Pengertian Digital Marketing
Desain,  Pengetahuan,  Penjualan

Apa sih Digital Marketing?

Dilingkungan saya, tidak sedikit orang yang masih melakukan pemasaran secara konvensional seperti silaturrahmi atau banyak cara offline marketing lainnya. Saya tidak dapat mengatakan cara tersebut tidak lagi berhasil saat ini bagi semua orang. Namun demikian, kini dengan semakin berkembangnya internet, cara tersebut juga perlu mendapat optimisasi. Oleh karena itu sebelum jauh kita membahas tentang pemasaran digital, mari kita mulai dengan pengertian digital marketing itu sendiri.

Tak ayal lagi, Pengertian digital marketing atau pemasaran digital merupakan cara pemasaran dengan menggunakan media elektronik atau digital. Cara pemasaran ini sebenarnya sudah sangat lama diterapkan didalam bisnis. Kita tentunya harus menarik bacaan jauh kebelakang sejak produk elektronik seperti radio dan televisi menyiarkan iklan jika ingin mengetahuinya lebih detail. Sistem pemasaran seperti ini dari waktu ke waktu berkembang dengan pesat, dan semakin booming semenjak adanya internet.

Meskipun perkembangan pemasaran ini sangat pesat, pada dasarnya kembali ke prinsip 5 W 1 H seperti yang disebutkan Kotler Keller. Dengan memperhatikan prinsip tersebut bahkan pemasaran digital pun akhirnya dapat ditebak wujud aslinya. Bagaimanapun, pemasaran merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh semua jenis bisnis. Namun demikian keberhasilan pemasaran akan terus ditentukan oleh 4 hal berikut ini :

  1. Motivasi. Atau A.K.A Niat merupakan penentu konsistensi anda dalam melakukan kegiatan pemasaran. Tanpa motivasi anda tidak akan melakukan poin-poin selanjutnya.
  2. Usaha. Effort kalo kata orang jaman now adalah besaran dan nilai-nilai kegiatan yang anda lakukan untuk mencapai target pemasaran anda.
  3. Rencana. Saya termasuk orang yang sepakat rencana merupakan setengah dari kegiatan yang kita lakukan. Rencana pemasaran merupakan penuntun anda melakukan kegiatan pemasaran anda.
  4. Modal. Modal bukan hanya soal keuangan, namun juga kapabilitas pemasar secara intelegensi, link dan alat-alat yang sudah anda miliki untuk melakukan kegiatan pemasaran.

Jenis-jenis Digital Marketing

Saking merajalelanya internet saat ini, bahkan Wikipedia hanya membagi tipe Pemasaran Digital menjadi 2 yaitu Pemasaran dengan internet dan tanpa internet. Mari kita rinci sedikit tentang hal ini :

Pemasaran Digital Tanpa Internet

Langsung saja menemukan kebenaran bahwa dunia saat ini sudah sedemikian rupa di rajai oleh internet karena hampir semua jenis produk digital untuk pemasaran sudah atau akan di sambungkan dengan internet. Apalagi saat ini sudah semakin membumi kegiatan IOT (Internet of Things).

  1. Radio. Radio konvensional pun saat ini tidak sedikit yang sudah memiliki website, yang kemudian websitenya dipasangi Podcast untuk siaran yang dapat didengarkan kapanpun audience nya inginkan. Namun demikian radio sudah diperkenalkan sebagai media digital sejak lama sebagai media pemasaran.
  2. Televisi. Seperti halnya radio, bahkan TV keluaran terbaru pun kini telah berubah menjadi Smart TV bahkan Android TV yang notabene dapat tersambung dengan internet. Namun TV telah memulai kiprahnya sebagai alat pemasaran digital sejak awal-awal diperkenalkan dahulu kala.
  3. Telepon. Telepon sempat booming menjadi media marketing dan dikenal sebagai telemarketing di zaman-nya. Tipe pemasaran seperti ini paling banyak digunakan oleh pialang saham dahulunya.
  4. Outdoor Digital Advertising. Layar besar dengan gambar bergerak sudah diperkenalkan sebagai media iklan semenjak teknologi LED berkembang pesat. Alat ini telah menggunakan komputer sejak dahulu, dan tentu saja saat ini semakin akrab dengan internet sehingga dapat melakukan publikasi dari jarak jauh.

Pemasaran Digital Dengan Internet

Apapun yang anda buka dihadapan muka anda melalui seluler anda kini dipasangi iklan “anda sadari atau tidak”. Bahkan icon yang tidak melakukan aktifitas apapun memiliki perintah sendiri sebagai alat pemasaran yang di input melalui Branding. Atau screensaver layar anda yang mengeluarkan logo dari handphone yang anda gunakan. Internet sudah se akan-akan menjadi agama bagi banyak orang dan tidak dapa hidup tanpanya meskipun dibombardir dengan kegiatan pemasaran.

Kegiatan pemasaran dalam internet sangat komplek dengan penanganan mulai dari yang minimalis hingga butuh modal dan effort yang sangat tinggi. Sehingga kegiatan pemasaran melalui internet bagi sebuah perusahaan saat ini tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja bahkan tidak sedikit perusahaan yang menyewa konsultan pemasaran digital tertentu untuk melakukan kegiatan ini. Berikut ini beberapa kegiatan pemasaran yang sering dilakukan melalui internet

  1. Online Portal. Atau lebih dikenal sebagai website. Website merupakan base dari banyak kegiatan marketing, bahkan pemasaran untuk pemasaran. Misalnya agensi pemasaran digital yang beriklan mencari pengiklan yang ingin mengiklankan produk atau jasanya melalui internet.
  2. Online Advertising. Pastinya anda menyadari bahwa Google sendiri merupakan platform terbesar dalam beriklan. Untuk kegiatan ini Google memfokuskan programnya melalui Google Ads atau Adword. Dan hampir semua website yang memiliki jumlah pengunjung yang tinggi menawarkan slot untuk pemasangan banner iklan.
  3. SEO. Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari agar produk atau jasa yang anda jual berada di peringkat pertama mesin pencari. Selain google, ada sangat banyak mesin pencari yang lain.
  4. SMM. Social Media Marketing. Paling mudah mencari contohnya adalah Facebook dan Instagram yang anda dapat membayar untuk pemasangan iklan pada sosial media tersebut.
  5. Email marketing. Seperti namanya kegiatan pemasaran ini menggunakan email untuk menyampaikan iklannya.

Dan masih banyak lagi kegiatan pemasaran yang dapat dilakukan melalui internet baik yang legal maupun yang ilegal.

Apa Pengaruh Gelombang Pemasaran Digital Bagi Bisnis

Selain pembaca artikel ini, sebenarnya tidak sedikit pula yang masih skeptis terhadap pemasaran digital walaupun secara tidak sadar secara terus menerus terpapar aktifitas pemasaran digital setiap harinya dari produk atau jasa orang lain.

Mungkin anda pernah melihat film 300 : Rise of an Empire yang dilakoni oleh Gerald Butler dimana ada scene yang menampilkan ribuan anak panah yang dilontarkan pada tentara yang dipimpinnya. Kira-kira mungkin seperti itulah gambaran betapa banyaknya advertising yang ditujukan bagi internet user saat ini. Sehingga, jika motivasi anda ingin menjual produk anda sebanyak-banyaknya, maka anda harus bersaing dengan iklan-iklan tersebut. Karena saat ini dapat dikatan hampir tidak ada produk yang tidak dipasarkan melalui internet. Jadi apalagi yang anda tunggu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *