Perkakas & Mesin

Ada banyak tipe gergaji, mana yang harus saya pake? 

Gergaji Sudut/Pigura

Gergaji yang juga dikenal dengan nama Back Saw ini sering digunakan untuk membuat sambungan adu manis atau sambungan 45°. Produk ini juga merupakan alat wajib bagi tukang pigura sehingga disebut juga sebagai gergaji pigura. Benda ini berbentuk kotak dan dalam beberapa produk produk diberi tulangan pada punggungnya supaya strukturnya tidak berubah saat digunakan. Hal ini bertujuan agar produk ini dapat menghasilkan potongan yang benar-benar lurus.

Gergaji Sudut

Gergaji Besi

Seperti namanya, benda ini digunakan untuk memotong metal dan memiliki mata yang lebih kecil dibandingkan gergaji kayu. Selain untuk memotong kayu, produk ini juga dipergunakan untuk memotong plastik dan fiber. Matanya tidak dapat dipertajam kembali dengan kikir, karna selain terlalu kecil juga biasanya bahan untuk mata gergaji ini merupakan HSS atau Baja. produk ini juga dikenal dengan nama Hacksaw.

Gergaji Besi

Gergaji Pangkas atau Gergaji Dahan

Atau dikenal juga sebagai Prune Saw merupakan produk yang wajib dimiliki dirumah yang kebunnya terdapat pohon. Perkakas ini dibutuhkan pula oleh tukang kebun berguna untuk memotong dahan pohon. Variannya juga banyak yang berbentuk folding. Produk ini berbentuk cukup unik dan mengerjakan pekerjaan yang cukup spesifik.

Gergaji Dahan

Gergaji Pohon

atau dikenal dengan Two Man Saw ini merupakan gergaji besar yang harus dioperasikan oleh dua orang sekaligus. Digunakan untuk memotong batang potohon glondongan.

gergaji-pohon.jpg

Gergaji Bata Ringan/Trowel/Gergaji Gorol

Sebagimana namanya, perkakas ini diperuntukkan untuk memotong bata ringan. Memiliki mata potong yang lebih besar dan lebih kuat memotong bata ringan dibandingkan gergaji kayu dengan bentuk bilahnya seperti persegi.

Selain tipe yang sudah disebutkan diatas tadi ada pula yang disebut Gergaji Tulang atau Bone Saw yang dipergunakan oleh dokter untuk mengamputasi bagian tubuh manusia, tetapi tipe ini yang sama juga dipergunakan untuk memotong tulang hewan sembelihan.

Lihat Juga : Mempercepat dan mempermudah pekerjaan dengan Power Tools

Topik ini banyak anda temukan diartikel-artikel populer di internet dengan menggunakan bahasa inggris namun mungkin tidak terlalu populer dikalangan orang awam seperti saya sehingga saya tuliskan dengan bahasa yang sudah saya kenal saja. Jika terdapat perbedaan penyebutan biasanya tergantung daerah masing-masing.

Peralatan pertukangan manual seperti perkakas ini dapat anda temukan dengan mudah di toko bangunan, toko material atau toko peralatan pertukangan yang ada dikota anda dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk bermesin tentunya. Jangan lupa bersihkan setelah anda gunakan, kalau bisa beri pula minyak singer terutama jika berencana untuk tidak menggunakannya untuk beberapa waktu karna plat yang digunakan untuk bahan produk ini yang paling bagus justru dengan karbon yang tinggi dan chrome yang pas sehingga dapat dipertajam lagi dengan mudah tapi dengan konsekuensi mudah berkarat.

Sumber : Inspirasiku, Asyraaf Ahmadi, Fahrizal Zul, Minan Speed, Rarali, Luvah, Buku Kekal, Flinn Garlic Saws, Woonkee Donkee Tools, Stanley Tools, Highland Woodworking

Laman: 1 2

6 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *