Busur dan Panah

Senjata tradisional Busur dan Panah merupakan salah satu senjata yang berasal dari daerah Papua. Ya, senjata yang satu  ini biasanya dijadikan sebagai salah satu senjata utama oleh suku-suku yang ada di sana. Masyarakat setempat menggunakannya untuk keperluan berburu dan berperang.

busur dan panah 3

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat senjata Busur dan Panah terdiri dari bambu atau kayu Rumi, sedangkan talinya terbuat dari rotan dan anak panahnya terbuat dari bambu, kayu atau tulang Kangguru yang diruncingkan. Sementara Mata panah biasanya dibubuhi cairan racun dari getah tumbuhan hutan untuk menambah efek luka Karena bahan-bahan Busur dan Panah terbuat dari alam, maka diperlukan keahlian khusus dalam menggunakan senjata tradisional ini.

Menurut beberapa literature Busur dan Panah adalah senjata yang paling popular dan sering digunakan di daerah Papua. Senjata ini umumnya digunakan untuk berburu Babi dan hewan liar lainnya. Selain itu, seringnya terjadi konflik antar kelompok yang terjadi membuat senjata ini juga kerap digunakan untuk berperang.

Sumber: Adat Tradisional, Tradisikita, GPS Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s