Drone

Mengenal Drone

Drone merupakan robot nirawak yang dapat dioperasikan oleh operator maupun otomatis. Defenisi ini mungkin berbeda dari banyak artikel atau pernyataan banyak pihak yang mengatakan bahwa drone merupakan UAV atau pesawat nirawak. Pada dasarnya sedikit perbedaan bahasa ini tidak terlalu signifikan. Pesawat sebenarnya juga diartikan sebagai alat perkakas atau mesin di dalam KBBI, oleh karena itu dahulu telepon disebut sebagai Pesawat telepon. Dengan demikian definisi yang perlu dikoreksi adalah pernyataan yang menyebutkan bahwa drone hanya yang bisa mengudara.

Definisi yang saya buat ini merupakan kesimpulan dari kenyataan bahwa drone tidak hanya hanya dioperasikan di udara, tetapi juga di dalam air, permukaan air dan di darat bahkan di luar angkasa.

Secara lebih lengkap, selain alat, mesin atau elektronik robot ini juga dapat dikategorikan sebagai kendaraan. Kendaraan yang dikategorikan drone ini dapat dikendalikan jarak jauh, nirawak, pre-program atau dikendarai oleh manusia. Seperti drone taxi yang saat ini dikembangkan oleh banyak perusahaan, masih terus dianggap sebagai drone, meskipun tidak sedikit yang dapat dikendalikan secara langsung oleh operatornya di dalam kendaraan tersebut seperti layaknya helikopter atau pesawat.

Tentunya perdebatan tentang definisi drone ini bukan wilayah saya untuk membahasnya. Oleh karena itu sebaiknya kita membicarakan lebih detail yang berkaitan dengan teknis-nya saja.

Akibat perbedaan definisi yang saya jabarkan tadi, sedikit banyak dapat menggeser sejarah yang diambil sebagai benchmarking tentang perkembangan drone dari awal. Namun demikian sejarah tentang drone yang paling sering dibicarakan adalah penerbangan balon udara tanpa awak oleh pasukan Austria ketika menyerang Venesia di tahun 1849. Balon udara yang bermuatan bom ini di terbangkan dari kapal milik Austria untuk menyerang kota Venesia menggunakan bantuan elektromagnetik. Tentunya balon udara yang jadi pelopor drone ini masih banyak kekurangan dan tidak digunakan lebih lanjut.

Namun demikian taktik ini menjadi inspirasi terutama oleh militer dalam berbagai peperangan dimulai dari Perang Dunia pertama seperti Ruston Proctor Aerial Target ciptaan Archibal Low 

Selain definisi, kita perlu mengetahui tentang berbagai fungsi dari drone. Secara umum fungsi drone adalah untuk mengakomodasi aktivitas manusia. Aktivitas yang paling banyak diakomodir oleh drone adalah bekerja dan bermain. Sehingga kita dapat menjabarkan sebagai berikut :

  1. Bekerja. Alat ini merupakan salah satu pilihan untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh manusia secara langsung. Baik karena ukuran, jarak atau tingkat bahayanya. Misalnya drone digunakan untuk instalasi listrik pada gardu yang memiliki tinggi beberapa belas meter di tempat yang sulit di akses oleh alat manual seperti tangga.
  2. Dokumentasi. Dalam hal ini drone cukup terkenal digunakan sebagai alat untuk dokumentasi secara remote atau jarak jauh. Dokumentasi ini dapat berupa photo, video atau point cloud yang dapat digunakan untuk berbagai hal.
  3. Transportasi. Saat ini dibanyak tempat berbagai perusahaan baik besar atau kecil. Swasta maupun pemerintah berlomba-lomba membuat drone yang dapat dikendarai. Drone jenis ini pada prinsipnya adalah pengembangan kapabilitas drone yang menggunakan batrai sebagai sumber tenaga serta pengendalian secara elektronik.
  4. Cargo. Berbagai perusahaan seperti Amazon di Amerika atau Shopee di Indonesia tengah mengembangkan teknologi drone untuk mengantarkan pesanan pelanggan nya. Dengan cara ini, maka pesanan tersebut dapat diantarkan secara otomatis dan cepat melalui udara.
  5. Senjata. Drone sebagai senjata sudah dilakukan oleh militer diberbagai belahan dunia sejak awal. Bahkan banyak yang memuat dalam kategori sejarah dari drone awalnya memang alat yang dipergunakan oleh militer untuk melumpuhkan musuh.

Sebagaimana mestinya sebuah alat. Pemanfaatan drone sangat tergantung penggunanya. Drone dapat digunakan sebagai alat yang mempermudah pekerjaan manusia atau digunakan sebagai senjata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *