Pisau

Axis lock folder, salah satu jenis kuncian pisau lipat yang digemari di Amerika

Cara kerja axis lock cukup simpel, kuncian yang dihubungkan dengan per menekan kuncian kedepan sehingga saat kondisi terbuka kuncian ini menahan bagian belakang dari pisau supaya tidak keluar dari rancangan.

Bagi penggemar EDC (Everyday Carry) pisau lipat adalah salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan didalamnya. Salah satu development yang sering dilakukan pada pisau lipat adalah kunciannya atau locking mechanism-nya. Ada banyak sekali locking mechanism yang masuk patent di Amerika, salah satunya adalah Axis Lock yang di usung oleh Benchmade, brand Amerika yang terkenal dengan logo kupu-kupu dan butterfly (balisong) knifenya.

BM520anw

Selain Benchmade, pisau dengan axis lock mechanism juga somehow diproduksi dan dipasarkan oleh Ganzo brand dari Yangjiang China.

Mudah dibawa kemana-mana dan tetap fungsional merupakan salah satu kelebihan dari pisau lipat. Saat dilipat pisau lipat lebih mudah disimpan, baik dikantong, atau sarungnya sendiri, selain itu fungsi lipatnya menjaga mata pisau dari pisau lipat dari kerusakan. Saat dibuka user mendapatkan keseimbangan, ergonomi dan kegunaan seperti pisau fixed blade. Diantara berbagai sistem kuncian seperti lockback, liner lock, frame lock, slip joint atau friction folder, axis lock menjadi temuan sistem kunci yang cukup banyak digemari saat ini oleh anak muda di Amerika. Kelebihan dari mekanisme ini mulai dari kemudahaan penggunaannya dengan satu tangan dan kokoh saat dipergunakan.

Axis Lock Mechanism

Cara kerja axis lock cukup simpel, kuncian yang dihubungkan dengan per menekan kuncian kedepan sehingga saat kondisi terbuka kuncian ini menahan bagian belakang dari pisau supaya tidak keluar dari rancangan. Saat di tekan kebelakang, kuncian membuka peluang bagian belakang mata pisau untuk berputar. Sehingga dengan menggunakan satu tangan pengguna dapat menekan kuncian kebelakang dengan jempol dan melipat mata pisau dengan telunjuk.

Sistem kuncian ini membuat saya penasaran sehingga saya memutuskan untuk membuat desain pisau dengan Axis Lock ini sendiri. Menggunakan pengalaman yang saya dapatkan di industri perpisauan, saya mencoba membuat rancangan desain dari sketsa hingga 3D model pisau lipat ini.

Axis lock folder 2.758

Rancangan ini sudah siap untuk di uji cobakan pada lini produksi, jadi sewaktu-waktu ada kesempatan, akan saya produksi sebagai bahan pembelajaran. Menurut saya yang akan jadi permasalahan mungkin mendapatkan komponen seperti as dan spacer untuk rancangan ini, karna di Indonesia belum begitu banyak yang mengembangkan produk pisau lipat ini sehingga belum ada yang cukup berani untuk berinvestasi menjual komponen-komponennya. Komponen tersebut kemungkinan harus di import atau di produksi sendiri. Penggunaan D2 untuk mendapatkan mata pisau yang cukup kuat kemudian di finishing dengan stonewash kemungkinan bisa menghasilkan pisau yang cukup bagus.

Asyraaf Ahmadi

Advertisements

0 comments on “Axis lock folder, salah satu jenis kuncian pisau lipat yang digemari di Amerika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: