabrik Makita tersebar di berbagai belahan dunia, mulai dari China, Inggris, Brazil, Jerman, Romania, Mexico, Jepang, Kanada dan Amerika. Dari segi kualitas, produk-produk Makita termasuk dalam kualitas sedang, untuk penggunaan yang intensif misalnya di bengkel, brand ini cukup bisa di andalkan, dan harganya tidak terlalu tinggi.

MaktecMaktec. Singkatnya Maktec adalah Makita dengan komponen yang lebih sedikit. Maktec dikembangkan oleh Rutherford sebuah perusahaan di Afrika Selatan dibawah pengawasan, lisensi dan pengembangan yang dilakukan oleh Makita. Untuk kualitas dan kepresisian tentunya masih di bawah Makita, namun Maktec bukan berarti tidak dapat di andalkan. Dengan kualitas sedikit lebih rendah Maktec menjangkau konsumen dibawah target pasar Makita.

bosch-logoBosch. Bosch adalah perusahaan teknik dan elektronik yang berasal dari Jerman dan merupakan supplier komponen otomotif. Setiap tahun, Bosch meluncurkan lebih dari 100 produk Power Tools ke pasar sehingga Bosch dapat mengklaim dirinya sebagai produsen Power Tools paling inovatif diantara produsen yang lain. Salah satu kelebihan yang menonjol dari Bosch saat ini adalah inovasi wireless Power Tools dan IOT yang di inject pada berbagai produknya. Dari segi kualitas dan market share, khususnya pada Power Tools, Makita dan Bosch bersaing cukup ketat.

Lihat juga artikel ini : 16 Jenis kayu Indonesia Yang Perlu Kita Ketahui

skilSkil. Jika Makita punya Maktec, maka Bosch punya Skil untuk pasar DIY dan inventor rumahan di kawasan Asia dan Afrika. Skil awalnya merupakan perusahaan yang fokus pada pembuatan Circular Saw sejak tahun 1924 dan terkenal dengan model 77 nya pada tahun 1937. Pada tahun 1996 Robert Bosch GmbH membeli perusahaan tersebut.

Black & DeckerBlack & Decker. Black & Decker merupakan perusahaan Amerika yang memproduksi Power Tools, aksesosir, hardware, home improvement products dan fasteners. Pada tahun 2010 Black & Decker bergabung dengan Stanley Works menjadi Stanley Black & Decker. Seperti halnya Bosch, Black & Decker kini juga menaruh perhatian pada IOT, namun dari segi kualitas Black & Decker ada beberapa level di atas Bosch dan market segment diatasnya. Pemilihan material, desain dan komponen untuk produk-produknya di kurasi dengan cukup baik sehingga meskipun Black & Decker di promote sebagai produk untuk kegiatan rumah kualitasnya cocok untuk industri dengan intensitas pemakaian tinggi dan pekerjaan yang berat.

DeWALTLogoDeWalt. DeWalt juga merupakan salah satu anak perusahaan Stanley Black & Decker yang memproduksi berbagai Power tools untuk konstruksi, manufaktur dan pertukangan. DeWalt di Promosikan menjadi perusahaan yang sangat Amerika, menjadi salah satu favorit tools di kalangan DIY di negaranya. Mengambil ceruk pasar yang serupa dengan Makita, meskipun harganya sedikit lebih mahal. Harga yang lebih tinggi dari pesaingnya ini disiasati dengan memproduksi produk-produknya di Guang Dong China untuk produk-produknya yang dipasarkan di wilayah Asia.

Stanley_Works_logoStanley. Satu lagi brand Power Tools dan Hand Tools dibawah Stanley Balck & Decker yang dirancang untuk head to head dengan Bosch adalah Stanley. Stanley yang merupakan salah satu divisi dari mereka ini lebih banyak fokus pada Hand Tools. Produk-produk Stanley menyesiati persaingan pasar di kelas menengah bawah dengan pesaing-pesaing nya. Stanley punya sejarah panjang sebagai produsen penghasil alat-alat yang dimulai dari mengerjakan baut dan peralatan untuk pembuatan pintu dari tahun 1843. Produk-produk Stanley dapat digunakan pada pekerjaan ringan hingga menengah di workshop meskipun durabilitasnya dibawah brand lainnya diantara produk-produk Stanley Black & Decker.

Lihat juga artikel ini : Selain di cat, ternyata finishing kayu banyak macamnya lho

proxxon_logoProxxon. Jika anda adalah seorang model makers, pembuat instrumen atau bahkan membuat alat, optician dan jewellery Proxxon seharusnya menjadi salah satu target anda untuk anda miliki. Proxxon yang fokus pada pengerjaan-pengerjaan detail, durabilitas yang baik serta kualitas yang tinggi adalah sebuah produsen Power Tools dan Hand Tools dari Jerman. Dengan kualitas tersebut tidak heran produk-produknya terhitung tidak murah, namun niche market yang merupakan targetnya juga paham bahwa harga tidak bohong.

Dremel_LogoDremel. Salah satu pesaing berat dari Proxxon adalah Dremel. Perusahaan Amerika yang mengambil segmen pasar yang sama dengan Proxxon ini telah didirikan sejak tahun 1932 di Wisconsin. Dremel juga dibeli oleh Robert Bosch GmbH dan pindah ke Illinois. Dremel terkenal dengan rotary toolsnya dengan kualitas tinggi seperti Penumatic Die Grinders yang digunakan pada industri metalworking dan molding.

metabo-logoMetabo. Metabo adalah produsen produk-produk Power Tools berkualitas tinggi yang berasal dari Nurtingen, Jerman. Metabo di inisiasi sejak pendirinya membuat hand drill manual tahun 1923. Dengan menjaga berbagai aspek kualitas, Metabo mempunyai tempat spesial tersendiri di antara Brand-brand yang lain. Produk-produk Metabo yang sangat memperhatikan desain sangat banyak yang mendapat penghargaan Red Dot Design Award ajang penghargaan industrial dan desain produk Dunia. Metabo merupakan salah satu Brand dengan produk-produk yang berdurabilitas, kepresisian, dan ketahanan yang tinggi. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan yang lain, membeli Metabo adalah investasi yang jarang mengecewakan.

Lihat juga artikel ini : Perkakas itu ternyata banyak banget jenisnya

krisbow-1429167227Krisbow. Kawan Lama group yang kini terkenal dengan Ace Hardware nya juga melihat ceruk pasar yang bagus pada Power Tools dan Hand Tools melalui statistik penjualan yang mereka peroleh di Ace Hardware seperti Alfa Mart yang melihat peluang dan membuat Brand untuk Gula Pasir di gerai-gerainya. Menyiasati harga, daya beli dan habbit segmen pasarnya Krisbow memproduksi produk-produk nya di Cina dengan kualitas bawah. Jika anda membeli Power Tools untuk dipakai per 4 bulan sekali dan tidak perlu memikirkan kepresisian serta durabilitas produk, Krisbow adalah produk yang mungkin bisa anda beli.

Beberapa Brand yang termasuk kelas menengah lainnya adalah AEG, Hitachi dan BiTech. Brand-brand ini masih dapat digunakan di workshop namun pekerjaan-pekerjaan yang menengah.

Brand-brand yang berusaha memasuki pasar Indonesia dengan produk yang berkualitas rendah cukup banyak seperti Ryu, Ken, Mollar, Modern, Pigeon, GMT, Prescoutt. Untuk di Indonesia, saya ragu produk-produk ini bahkan dikenai pajak. Produk-produk ini kebanyakan tidak ada garansi, tidak dapat ditemukan asal pembuatannya dan produsennya. Meskipun banyak digunakan oleh para tukang-tukang Brand-brand ini sebaiknya berada pada list Power Tools yang anda ingin beli.

Mesin-01

Besarnya permasalahan pengawasan ekspor dan impor di Indonesia membuka lebar masuknya barang-barang palsu. Brand-brand diatas juga banyak yang di palsukan dan masuk ke Indonesia, sehingga kita harus teliti saat membeli. Perhatikan garansi yang diberikan, tanyakan dimana bisa anda dapatkan layanan after sales nya serta baca lebih banyak review tentang produk spesifik yang anda beli di internet. Memilih produk yang salah justru menjadi investasi yang merugikan anda dimasa yang akan datang.

Lihat juga :Bench tools, produksi 2 langkah lebih cepat

Rating diatas merupakan penilaian saya secara subjektif berdasarkan pengalaman didunia produksi, cerita teman-teman yang menjadi produsen juga serta informasi dari internet juga. Punya pengalaman dan pendapat lain? Yuk bagikan pengalaman anda di kolom komentar dibawah

Terimakasih.

Notes : Yuk cari tau lebih banyak soal perkakas disini.

Advertisements

62 comments on “Bingung pilih merk power tools? Liat dulu reviewnya disini

  1. salam ..
    produk asli Metabo bisa dibeli dimana..?
    thx

  2. Risetnya gimana nih . . . . subjektif banget, ga apple to apple. dari harga aja banyak yang keliru. 😦
    Bosch, Makita, Dewalt, AEG kurang lebih setara, dan jelas diatas Maktec. Hitachi, Bitec, Maktec, Stanley kurleb setara, beda di handling, noise. Buat UKM & DIY udah sangat memadai. Black decker banyak yang palsu disini. Proxxon & Dremel lebih ke precision bukang general power tools seperti merk lain.
    Source: Pengalaman kerja workshop kayu medium size (60-an orang) selama 10 taun.

    • Wah mantap banget workshopnya pak. barangkali bisa main kesana kapan2. tulisan ini pada dasarnya memang ada subjektifitasnya dan preferrensi kita juga sepertinya memang berbeda. Tapi thanks masukannya pak

    • Pak boleh minta sarannya, kebetulan saya sedang bingung memilih mesin grinda dan mesin sircular,, saya bukan tukang tpi hoby dengan perkayuan.
      Merek mana yg lbh baik bosch, dewalt atau yg lainnya jujur saja saya lbh senang ke bosch alat2 yg sdh saya punya semua dri bosch mulai dri bor listrik bor batre, jig saw, ketam dan router.
      Sekarang bingung memilih grinda dan sircular merek mana yg baik untuk saya sbagai hoby tpi saya jg mau kwalitas dan ketahanan.
      Mohon masukan dan saranya.
      Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

      • Kalo beli peralatan yang saya pertimbangkan adalah:
        1. Budget – udah jelas ya
        2. Desain – enak dan nyaman ga di pake, kenapa ini jadi poin ke dua, karna percuma mau barang sebagus apapun tapi kalo makenya ga enak nanti bakalan sering di anggurin
        3. Durabilitas – Kekuatan dan kualitasnya
        4. Maintenance dan service – kalo rusak komponennya bisa beli dideket tempat saya ga atau ada tukang service resmi atau ga resminya ga di deket tempat saya. Percuma kalo ada garansinya tapi harus diklaim di kota lain. repot

        Dewalt, Bosch, Makita & Maktec setau saya aftersalesnya cukup banyak dibandingkan merk lain di Indonesia.

  3. Bagaimana dengan merk DCA pak?

    • DCA termasuk merek cina mas, di router motornya seperti Ryu dan Ken berisiknya. untuk pemakaian pribadi dan sesekali ga masalah, tapi kalo untuk dibengkel spulnya harus sering di ganti jadi mungkin pertimbangin investasi di merk yang lebih bagus.

  4. Kalau peralatan buat service komputer, laptop dan smartphone bagusnya merk apa ya?

  5. Bahahaha, ini nulis copas drmn? Udh punya semua mas merk2 diatas???
    Sy hampir semua punya kec metabo, bitec, hitachi. Di level atas itu Makita, bosch, AEG (Ridgid di US), metabo & dewalt itu setara, harganya jg sebanding dg kualitas, merk2 ini merupakan jajaran kelas atas, apalagi klo di US paling laku dewalt & milwaukee. Mau lebih bagus lg & lebih mahal, buatan jerman asli kyk hilti, ingersoll, wera, knipex, elora. Sedangkan skil, Stanley, hitachi, maktec, ini level menengah, nah baru bawahnya black decker, bitec. bawahnya lagi merk2 cina macam krisbow, modern, aldo, dll.

    • Hahahaha, ori nih mas tulisannya, bikinan sendiri. Saya juga punya sedikit dari merek2 di atas dan belum pernah nyobaik merk2 jerman yang mas bilang itu. urutan yang saya bikin tentunya sesuai dengan pengalaman dan preferensi saya juga selama punya bengkel.

  6. Kalo saya pengguna bosch pak. Banyak power tools nya jadi koleksi saya. Mana yg terbaik dari merk2 di atas saya juga ga paham tapi prinsip saya kalo beli power tools adalah sama dengan beli hape atau laptop. Saya hanya beli power tools yang service centernya ada di kota saya, dan sparepart nya mudah didapat. Kalo sejauh pengalamah saya pake bosch, di kota2 kecil juga banyak sparepart nya. Cuma itu sih alasannya 🙂

    • Distributor bosh, makita dan maktec sudah cukup lama di Indonesia pak, dan kualitasnya saya rasa banyak yang bisa kasi review. Saya sepakat dengan bapak, terutama untuk bengkel dan industry harus mencari yang service center nya mudah untuk dicari

  7. Klo untuk drill di beton merk bosch tipe mana ya mas yang sesuai??

  8. Milwaukee sama fein gk ad yah..

  9. fein sama metabo mantab.. bisa dirasa diatas bosch

  10. Nankai, tekiro, suju gimana om?

  11. Black decker yg hammer drill dengan makita impact drill,bagusan mana ya??

    • Kalo pribadi saya lebih enak pake black & decker karna faktor ergonominya. Coba juga cek service centernya ada di tempat bapak atau tidak supaya jadi pertimbangan

  12. METABO paling mantab…pengalaman pribadi dapat bor dan jigsaw heavy duty seharga 400rb di loak dengan kondisi sangat bagus, yg dikira penjualnya merk cinaan.
    sy kira beberapa merk ada yg menawarkan duty untuk home atau industry.

    • Metabo memang termasuk top brand untuk power tools. Apalagi kalo dipake cukup sering dan intens, kalo barunya memang harga ga bohong, hehehe

  13. Dely Cahyono

    kalau sellery secara kualitas gmn om?

    • Buat pribadi atau industri pak? Kalo buat dirumah cukup baik. Kalo untuk industri sebaiknya invest di brand yang produknya lebih durable

  14. Iwan Kesuma

    Dear Pak Asyaraaf Ahmadi,
    Saya dengan Iwan Kesuma, Ass Sec Manager Brand Marketing dari PT Altama Surya Anugerah. Kami mempunyai brand-brand seperti yang bergerak di bidang perkakas seperti handtools, powertools, engine, accessories, lubricant dan lainnya di mana kami merupakan salah satu pemain besar perkakas di Indonesia. Kami ingin melakukan kerjasama dengan blog bapak, bisa kami minta contactnya?
    Terima kasih.

  15. Pingback: Kategori Perkakas « Asyraaf Ahmadi

  16. Dedi Ismail

    Selamat sore Pak Asyaraaf Ahmadi,
    saya ingin bertanya mengenai mesin bor untuk rumahan, ada rekomendasi bor impact drill (tembok) yang harga nya dibawah 500rb dengan kualitas yg cukup bagus?mungkin pemakaian tidak terlalu sering. mungkin hanya untuk bor tembok mau pasang wall shelf dan pekerjaan ringan dirumah.
    apa dari merk kr*sbow sudah cukup?
    terima kasih pak

    • Selamat sore pak Dedi, Bosch GSB dan Black & Decker masi HD harganya masih sesuai budget. Menurut saya lebih mending dari pada Krisbow.

  17. Selamat pagi pk asyraaf.sy mau tanya harga mesin bor GSB 550 berapa y?..Terima Kasih

  18. Pingback: Sambungan Kayu Dasar (Basic Woodworking Joints) « Asyraaf Ahmadi

  19. Pingback: 16 Jenis kayu Indonesia yang perlu kita ketahui « Asyraaf Ahmadi

  20. ada yang penah produk FISCH

  21. Pingback: Bench tools, produksi 2 langkah lebih cepat « Asyraaf Ahmadi

  22. Pingback: Mempercepat dan mempermudah pekerjaan dengan Power Tools « Asyraaf Ahmadi

  23. Supriyono

    Mas bisa kasih review plus minusnya tekiro ryu RID 13-2 RE ? Itu kualitasnya gimana ya ?? Soale saya mau beli dan masih pilih2. Tks.

  24. Halo mas, butuh saran nih
    Saya mau punya mesin bor untuk tembok dan gerinda untuk potong keramik (jika memungkinkan untuk amplas tembok dan membersihkan keramik). Kegunaan saya hanya rumahan saja, dengan dana terbatas 1jt (termasuk aksesoris seperti mata bor & gerinda) ada saran saya ambil merek apa mas?
    Oiya apakah bor atau gerinda juga dpt digunakan untuk membobok tembok (misal mau bikin stop kontak baru)
    Ditunggu sarannya mas, terimakasih

    • Kalo bor untuk rumahan banyak yang murah mas, seperti Ryu dan Ken pilih yang impact drill (liat di bagian atasnya ada embossan gambar palunya) dan bisa dipake buat ngebor dinding tapi pake mata bor plong yang untuk batu atau semen harganya lumayan.
      Nah kalo buat motong keramik ada gergaji potong keramik sebenernya, matanya lebih kecil walaupun bisa pake gerinda. Kalo budget sejuta mungkin bisa beli gerindanya yang merk stanley kalo ga salah masih ada yg 6/7ratusan.

  25. Salam pak,
    apakah pernah ada pengalaman menggunakan Tang Rivet Harmonika? merk apa yah yang bagus?
    Saya cek di Belanja Online Market Place kebanyakan yang ditawarkan adalah merk Nankai.
    Mohon masukannya dan terima kasih.

    • Halo mas,
      Saya biasa pake rivet yang biasa mas. Memangnya kebutuhannya apa ya sampe mesti pake rivet yang harmonika?

  26. Sinyo Baron

    Mkasih mas. Review nya.. Jadi nambah wawasan saya…
    Minta review yang handy toolnya dong mas. Kayak konci pas atau tang..
    Pernah pengalaman soalny pakai merk t*kiro gagang tang sampai patah padahal cuman buat motong kawat baja doang
    Trus saya juga pakai merk krsbow dan jetech untuk kunci pas. Dan sudah 5thn masih awet dan persisi sampai sekarang….
    Nah karna sekarang Banyak merk baru yang saya temui. Seperti lipro. Camel. Kwt. Dan merk lain untuk handy tool. Yang belum saya pahami kualitasnya. Barangkali mas pernah pakai atau ada referensi .
    Karna jujur say mulai ragu dengan selogan ada harga ada kualiatas.. Karna dari 2 pengalaman di atas. Belum. Tentu harga mahal kualitas bagus. Mkasih sblumnya

    • Sama-sama mas, seneng kalo artikelnya bisa bermanfaat. Saya catet masukannya mas, memang kalo di pasaran ada banyak merk dan banyaknya import dari cina, variasi kualitas dan harganya juga banyak dan harus jeli milihnya. Semoga nanti saya coba cari dulu barangnya

  27. Pak kalo saya mau potong aluminium rekomendasi harga 1 jutaan apa ya? Pengen belajar buat jendela.

  28. Artikel nya sangat bermanfaat, semoga bisa terus dikembangkan.
    berdasarkan parameter mas Asyraf diatas (kualitas, durabilitas, kepresisian, harga), saya mau tanya atau minta review produk dibawah ini:
    1 Yamaku Y2130M
    2 Modern M2130B
    3 Modern M2165
    4 Mofuji MF8130
    5 Tagawa TIDR137
    6 Tokyu TE-1600ID
    7 Tekiro Ryu RID 13-1RE
    8 Bitec IDM130RE
    9 Black and Decker KTD10RE
    10 DCA Z1J-FF-13
    11 Skil 6510
    12 Skil 6513
    13 AEG SB 630 RE
    14 AEG SB 500 RE
    15 Bosch GSB 550
    16 Maktec MT80B
    Terima kasih atas respon dan sharing nya.

  29. Saya ngga sengaja baca percakapan org2 industri. Benarkah seperti dibawah..
    & decker, dsb, untuk kalangan rumahan, merk2 ini tergolong wah dan mahal. Sy pernah coba beli beberapa alat tsb trus dipake ditempat kerjaan, umurnya hanya 2-5 bulan saja, biasanya ada yg patah, bearingnya rontok, armature- nya jebol…banyak lah. Untuk kelas industri, power tools ini harus sanggup bekerja non- stop 4-5 jam sehari, 5-6 hari seminggu, 24-26 hari sebulan….gimana tuh…? Kalo untuk kelas gini, merk bosch aja lewat tuh…rekor terlama di tempat kerja saya pake merk bosch cuma bertahan 5-7 bulan. Yg merk krisbow… hmmm…. hanya tahan disiksa 3 bulan…. Di tempat sy kerja, untk power tools, sy banyak pake merk festo-tool, cf-scheer, metabo, makita (industrial grade), virutex, dewalt (industrial grade), dsb barang2 tersebut biasanya emang ga dijual di toko retail bahkan yg terkenal sekalipun (misalnya kawan lama, ajbs, ace, dsb…) Umumnya didatangkan lewat importir atau distributor, kalo liat lapaknya…engga meyakinkan lah, paling cuma ruko gitu…kemasan barangnya pun jauh dari kesan glamour, paling cuman dibungkus kardus coklat trus ada tulisan merk dan nama alatnya.

    Betul pak Sjam, metabo memang masih kalah perkasa dengan makita terutama yang industrial grade. Makita sendiri, kalo yg industrial grade, masih asli “made in japan”, krn teralalu mahal, mangkanya mereka bikin yg versi kelas ringan buat rumahan. Merknya jadi Maktec, yg ini “made in china” warnanya coklat oranye. Festo tool buatan Jerman, skrg mereka bikin 2 divisi, festool dan protool cf-scheer juga buatan jerman, nampaknya akhir2 ini mrk sudah ga produksi power-tool tapi khusus mesin besar (industri/pabrik) virutex buatan spanyol, dewalt merk amerika, kalo tempat dibikinnya sih banyak, umumnya kalo untuk industri dibuat di EU (uni eropa, macam jerman, ceko, polandia, dll) memang, meskipun untuk ukuran industri, power tool yg masih “affordable” (dari segi harga dan kualitas, spare parts, dsb) di tanah air, yg terbaik masih Makita. Kalo beli yg warna biru ign oranye atau putih) trus ada tulisan Makita Corporation, made in Anjo Aichi Japan.

    • Terimakasih sharingnya pak Steffan, rata2 produk amerika, eropa dan jepang yang produksi produk second line nya di cina bikin produk2 untuk skala rumahan atau cuma ngejar kuantitas. kalo yang skala industri memang investasinya lebih besar didepan tapi kalo di compare dengan maintenance yang dikeluarkan produk yang lebih murah, bisa cukup jauh sum biaya nya.

  30. Saya ngga sengaja baca percakapan org2 industri. Benarkah seperti dibawah..
    Sebagai contoh kalo ada powertools kelas retail yang “Bagus” misalnya merek Bosch, black & decker, dsb, untuk kalangan rumahan, merk2 ini tergolong wah dan mahal. Sy pernah coba beli beberapa alat tsb trus dipake ditempat kerjaan, umurnya hanya 2-5 bulan saja, biasanya ada yg patah, bearingnya rontok, armature- nya jebol…banyak lah. Untuk kelas industri, power tools ini harus sanggup bekerja non- stop 4-5 jam sehari, 5-6 hari seminggu, 24-26 hari sebulan….gimana tuh…? Kalo untuk kelas gini, merk bosch aja lewat tuh…rekor terlama di tempat kerja saya pake merk bosch cuma bertahan 5-7 bulan. Yg merk krisbow… hmmm…. hanya tahan disiksa 3 bulan…. Di tempat sy kerja, untk power tools, sy banyak pake merk festo-tool, cf-scheer, metabo, makita (industrial grade), virutex, dewalt (industrial grade), dsb barang2 tersebut biasanya emang ga dijual di toko retail bahkan yg terkenal sekalipun (misalnya kawan lama, ajbs, ace, dsb…) Umumnya didatangkan lewat importir atau distributor, kalo liat lapaknya…engga meyakinkan lah, paling cuma ruko gitu…kemasan barangnya pun jauh dari kesan glamour, paling cuman dibungkus kardus coklat trus ada tulisan merk dan nama alatnya.
    Betul pak Sjam, metabo memang masih kalah perkasa dengan makita terutama yang industrial grade. Makita sendiri, kalo yg industrial grade, masih asli “made in japan”, krn teralalu mahal, mangkanya mereka bikin yg versi kelas ringan buat rumahan. Merknya jadi Maktec, yg ini “made in china” warnanya coklat oranye. Festo tool buatan Jerman, skrg mereka bikin 2 divisi, festool dan protool cf-scheer juga buatan jerman, nampaknya akhir2 ini mrk sudah ga produksi power-tool tapi khusus mesin besar (industri/pabrik) virutex buatan spanyol, dewalt merk amerika, kalo tempat dibikinnya sih banyak, umumnya kalo untuk industri dibuat di EU (uni eropa, macam jerman, ceko, polandia, dll) memang, meskipun untuk ukuran industri, power tool yg masih “affordable” (dari segi harga dan kualitas, spare parts, dsb) di tanah air, yg terbaik masih Makita. Kalo beli yg warna biru ign oranye atau putih) trus ada tulisan Makita Corporation, made in Anjo Aichi Japan.

  31. Pagi pak asyraaf, sy mau tanya jigsaw merek modern untuk pemakaian rumahan Bisa masuk dalam kategori bandel(gak rewel) tidak, trus kalo untuk merek fisch bagaimana thanks tas infonya
    Salam hebat

  32. misii oomm,,
    mau tanya tentang Merk Tekiro,, apakah masuk dalam kategori produk dan kualitas yang baguss??
    maap agak sedikit melenceng dari postingan ,,, hehehehe
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: