Piso Gaja Dompak

Suku Batak yang berasal dari provinsi Sumatera Utara memiliki berbagai jenis senjata tradisional yang terkenal, salah satunya adalah Piso Gaja Dompak. Banyak yang telah menulis mitologi dan asal usul dari senjata ini di internet, meski demikian sangat disayangkan antara satu tulisan dengan yang lain sangat banyak kemiripan sehingga sulit mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang senjata ini.

Piso Gaja Dompak jika diartikan kedalam bahasa Indonesia terdiri dari 3 penggalan kata yaitu Piso yang berarti Pisau, Gaja yang memiliki arti Gajah, Sedang Dompak sendiri memiliki banyak artian yang menurut kami ada beberapa yang berkolerasi seperti berhadap-hadapan, berwibawa atau jimat. Sehingga secara keseluruhan dapat diartikan sebagai Pisau Berukiran Gajah yang berwibawa. Secara visual senjata ini didominasi warna gelap baik gagang maupun sarungnya dan terdapat ukiran seperti orang duduk pada bagian gagangnya serta muka orang pada sarungnya dan diversi yang lain sarungnya memiliki ukiran orang yang duduk pula. Selain itu terdapat rantai kecil yang menghubungkan sarung pisau yang ditengarai sebagai pelengkap untuk meletakkannya dipinggang.

Piso Gaja Dompak 2

Versi lain dari Piso Gaja Dompak

Senjata ini konon bukanlah sebagai senjata yang dipergunakan dimedan peperangan, namun hanya sebatas pusaka bagi Raja-raja terutama dari keturunan Sisingamaraja salah satu pahlawan nasional Indonesia yang diceritakan memiliki banyak filosofi dan kekuatan mistis. Dalam berbagai artikel disimpulkan bahwa senjata ini hanya dimiliki oleh keturunan kerajaan, namun terdapat 2 versi gambar senjata ini dan cukup menyulitkan mana dari 2 gambar tersebut yang benar-benar merepresentasikan senjata ini.

Secara ergonomi senjata ini dipegang seperti memegang parang karna ukurannya juga cukup panjang hingga 40cm. Sebagai kelengkapan pakaian adat, pisau ini disematkan dengan rantainya pada pinggang. Material utama yang digunakan pada pisau ini terdiri dari kayu yang diberi ukiran pada gagang dan sarungnya, kuningan sebagai aksen pada Bolster dan ujung sarung pisaunya dan besi sebagai bilah pisaunya.

Piso Gaja Dompak merupakan salah satu senjata tradisional Indonesia yang seharusnya jadi pengetahuan umum bagi generasi penerus bangsa dan menjadi inspirasi bagi kita untuk melestarikan budaya dan ilmu pengetahuan dimasa yang akan datang.

Menuliskan artikel tentang kebudayaan membutuhkan banyak referensi dan input yang memadai dan artikel ini diharapkan dapat menjadi trigger yang baik. Jika pembaca memiliki informasi lain tentang Piso Gaja Dompak kami harapkan dapat di share disini sehingga dapat menambah kelengkapannya.

Asyraaf & Hadian

Sumber : Kamus Batak, Lirik Lagu BatakDunia Pusaka Gallery Keris, Senjata Tradisional Indonesia, Describe Indonesia, Adat Tradisional, Event Zero

4 thoughts on “Piso Gaja Dompak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s