Santai

Kamu baru bisa bilang pernah ke Solo/Surakarta kalo sudah kesini

Orang Indonesia mana yang ga tau Solo/Surakarta, semenjak Joko Widodo menjadi presiden Indonesia nama Solo semakin dikenal secara nasional maupun internasional, padahal Solo sudah punya sejarah panjang didalam dinamisnya negeri ini.

Orang Indonesia mana yang ga tau Solo/Surakarta, semenjak Joko Widodo menjadi presiden Indonesia nama Solo semakin dikenal secara nasional maupun internasional, padahal Solo sudah punya sejarah panjang didalam dinamisnya negeri ini.

Yup ini adalah salah satu kota tua di Indonesia yang recommended buat jadi destinasi wisata. Suasana kota yang asri, apik dan nyaman menjadi salah satu alasan kenapa dari waktu kewaktu kota ini semakin sering dikunjungi. Dengan tersedianya berbagai moda transportasi, penginapan, hotel, tempat wisata dan keramah tamahannya Solo layak kamu pertimbangkan jadi tempat wisata kamu selanjutnya.

Selepas menunaikan tugas, saya memanfaatkan waktu untuk berkeliling dibeberapa tempat yang menurut orang-orang Solo wajib didatengin kalo sedang disini.

  1. Keraton Solo/Surakarta. Menurut saya museum merupakan salah satu aset penting bagi sebuah kota untuk memaparkan sejarahnya terutama sejarah kota itu sendiri, makanya museum utama yang ada di Solo ini jadi sasaran utama saya untuk dikunjungi. Dimuseum ini seperti biasa saya banyak tertarik dengan sejarah konflik dan persenjataannya, tapi disamping itu banyak hal lain yang menarik untuk dilihat disini dan itu disadari betul biasanya oleh wisman mancanegara, terlihat dari antusiasme mereka saat mendengar penjelasan dari tour guide yang disediakan disitu.
  2. Keraton Mangkunagaran. Di Solo ada dua kerajaan yang kabarnya hingga saat ini masih kurang akur, selain Keraton Surakarta ada pula Keraton Mangkunagaran yang istananya tidak kalah luas namun sayang Keraton ini kurang terbuka dibanding Keraton Surakarta yang fasilitas wisatanya sudah lebih banyak. Keraton ini juga hanya dapat dikunjungi pada waktu terbatas dan wajib ditemani oleh guide.
  3. Tengkleng. Tengkleng Pak Manto mungkin jadi tempat yang langsung kami sukai karna dapat memuaskan nafsu karnivoranya kami di Solo. Tengkleng yang mirip dengan tongseng ini rasa dan porsinya sangat menggugah kecuali kalo kamu seorang vegetarian kamu wajib nih nyicipin hidangan yang satu ini kalo sedang di Solo.
  4. Pasar Triwindu. Buat saya mencari oleh-oleh yang bener-bener otentik salah satunya adalah dengan mencarinya di flea market atau pasar barang bekas yang ada di kota itu. Selain bisa mendapatkan barang-barang jadul yang nilainya jauh dari sekedar nilai ekonomisnya, kita juga bisa dapet cerita dari barang-barang yang kita beli tersebut dan banyak banget pilihannya.
  5. Rumah Ibu Tien Soeharto. Kebetulan harus shalat Ashar, melewati tempat ini sekalian saja saya pengen tau apa yang ada di kediaman istri presiden Indonesia yang menjabat paling lama dalam sejarah kemerdekaan Indonesia ini. Banyak banget barang-barang dan poster-poster alm. Bapak Soeharto dan Ibu Tien. Ditemani oleh seorang guide, ternyata banyak cerita menarik tentang sosok Ibu Negara ini.
  6. Pasar Burung Depok. Jangan salah Depok bukan hanya ada di selatan Jakarta, di Solo juga ada Depok yang terkenal dengan pasar burungnya. Ini surganya para pecinta burung, disini mulai dari pakan, obat-obatan dan berbagai macam burung indah dan yang punya kicauan merdua ada disini. Tapi selain burung, kamu juga bisa menemukan binatang-binatang lain seperti kalelawar, tokek, ikan, kucing bahkan anjing di jual disini.
  7. Taman Sriwedari. Saat memasuki Taman Kota Solo ini, kamu bisa lihat baliho yang terpampang daftar acara yang akan dilangsungkan disana dan itu ada banyak banget. Sore hari tempat ini termasuk jadi tempat favorit muda mudi untuk kongkow sambil mejeng-mejeng. Cek jadwal event yang ada disini supaya kamu bisa ikutan bercengkrama dengan penduduk Solo dan wisman lainnya kalo mau kesini.
  8. Air Terjun Tawang Mangu. Kalo kamu termasuk orang yang doyan menikmati indahnya alam, meskipun harus menempuh perjalanan keluar kota sekitar 1,5jam kamu wajib hukumnya untuk ke Tawang Mangu. Salah satu kesan yang mendalam dari tempat ini adalah tangganya yang cukup banyak dan bikin ngos-ngosan. Pada hari biasa jangan terlalu sore kalo mau kesini karna jam 4 pengunjung disarankan sudah mengosongkan tempat wisata. Monyet-monyet seperti diBali, hutan yang rimbun dan Air Terjun yang berpelangi bisa kamu nikmati disini sambil nyemil dan nyeruput minuman kesukaan kamu asal jangan buang sampah sembarangan.

Nah itulah beberapa tempat yang menurut saya perlu kamu kunjungi kalo lagi ke Solo. Sebenernya Solo ga kurang tempat wisata, nongkrong, jalan-jalan dan sebagainya, dan saya yakin kamu punya tempat favorit kamu sendiri kalo mengunjungi Solo dan kalo kamu berkenan sharing, bisa tulisin di kolom komen dibawah artikel ini.

Selamat jalan-jalan di Solo.

Advertisements

2 comments on “Kamu baru bisa bilang pernah ke Solo/Surakarta kalo sudah kesini

  1. boleh tambahin lagi mas. Stadion manahan bagus itu bisa buat nongkrong atau olahraga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: