Bilah Pisau
Pisau

15 jenis Bilah Pisau yang banyak digunakan secara Internasional

Bilah merupakan bagian terpenting pada pisau. Sebuah pisau bisa jadi tidak memiliki gagang atau sarung, namun tetap disebut sebagai pisau jika hanya memiliki bilah dengan mata bilah yang ditajamkan. Bilah sebuah pada pisau dapat memberikan identitas fungsional, estetik bahkan budaya pada keseluruhan sebuah produk pisau. Sehingga banyak yang membuat bilah dengan metoda-metoda tertentu bahkan dijadikan rahasia perusahaan atau bladesmith untuk meningkatkan kualitasnya. Tidak heran untuk kebutuhan berbeda dibuat pula berbagai jenis bilah pisau.

Pembagian Jenis Bilah Pisau Secara Umum

Berikut ini saya akan memaparkan beberapa jenis bilah yang kini sering kita temui, terutama pada pisau-pisau modern. Selain bilah yang saya paparkan, masih banyak yang mungkin belum saya sebutkan. Jenis bilah yang pada artikel ini belum disebutkan akan saya tambahkan dilain waktu. Jenis-jenis bilah yang disebutkan ini didapatkan dari referensi yang berseliweran di internet, untuk bilah pisau yang ada di Indonesia saya harapkan segera terkumpul pula dilain waktu.

1. Normal

Bilah Normal atau bilah biasa ini memiliki mata pisau yang lurus dengan ujung yang melengkung tanpa putus hingga punggung bilah. Bilah seperti ini cukup multi fungsi dan didapat dibanyak jenis pisau fungsional seperti pisau dapur dan pisau survival. Konstruksi bilah ini membantu pengguna terutama untuk pemotongan karena panjang mata pisau cukup maksimal.

2. Ujung Buntut

Pisau dengan ujung yang melengkung yang cukup terkenal adalah ScimitarPisau tukang daging profesional ini sangat berguna untuk memotong daging yang berukuran cukup besar. Jenis bilah ini sangat berguna untuk mengiris atau menyayat objek seperti daging atau ikan. Bilah ini juga sering digunakan untuk menguliti binatang karena mata bilahnya memiliki panjang yang maksimal.

3. Ujung Jatuh

Pisau dengan bilah mata jatuh atau drop point seperti ini cukup berguna untuk membuat lobang atau menusuk objek tertentu. Pisau dengan bilah seperti ini dapat digunakan sebagai alat survival sekaligus dalam pertarungan karena tidak hanya memiliki fungsi untuk memotong atau mengiris tapi juga memiliki keutamaan dalam penusukan tergantung sepanjang apa bagian punggu bilahnya yang melengkung.

4 & 5 Ujung Klip

Pisau dengan bilah berujung klip berguna untuk mencongkel objek tertentu. Ujung depan punggung bilah bisa berbentuk potongan melengkung keatas atau lurus. Potongan ini dapat ditajamkan untuk membuat mata yang kedua atau double blade  yang hanya boleh digunakan oleh militer terutama dibeberapa negara bagian di Amerika.

Selain untuk mencongkel, ujung yang langsing ini juga dapat berguna untuk memotong ditempat yang sempit. Pisau dengan bilah seperti ini yang paling terkenal adalah Bowie Knife.

6. Kaki Kambing

Bilah Kaki Kambing atau Sheep Foot diberi nama sesuai dengan bentuknya yang menyerupai kaki kambing. Bilah ini memiliki mata pisau yang lurus dan tulang punggung yang melengkung kebawah. Bilah ini cukup populer dalam dunia responden darurat seperti SAR dan Penyelamatan yang lainnya. Bilah jenis ini sangat baik digunakan dalam pemotongan dan pengirisan sehingga mudah digunakan untuk memotong sabuk dan tali kekang dan sebagainya. Jenis bilah ini juga sering digunakan oleh para pelayar karna memudahkan mereka untuk memotong berbagai ukuran tali tanpa takut akan merusak layar dan peralatan pelayaran lainnya. Ujungnya yang tidak terlalu runcing dan mengarah kebawah meminimalisir kemungkinan ketidaksengajaan menusuk benda lainnya.

7. Wharncliffe

Hampir mirip dengan pisau kaki kambing, pisau dengan tipe bilah seperti ini memiliki mata yang lurus namun punggungnya melengkung. Pisau dengan bilah seperti ini juga merupakan favorit bagi para pelayar atau Sailor. Tipe bilah ini dapat menghindarkan pemotongan yang tidak disengaja pada bidang yang tidak di inginkan saat kapal bergerak.

8. Spey

Bilah seperti ini dahulu dikenal oleh petani-petani di Amerika untuk mengebiri binatang. Mata pisau yang panjang bertemu dengan potongan yang pendek tapi agak ketengah dari arah punggung pisau sebenarnya tidak terlalu efektif untuk menusuk, tapi dapat membuat lobang atau sobekan lebih besar dan pendek. Bilah seperti ini juga banyak ditemui pada pisau lipat para pemburu binatang dengan perangkap tertentu kemudian mengambil bulu-bulunya.

9. Bilah Daun

Pisau dengan bilah berbentuk daun biasanya dipakai secara luas pada pisau-pisau lempar. Dengan bilah yang membesar memberikan momentum dan berat kedepan yang lebih maksimal sehingga pisau yang dilempar dapat menancap pada bagian depan. Dengan menajamkan bagian pinggirnya, bilah pisau ini juga dapat digunakan untuk menyerut objek tertentu.

Bilah daun biasanya juga dapat digunakan sebagai mata tombak. Konstruksi bilah bagian gagang dapat dimodifikasi untuk direkatkan pada ujung tombak dengan cara di ikat. Sehingga pisau jenis ini cukup banyak pula diminati oleh pemburu atau Survivor.

10. Tombak

Spear point blade atau bilah ujung tombak merupakan jenis bilah yang hampir menyerupai bilah belati tusuk gigi. Perbedaan antara keduanya adalah mata pisaunya yang lebih melengkung, sedangkan mata pisau belati tusuk gigi memiliki mata pisau yang lurus. Pisau yang cukup terkenal dengan bentuk ini adalah Fairbairn Skye yaitu pisau perang Inggris yang kini juga dipakai oleh tentara sebagai pisau upacara. Pisau ini juga dikenal dengan British Commando Dagger.

11. Ujung Jarum

Jenis bilah ini juga dikenal dengan Needle Point Dagger atau belati ujung jarum. Jenis bilah belati ini diklaim oleh orang Texas dan Arkansas sebagai bilah pisau yang digunakan dalam pertarungan jarak dekat. Fungsi utama dari kedua mata pisau yang simetris dan tajam ini adalah untuk menusuk dan membuat lubang pada targetnya. Bilah pisau ini juga dikenal sebagai bilah pisau yang menyerupai dengan bilah ujung tombak. Meskti demikian, ke stabilannya dalam menjadi ujung tombak lebih kecil dibandingkan bilah ujung tombak yang biasa. Mata pisau ganda yang membuatnya seperti mata anak panah ini, membuatnya menjadi ilegal diberbagai tempat didunia dan lebih banyak digunakan dikalangan militer. Bilah ini lebih banyak digunakan pada pisau lipat yang menggunakan mekanisme OTF atau Out The Front knife. Pisau yang terkenal dengan bilah seperti ini adalah Stiletto dan salah satu pisau berjenis ini yang menjadi favorit saya adalah Benchmade Infidel OTF.

12. Keris

Bilah keris mungkin adalah salah satu bilah pisau tradisional Indonesia yang paling familiar bagi kita. Bilah ini tidak memiliki fungsi memotong, menyayat atau mengiris seperti bilah-bilah yang lain. Namun fokus pada penusukan. Pada zaman dahulu Keris secara fungsional digunakan dalam peperangan untuk menghabisi lawan yang sudah hampir mati dengan cara menusuk lawan pada dada, punggung atau pinggir lehernya. Bilah seperti ini memberikan luka tusukan yang fatal karena memberikan bukaan tusukan yang lebar.

13. Tanto

Bilah Tanto berasal dari Jepang dan memiliki karakter yang sangat mencolok. Ujung bilah yang sejajar, menyatu dengan tulang belakang atau hampir dibawah tulang belakang sedikit memberikannya kesan seperti pedang Samurai. Dengan mata pisau yang datar kemudian mengikuti ujung yang membulat memberikan struktur yang kuat bagi sebuah desain pisau. Tanto digunakan dalam seni bela diri tua yang dikenal dengan Tantojutsu. Fungsi utama dari jenis bilah ini adalah untuk menusuk dan pembuatan lobang dengan ujungnya. Bilah berjenis tanto dibuat mulai dari ukuran minimal 15 cm hingga 30 cm atau dalam hitungan Jepang dikenal sebagai 1 Shaku. Meskipun fungsi utamanya adalah untuk menusuk, mata pisaunya juga dapat digunakan untuk mengiris. Pisau Tanto dahulu juga digunakan oleh tentara jepang yang kalah untuk bunuh diri mereka yang terkenal yaitu Harakiri.

Tanto Amerika merupakan modifikasi dari Tanto Jepang yang mulai populer diawal tahun 1980an diusung perusahaan pisau terkenal yaitu Cold Steel. Pisau ini terkenal dengan kekuatan ujungnya untuk menusuk, bagian bawah handlenya yang kuat. Karakteristik ini menghasilkan bilah pisau yang kuat dan tahan lama. Bilah pisau ini ujungnya sama tinggi dengan bilah berpunggung lurus namun memiliki mata tambahan didepan seperti pahat yang miring. Bentuk mata pisau kedua ini menghasilkan ujung mata pisau yang lebih kuat dan tajam. Selain itu dengan bentuk seperti ini, mata pisau lebih mudah di asah.

14. Karambit

Mata bilah yang melengkung kebawah pada Karambit diluar negeri dikenal pula dengan Hawkbill atau paruh burung. Bilah seperti ini tidak memiliki fungsi menusuk tapi  dapat digunakan untuk menyayat dan digunakan pula untuk merobek secara maksimal. Karambit merupakan pisau tradisional Indonesia yang sangat terkenal secara Internasional bahkan digunakan oleh kepolisian di salah satu negara bagian di Amerika. Pisau dengan bilah seperti ini tidak memiliki predikat sebagai perkakas (tools) murni sebagai senjata, yang mematikan. Pada penggunaannya, bilah kerambit yang runcing memberikan manuver yang tajam saat merobek. Dalam jurus Silat yang melahirkan senjata ini, Kerambit diarahkan pada bagian-bagian vital manusia seperti urat lengan, rusuk dan leher.

15. Pisau Cincang

Pisau cincang atau mincing knife adalah salah satu pisau yang menggunakan mata pisau bulat seperti ini. Pisau cincang digunakan baik oleh tukang daging professional atau untuk mencincang-cincang sayuran. Pisau dengan bilah seperti ini juga sering kita temui pada pisau pemotong pizza. Dengan bilah seperti ini pemotongan bahan makanan tidak rusak dan dapat mempertahankan bentuk yang di ingatkan.

Selain bilah-bilah yang ada diatas, masih banyak pula bilah-bilah yang otentik tergantung fungsi atau asal pemakaiannya. Seperti Bilah pada pisau Rambai Ayam, atau Pisau Pangot dari Indonesia. Bilah Dao dari China, Celurit dari Madura dan Bali dan banyak lagi bilah-bilah yang barangkali dilain waktu kita tulis pula.

One Comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: