Ini Bandhil Senjata Tradisional dari Yogyakarta

Kota pelajar dan kaya akan budaya itulah Yogyakarta. Sebagai Kota yang masih sarat akan tradisi, Yogyakarta menyimpan beragam perkakas atau senjata tradisional. Baik senjata yang digunakan untuk kegiatan berburu, mempertahankan diri, menyerang lawan atau yang kini sudah berubah sebagai benda pusaka.

Senjata tradisional Bandhil salah satunya, Bandhil juga disebut sebagai Umban Pelempar Batu. Terdapat tiga jenis senjata Bandhil di antaranya: Brubuh, Jauh, dan Lepas. Bandhil Brubuh digunakan dalam pertempuran jarak dekat. Bandhil Brubuh berupa rantai besi, dan pelurunya juga dari besi.

Bandhil Jauh sama dengan Bandhil Brubuh, namun talinya terbuat dari anyaman serat-serat yang ulet, tetapi pelurunya tetap terbuat dari besi.

Bandhil Lepas juga seperti Bandhil Brubuh dan Jauh, hanya saja talinya dari tampar, dan pelurunya dari batu. Bandhil Lepas dapat digunakan baik dalam pertempuran jarak jauh maupun jarak dekat.

rante-bandhil

Selain itu, senjata Bandhil digunakan dalam perguruan seni beladiri Indonesia Tapak Suci. Senjata ini dipakai untuk pertarungan jarak jauh dan untuk melawan beberapa orang yang bersenjata. Bandhil ini memiliki tingkat kesulitan teknik yang cukup tinggi karena membutuhkan koordinasi gerakan badan yang seimbang dan juga membutuhkan kelenturan tubuh, timing yang tepat serta membutuhkan keberanian yang besar.

Sumber: Jogjaprov, Senjata Tapak Suci, Tradisi Kita.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s