Internet Marketing
Desain,  Id,  Pengetahuan,  Penjualan

Internet Marketing, Cara Pemasaran Yang Kini Wajib Bagi Semua Jenis Bisnis

Tentunya subjek internet marketing merupakan pembahasan yang tidak lagi baru bagi banyak orang hingga kita bisa bertanya, apa sih yang tidak dijual orang di internet? Bahkan untuk menjawab pertanyaan ini sebaiknya kita hanya menjenalisirnya menjadi dua hal saja yaitu yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat.

Internet marketing merupakan semua kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui internet. Kegiatan pemasaran ini merupakan bagian dari Digital Marketing. Kegiatan ini juga sering disebut sebagai e-marketing atau electronic Marketing.

Dimana ada gula disana ada semut. Setiap waktu pengguna internet semakin bertambah, sudah seperti populasi dunia saja. Dan itu persis seperti sebuah tempat yang ramai, sehingga menarik minat orang untuk berjualan atau memasang iklan ditempat tersebut. Dengan demikian,tentu saja minat terhadap pemasaran melalui internet se pesat pertumbuhan pengguna dari internet juga.

Sebelumnya saya perlu mengingatkan bahwa pemasaran dan penjualan merupakan 2 hal yang berbeda walaupun teman yang sangat akrab. Dalam kegiatan pemasaran terdapat kegiatan Branding, Penjualan, Iklan dan Promosi. Sehingga kegiatan Internet Marketing bisa menjadi sangat kompleks tergantung target utama dari masing-masing divisi pemasaran.

Banyak orang yang menganggap kegiatan pemasaran di Internet merupakan kegiatan yang mudah. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Hal ini disebabkan sudah semakin banyaknya yang melakukan hal ini. Bahkan tidak sedikit bisnis yang hanya mengandalkan pemasaran dengan internet saja. Dengan demikian, pemasaran dengan menggunakan internet perlu perencanaan, konsistensi dan evaluasi berkala. Namun, bukan berarti anda boleh mengurungkan niat untuk melakukan kegiatan ini, karena suatu saat pemasaran kemungkinan besar akan didominasi oleh pola ini.

Tujuan Pemasar Melakukan Internet Marketing

Tidak semua pemasar atau marketer yang melakukan pemasaran melalui internet bertujuan untuk menjual produk atau jasa. Tidak sedikit pemasar yang melakukan pemasaran bertujuan untuk menjadi tempat bagi iklan dan berjualan data. Berkaitan dengan tujuan, didalam jaringan internet para marketer biasanya terbagi dalam dua jenis umum yaitu :

Menjadi Platform

Penyedia platform merupakan orang atau perusahaan yang mengembangkan diri untuk memiliki pengunjung yang banyak agar orang atau jasa penyedia iklan mau memasang iklan pada platform mereka. Semakin banyak pengunjung atau pengguna yang menggunakan website, produk atau service yang mereka buat, semakin besar kemungkinan pengunjung atau user tersebut mengklik iklan yang ditempelkan oleh mereka atau agensi iklan. Salah satu platform pengejar jumlah pengunjung adalah Google sendiri.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh pengembang platform jika jumlah pengunjung mereka melimpah. Salah satu yang saat ini sangat besar pengaruhnya adalah berjualan Big Data.

Penjual Produk atau Jasa

Tokopedia, olx, bukalapak, blibli, shopee dan banyak online shop lainnya merupakan penyedia platform atau tempat berjualan. Sedangkan pedagang didalamnya yang menjadi member merupakan salah satu contoh penjual produk atau jasa. Namun demikian saat ini juga semakin banyak yang tidak hanya berjualan dengan menggunakan platform tersebut dan membuat website sendiri. Karena dengan memiliki website sendiri calon pelanggan dapat menaruh kepercayaan lebih terhadap penjual produk atau penyedia jasa tersebut.

Cara yang dilakukan dalam melakukan Internet Marketing

Untuk membagi beberapa cara yang biasa dilakukan dalam pemasaran dengan internet saya mencoba membaginya dengan istilah-istilah berikut ini :

Sintetic Internet Marketing System

Seperti kegiatan pemasaran pada umumnya. Kegiatan pemasaran ini membutuhkan berbagai macam alat, seperti modal, usaha dan sebagainya. Sehingga kecendrungan ini dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang mendominasi internet dengan jumlah pengunjungnya yang besar untuk menawarkan anda slot untuk memasang iklan dengan tarif tertentu. Sistem pemasaran yang membutuhkan “ongkos” ini saya sebut sebagai pola pemasaran yang sintetis.

Sistem Pemasaran Organik

Jika anda tidak rela mengeluarkan dana, maka anda harus rela menghabiskan waktu dan tenaga anda untuk melakukannya sendiri atau bersama anggota anda. Dengan sistem pemasaran ini, anda harus mempersiapkan berbagai hal agar produk, jasa atau karya anda dilihat, ditawar, dan dibeli oleh banyak orang. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kini yang melakukan pemasaran dengan cara ini semakin banyak dan tidak sedikit pula yang berani berinvestasi besar untuk itu. Sehingga usaha untuk bersaing didalamnya juga semakin besar pula.

Sistem Pemasaran Komposit

Pola pemasaran ini merupakan pola pemasaran gabungan antara pemasaran Sintetis dan Organik. Artinya pemasaran ini dilakukan dengan memasang iklan yang berbayar dan mengoptimalkan website agar berada dipuncang mesin pencari dengan natural pula.

Sebagaimana pemasaran pada umumnya, orientasi dari internet marketing yang pertama adalah mendapatkan pengunjung atau traffic sebanyak-banyaknya. Dengan banyaknya pengunjung maka, kesempatan terjadinya transaksi akan semakin banyak pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *