Rhinoceros 3D

Rhino Interface

Rhinoceros digunakan oleh banyak desainer, arsitek dan engineer di seluruh dunia untuk permodelan digital. Permodelan digital pada Rhinoceros dapat dipelajari dengan mudah dan menyenangkan. Pada Rhinoceros terdapat berbagai alat yang ditampilkan dengan cara berbeda sehingga dapat kita pilih sesuai dengan kebiasaan kita mendesain secara digital.

3D modeling merupakan proses pembuatan representasi dari permukaan sebuah benda yang ditampilkan pada layar komputer sebagai gambar 2 dimensi. Rhinoceros menyediakan alat-alat untuk membuat, menampilkan dan memanipulasi permukaan-permukaan ini. Permodelan digital pada Rhinoceros dapat dilakukan dengan cara- cara sebagai berikut ;

  1. Top Drop Down Menu
  2. Command Prompt
  3. Toolbars
  4. Side Menu Bar

Pengetahuan awal tentang Rhinoceros dimulai dari mengenal tampilan default dari Rhinoceros, gambar dibawah ini mengilustrasikan beberapa fitur pada Rhinoceros

Main Window Notes

  1. Menu Menu mengelompokan perintah Rhino sesuai dengan fungsi nya.
  2. Layar History Menampilkan perintah dan petunjuk yang telah digunakan sebelumnya
  3. Command Prompt (perintah petunjuk) Command Prompt menampilkan perintah yang sedang digunakan atau diketik untuk menjalankan aksi, pilihan untuk perintah yang sedang diketik dapat di klik atau diketik.
  4. Toolbars Toolbars terdiri dari icon-icon untuk menjalankan aksi atau perintah. Icon-icon tersebut banyak yang memiliki opsi perintah yang dapat di akses dengan meng klik kanan pada icon tersebut. Tiap kali kita mendekatkan kursor pada icon tersebut akan muncul tooltip (pesan yang muncul saat kursor diletakkan pada icon) yang memberitahukan apa yang dapat anda lakukan jika mengklik atau mengklik kanan icon tersebut.
  5. Viewports Menampilkan visual model yang sedang kita kerjakan
  6. Panels Panel yang menampilkan Layers, Properties dan pengaturan yang lain pada Rhino.

Sebelumnya : Mengenal Software 3D

Lihat Video-nya di sini [youtube https://www.youtube.com/watch?v=1-340urWg00&w=560&h=315]]]>

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *