merk power tools
Perkakas & Mesin

Bingung pilih merk power tools? Liat dulu reviewnya disini

Punya workshop atau nyimpen buat sesekali waktu dipake dirumah, power tools mempercepat pekerjaan pertukangan atau sekedar renovasi kecil dirumah. Hanya saja banyaknya merk yang sekarang ada di pasaran dan harga yang variatif sering Bikin kita bingung memilih power tools yang sesuai dengan kebutuhan kita, memilih merk yang salah sering kali tidak disadari malah menambah cost produksi dan bukannya makin efisien seperti yang kita inginkan. Nah kali ini saya coba bikin artikel yang saya harap bisa membantu kita untuk memilih merk power tools sesuai kebutuhan kita berdasarkan kualitas produknya.

Merk Power Tools - Makita

Makita. Makita merupakan brand yang fokus pada power tools. Pabrik Makita tersebar di berbagai belahan dunia, mulai dari China, Inggris, Brazil, Jerman, Romania, Mexico, Jepang, Kanada dan Amerika. Dari segi kualitas, produk-produk Makita termasuk dalam kualitas sedang, untuk penggunaan yang intensif misalnya di bengkel, brand ini cukup bisa di andalkan, dan harganya tidak terlalu tinggi.


Merk Power Tools - Maktec

Maktec. Singkatnya Maktec adalah Makita dengan komponen yang lebih sedikit. Maktec dikembangkan oleh Rutherford sebuah perusahaan di Afrika Selatan dibawah pengawasan, lisensi dan pengembangan yang dilakukan oleh Makita. Untuk kualitas dan kepresisian tentunya masih di bawah Makita, namun Maktec bukan berarti tidak dapat di andalkan. Dengan kualitas sedikit lebih rendah Maktec menjangkau konsumen dibawah target pasar Makita.

Merk Power Tools - Bosch

Bosch. Bosch adalah perusahaan teknik dan elektronik yang berasal dari Jerman dan merupakan supplier komponen otomotif. Setiap tahun, Bosch meluncurkan lebih dari 100 produk Power Tools ke pasar sehingga Bosch dapat mengklaim dirinya sebagai produsen Power Tools paling inovatif diantara produsen yang lain. Salah satu kelebihan yang menonjol dari Bosch saat ini adalah inovasi wireless Power Tools dan IOT yang di inject pada berbagai produknya. Dari segi kualitas dan market share, khususnya pada Power Tools, Makita dan Bosch bersaing cukup ketat.

Lihat juga artikel ini : 16 Jenis kayu Indonesia Yang Perlu Kita Ketahui

Merk Power Tools - Skil

Skil. Jika Makita punya Maktec, maka Bosch punya Skil untuk pasar DIY dan inventor rumahan di kawasan Asia dan Afrika. Skil awalnya merupakan perusahaan yang fokus pada pembuatan Circular Saw sejak tahun 1924 dan terkenal dengan model 77 nya pada tahun 1937. Pada tahun 1996 Robert Bosch GmbH membeli perusahaan tersebut.


Black & Decker. Black & Decker merupakan perusahaan Amerika yang memproduksi Power Tools, aksesosir, hardware, home improvement products dan fasteners. Pada tahun 2010 Black & Decker bergabung dengan Stanley Works menjadi Stanley Black & Decker. Seperti halnya Bosch, Black & Decker kini juga menaruh perhatian pada IOT, namun dari segi kualitas Black & Decker ada beberapa level di atas Bosch dan market segment diatasnya. Pemilihan material, desain dan komponen untuk produk-produknya di kurasi dengan cukup baik sehingga meskipun Black & Decker di promote sebagai produk untuk kegiatan rumah kualitasnya cocok untuk industri dengan intensitas pemakaian tinggi dan pekerjaan yang berat.

DeWalt. DeWalt juga merupakan salah satu anak perusahaan Stanley Black & Decker yang memproduksi berbagai Power tools untuk konstruksi, manufaktur dan pertukangan. DeWalt di Promosikan menjadi perusahaan yang sangat Amerika, menjadi salah satu favorit tools di kalangan DIY di negaranya. Mengambil ceruk pasar yang serupa dengan Makita, meskipun harganya sedikit lebih mahal. Harga yang lebih tinggi dari pesaingnya ini disiasati dengan memproduksi produk-produknya di Guang Dong China untuk produk-produknya yang dipasarkan di wilayah Asia.

Stanley. Satu lagi brand Power Tools dan Hand Tools dibawah Stanley Balck & Decker yang dirancang untuk head to head dengan Bosch adalah Stanley. Stanley yang merupakan salah satu divisi dari mereka ini lebih banyak fokus pada Hand Tools. Produk-produk Stanley menyesiati persaingan pasar di kelas menengah bawah dengan pesaing-pesaing nya. Stanley punya sejarah panjang sebagai produsen penghasil alat-alat yang dimulai dari mengerjakan baut dan peralatan untuk pembuatan pintu dari tahun 1843. Produk-produk Stanley dapat digunakan pada pekerjaan ringan hingga menengah di workshop meskipun durabilitasnya dibawah brand lainnya diantara produk-produk Stanley Black & Decker.

Lihat juga artikel ini : Selain di cat, ternyata finishing kayu banyak macamnya lho

Proxxon. Jika anda adalah seorang model makers, pembuat instrumen atau bahkan membuat alat, optician dan jewellery Proxxon seharusnya menjadi salah satu target anda untuk anda miliki. Proxxon yang fokus pada pengerjaan-pengerjaan detail, durabilitas yang baik serta kualitas yang tinggi adalah sebuah produsen Power Tools dan Hand Tools dari Jerman. Dengan kualitas tersebut tidak heran produk-produknya terhitung tidak murah, namun niche market yang merupakan targetnya juga paham bahwa harga tidak bohong.

Pages: 1 2

174 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *