Perkakas & Mesin

Beli bor aja bingung, coba cek ini dulu

Udah lama pengen punya bor, dan kebetulan bakalan ada waktu untuk beli akhir minggu ini. Pas nyampe di mall atau toko bingung karna ada banyak banget pilihan yang di pajang di etalase dari berbagai merek. Biar singkat dan hemat akhirnya bawa pulang yang paling murah, waktu dicobain buat ngebor dinding alatnya lambat banget setelah baca manualnya ternyata bornya bor obeng, nah loh?

Lihat Juga : Berbagai Jenis Perkakas

Skenario diatas mungkin cuma salah satu kemungkinan yang terjadi kalo kita asal-asalan beli peralatan, apalagi peralatan dalam hal ini bor yang merupakan power tool yang digunakan untuk pekerjaan di bengkel atau workshop kita. Sebelum hal tersebut kejadian, ada baiknya baca artikel ini sebelum anda membeli, dan share juga supaya saudara atau temen-temen kita bisa terbantu memilih mana yang lebih tepat.

Bor

Buat apa? hal yang pertama jadi pertimbangan dalam membeli sebuah produk adalah mau digunakan untuk apa produk tersebut termasuk dalam memilih bor. Memang benar kegunaan alat ini secara universal adalah untuk membuat lobang, tetapi harus jadi pertimbangan pula, akan membuat lobang dimaterial apa, dimana dan bagaimana. Secara general dipasaran tersedia beberapa tipe bor:

Tipe Bor

drill-driver.jpg

Bor obeng (Drill Drivers/Powered Screwdrivers).

Jenis bor ini cocok untuk digunakan sebagai pemutar sekrup, baut dan pekerjaan-pekerjaan rumahan yang tidak terlalu berat. Pilih jenis bor yang torsinya besar dibandingkan mencari yang putarannya cepat (rpm tinggi). Seperti halnya kendaraan bermotor yang menggunakan gigi, gigi 1 atau putaran pertama digunakan jika kendaraan harus bekerja lebih berat walaupun tidak kencang, demikian pula dengan bor obeng, kombinasi kecepatan tinggi dengan torsi rendah justru dapat merusak sekrup dan mata obengnya.

Combi Drill

Bor Kombinasi (Combination Drills-Impact Drill/drivers).

Impact Drill atau Combi Drill mengkombinasikan kecepatan dan pukulan untuk menghujamkan mata bor dalam kecepatan tinggi. Fitur ini bermanfaat untuk melobangi tembok semen atau batu yang keras. Pada bor jenis ini biasanya ada switch untuk memilih mode bor atau palu, mode bor biasa digunakan untuk melobangi kayu, besi, kaca atau mengencangkan skrup. Sedangkan mode palu digunakan untuk melobangi batu atau semen misal membuat lobang untuk viser ditembok. Pada moda palu, mata bor diputar dan maju mundur dalam kecepatan tinggi.

combination-drill.jpg

SDS Drill & Hammer Drill.

SDS (Self Direct System) mirip dengan Bor Kombinasi atau Impact Drivers tapi punya opsi mode untuk menggunakan fitur membolongi dan memahat sekaligus atau salah satu fitur saja. Alat ini lebih banyak digunakan untuk pekerjaan konstruksi seperti melobangi atau bahkan menghancurkan tembok atau membongkar keramik. Sedangkan Hammer Drill yang dikhususkan untuk mengerjakan batu fitur bor dan palu/pahatnya tidak bisa dipisahkan, sehingga tidak bisa digunakan untuk memukul saja seperti SDS, Hammer Drill dikenal juga dengan sebutan Percussion Drill.

angle-drill.png

Bor Sudut (Angle Drills).

Selain jenis produk diatas, ada pula bor yang dikhususkan untuk pekerjaan ditempat yang sulit dijangkau dengan produk biasa, yaitu bor sudut. Produk ini biasanya digunakan untuk pekerjaan instalasi semisal sambungan lantai, tangga dan permesinan.

Pages: 1 2

19 Comments

  • darwansd

    halo mas..
    melanjutin pertanyaan saya tentang bor baterai mas..sya msh bngung krna slain brand jg ada prbdaan di volt..sperti 7v, 10v dan 18v..scara ga langsung smakin besar volt smakin besar jga tenaganya bener ga mas?

    sya msh bngung bli antara Black&Decker seri BDCHD18K dngan kekuatan 18v hrga ksaran 900an atau Makita seri HP331 dengan kekuatan 10v di harga kisaran 1,2jt..ada msukan ga mas bgusan yg mna atau mngkin mas pnya rekomendasi yg lain? agak ragu sma Black&Decker 18v krna hrganya kya 2x lipat gtu dbnding brand besar kta dewalt, bosch atau stanley..hehe

    thanks
    darwan

      • darwansd

        pemakaian seh buat rumahan aja mas..bukan buat proyek atau buat workshop. dominan di kayu n acrylic seh nti kdepannya yg kyanya sering dpke.

      • asyraaf

        Daya yang besar biasanya dipake untuk kerjaan2 berat, yg biasanya berhubungan sama beton atau batu. Kalo cuma buat kayu, composite, plastik dan akrilik sayang make terlalu besar (secara ga sadar kita jadi boros listrik) secara teknis kalo motor terlalu besar harus pertimbangin mata bor yg karbidanya cukup buat nahan tekanan sekaligus rotasi yg kencang sekaligu saat di pake. Rpm terlalu tinggi juga kadang2 bisa bikin rusak bahan2 lunak, seperti kebakar (apalagi kalo mata bornya lupa kita cek sudah tumpul). Kalo soal brand saya lebih percaya Makita (berdasarkan pengalaman pemakaian selama ini) sedang SB&D

      • darwansd

        terima kasih mas atas pencerahannya..jdi paham ntr mw ambil yg mna. bner kta mas..bwt apa ambil yg tenaganya gede klo g dpke mksimal jga kdepannya..jdi boros dsmua2nya yah kya harga brang, listrik smpe kgunaan jdi mubazir..haha
        thanks mas.. 😀

  • Abrianto Syahrir

    HALO MAS, KALAU BOR BLACK DECKER TP555 10MM KUALITASNYA GIMANA MAS,BAGUS APA TIDAK ? PEMAKAIAN UNTUK RUMAHAN SAJA

  • rizky

    Nimbrung ah,

    mas, bantu banget nih bahasan di blog nya,
    anyway saya mau beli bor cordless, kebutuhannya untuk pekerjaan ringan dirumah, seperti untuk pasang bracket tv dan untuk bikin2 DIY table.
    saya tertarik beli Makita HP 331, kelihatan nya nyaman dipakai, pertanyaan saya adalah :
    1. boleh saran apa kelebihan dan kekurangan nya
    2. daya tahan batre dan garansi
    3. toko yang punya display lengkap makita
    4. merk lain dengan komparasi sama diatas,

  • Cahya

    Numpang tanya om,
    Saya pengen beli bor. Keperluan buat bor dinding rumah. Sama pengen buat DIY ringan2 aja. Apakah TP555 B1 sudah cukup om? Karena harganya murah pas promo.
    Thanx

  • Andi Ahmad

    Mas saya ada rencana mau beli bor baterai, minta saran untuk durability antara bosch, makita atau dewalt yg paling awet yg mana mas? melihat dari tawaran garansi dewalt paling lama, tapi bosch dan makita lebih mahal, yg saya tau harga gak akan bohong. Mohon pencerahannya

    • Asyraaf

      Dewalt lagi jor2an tuh. Bedanya tipis, tapi kalo kasi garansi panjang, cocok buat yang kerja (workshop etc)

  • Fitri nur hayati

    Mas sya ini kan cewek maunya mau usaha hand made untuk box tempat cincin.. Maunya ak pengen beli bor yg untuk kayu yg bisa bikin lubang bulet paling kedalamanx sktr 5 – 7 cm. Itu enaknya beli yg apa dn mata bor x yg mana.. Tlong kasi tau yg lengkap yes.. Sy bacany bingung soal x sama sekali tdk paham dgn pertukangan. 😀🙏🙏 matur nuwun

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: