Perkakas & Mesin

Beli bor aja bingung, coba cek ini dulu

Mobilitas.

Bekerja lebih luwes atau memerlukan produk dengan tenaga yang besar atau produk yang hemat energi untuk pembolongan ringan, anda harus mempertimbangkan mengapa harus memilih bor batrei atau justru memanfaatkan kompresor anda.

  1. Cordless Drill (Bor tanpa kabel). Jenis ini kini semakin menjadi alat yang favorit bagi para DIY atau maker karna memudahkan mobilitas. Bor tanpa kabel atau yang menggunakan batrei ini tersedia untuk semua jenis. Meski demikian yang menjadi pertimbangan adalah berat dan daya tahan batrei nya. Semakin besar daya pada cordless drill biasanya diikuti dengan semakin besarnya alat tersebut, karna motornya lebih besar dan batrei yang digunakan juga harus lebih besar pula. Selain itu untuk pekerjaan yang konsisten seharian misalnya, cordless drill harus punya spare beberapa batrei supaya tidak terganggu dengan kegiatan pengisian ulang batrei.
  2. Bor Kabel Biasa. Produk jenis ini adalah alat yang sudah kita kenal, alat yang disambungkan pada daya listrik yang tersedia. Produk dengan kabel lebih ringan dibandingkan dengan batrei yang memiliki fitur yang sama. Alat dengan kabel harus dekat dengan sumber daya nya dan bagi sebagian user, keberadaan kabel kadang menggangu ergonomi dalam pekerjaan. Alat ini tersedia dalam berbagai ukuran chuck (bagian tempat menahan matanya) mulai dari 1/4 inch hingga 1/2 inch, semakin besar mata yang digunakan maka tenaga yang dibutuhkan motor juga semakin besar pula, sehingga untuk pekerjaan-pekerjaan ini butuhkan daya yang lebih besar pula, maka produk dengan kabel akan lebih berguna.
  3. Bor Angin. Produk ini memanfaatkan kompresor untuk memutar matanya pengganti motor pada produk yang biasa. Bor angin sering digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang ringan seperti memutar sekrup dan baut atau membuat lubang pada kayu.

drill-design.jpg

Desain.

Mesin dan Power Tools biasanya didesain dengan bentuk kasar dan solid, selain memberikan visualisasi ketangguhannya juga berguna dalam ergonomi penggunaan produk tersebut. Power tools dan brand nya biasanya menggunakan warna-warna cerah menyangkut keamanan sedangkan penambahan warna hitam bukan hanya untuk aksen tapi pembedaan material terutama untuk material rubber atau karet yang mengarahkan pengguna pada handling.

Lihat Juga : Mengapa Anda Membutuhkan Power Tools

Nyaman digenggam dan sesuai dengan ukuran tangan anda adalah pertimbangan yang perlu anda masukkan, namun demikian bayangkan pula jika anda harus bekerja dengan alat tersebut dalam waktu yang lama, apakah akan tetap terasa nyaman atau perlukah anda membeli alat yang mahal dan berdaya sangat besar sehingga cukup berat tapi tidak terlalu sering anda gunakan.

Fitur tambahan dan pertimbangan lain.

Selain produk itu sendiri, biasanya brand dari power tools juga memberikan tambahan fitur atau komponen lain untuk memudahkan pekerjaan anda tetapi belum tentu pula anda butuhkan padahal membuatnya lebih mahal saja.

  1. Pembuka chuck dengan tangan atau kuncian. Umumnya untuk membuka, dan mengencangkan mata pada chuck Cordless Drill cukup menggunakan tangan saja. Sedangkan pada produk yang menggunakan listrik disertai dengan kunci yang cukup sering hilang. Terutama jika penggunaannya tidak apik walaupun sudah disediakan tempatnya dekat dasar kabel di bawah gagang. Chuck dengan kuncian menawarkan grip untuk matanya yang lebih baik dari pada yang tanpa kuncian.
  2. Brushless Motor memberikan tenaga, efisiensi dan waktu penggunaan yang lebih awet. Produk dengan Brushless Motor biasanya lebih ringan dan lebih tidak berisik.
  3. Lampu. Lampu dapat membantu melihat lubang yang ingin dilubangi. Tapi kalo lebih sering bekerja ditempat yang terang tidak perlu memilih alat yang punya built-in aksesoris.
  4. Gagang tambahan. Sangat bergunak terutama jika anda bekerja dibidang konstruksi terutama dalam penggunaan hammer drill atau SDS Drill.
  5. Aksesoris tambahan, box penyimpanan dan matanya biasanya termasuk aksesoris yang diberikan brand-brand yang dijual untuk user rumahan. Periksa batrei tambahan dan charger pada cordless drill saat pembelian.

Dalam melakukan pekerjaan seputar rumah, kantor, workshop atau proyek lapangan. Diharapkan artikel ini memberikan anda gambaran alat mana yang anda lebih butuhkan. Sehingga kegiatan belanja alat atau mesin anda tidak sia-sia dimasa yang akan datang. Upayakan membeli produk yang bergaransi dan tersedia layanan purna jualnya dikota anda. Jika setelah anda gunakan ternyata tidak sesuai sebaiknya secepatnya dijual sebelum anda kehilangan kelengkapannya supaya harga jualnya tidak terlalu jatuh.
Sumber : Which, Lowes, Diy, Make, Tool Guy, Apartemen Therapy, Independent, Ebay, Tesco, Cordless Drill Reviews, Tools Top, Bosch
 ]]>

Pages: 1 2

24 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *