Id,  Persenjataan,  Pisau,  Spesialisasi

Material gagang pisau yang kini umum digunakan

Handle atau gagang merupakan salah satu anatomi yang penting pada pisau. Selain pisau-pisau untuk mesin atau pisau silet, pisau yang lebih sering kita gunakan sehari membutuhkan gagang sebagai media untuk menggunakannya. Bagian ini biasanya terletak pada bagian belakang pisau, meski demikian beberapa jenis pisau seperti pisau daging atau pisau pizza menempatkannya pada tengah atau bagian atas bilahnya. Bagian pisau ini dapat dibuat dari berbagai material dan secara umum material gagang pisau dapat menggunakan material alami dan artifisial

Meskipun perlu didesain dengan baik, handle atau pegangan pisau tidak hanya soal estetika. Bahkan sebelum estetika diaplikasikan pada handle, aspek ergonomi lebih penting agar penggunaan pisau sesuai dengan fungsinya. Hal ini bahkan dapat menjadi acuan untuk melihat asal produksi dari pisau yang kita gunakan. Pisau fungsional dari Amerika, Eropa, Arab dan Afrika relatif lebih besar handle nya dibandingkan pisau-pisau yang digunakan oleh orang-orang Asia.

Dalam aspek ergonomi pula, pembuatan handle berdasarkan fungsi pisau nya perlu memperhatikan kekokohan saat digunakan atau gripping. Untuk mencapai gripping yang baik pada beberapa jenis handle pisau perlu ditambahkan tekstur tertentu. Pemilihan produk pisau oleh User atau pengguna yang paham kebutuhannya secara spesifik akan menjadikan bentuk handle sebagai pertimbangan yang penting.

Berikut ini beberapa jenis material yang kini banyak digunakan untuk membuat gagang pisau serta plus dan minus dari material tersebut.

Material gagang pisau
Pisau dengan gagang dari batu

Alami

Banyak jenis material yang dapat dijadikan bahan untuk gagang pisau, dan bahan alami sudah digunakan sejak lama untuk bagian pisau yang satu ini. Kayu merupakan salah satu bahan gagang pisau yang sering kita temui baik pada pisau yang diproduksi masal atau pisau yang dibuat oleh knife maker.

Tulang, tanduk, gading, taring dan batu tertentu merupakan bahan alami yang cukup spesial jika digunakan untuk membuat gagang. Biasanya pisau-pisau dengan gagang dari material ini berharga cukup mahal meskipun bukan pisau bernilai sejarah.

Selain bahan-bahan yang ada diatas logam sebagai bahan alami juga tidak kalah sering digunakan sebagai material untuk gagang. Material logam digunakan bukan hanya sebagai aspek kekuatan tetapi logam tertentu juga menambah estetika dari produk ini.

Artifisial

Selain bahan-bahan alami, saat ini juga tidak sedikit pisau yang menggunakan bahan buatan atau artifisial untuk mengantisipasi tingginya biaya produksi, mengejar durabilitas atau bahkan untuk aspek estetika. Untuk itu material ini saya bagi jadi dua jenis yang terdiri dari :

Komposit

Material komposit merupakan gabungan antara dua jenis material atau lebih yang direkatkan dengan katalis. Campuran komposit yang umum dan mungkin paling sering kita temui adalah resin.

Material gagang pisau
Pisau dengan Gagang Stabilized Wood

Bahan komposit bisa terdiri dari bahan alami dan bahan kimiawi. Misalnya Kayu yang dicampur dengan resin yang biasa dikenal dengan nama Stabilized Wood. Stabilized Wood menawarkan hasil yang cukup menawan jika diampikasikan pada sebuah pisau

Sintetik

Material sintetik atau buatan biasanya dibuat dari bahan-bahan kimia yang dibuat terkadang mirip dengan material alami tertentu. Namun pada pembahasan ini kita akan membicarakan tentang beberapa bahan sintetik yang dibuat khusus untuk mendapatkan bahan yang kuat.

Material gagang pisau
G-10

G-10

Bahan ini merupakan material yang terbuat dari lapisan fiberglass yang dilaminasi. Fiberglass ditumpuk, diberi resin, dipress dan dipanaskan untuk menghasilkan bahan yang sangat keras, ringan dan kuat. Tekstur permukaannya biasanya diberikan saat dipress, dengan bentuk tertentu.

Micarta dari Kanvas

Micarta

Bahan ini dibuat dengan teknik yang hampir mirip dengan G-10. Perbedaannya adalah material yang digunakan. Biasanya micarta dibuat dari linen atau berbagai jenis kain lainnya tergantung output yang di inginkan. Bahan ini dapat dibuat dirumah dengan alat-alat yang sederhana.

Pisau dengan handle Carbon Fiber

Carbon Fiber

Bahan ini mungkin bisa dikatakan sebagai bahan terkuat dalam kategori sintetik. Meski dibuat dengan teknik yang mirip dengan G-10 material ini lebih kuat karna Carbon Fiber didalamnya. Dan bahan ini biasanya digunakan untuk mendapatkan kesan yang futuristik.

Pisau dengan handle Zytel

Zytel

Material ini merupakan Thermoplastik yang dikembangkan oleh Du Pont. Meskipun masih sejenis plastik bahan ini sangat keras, tahan benturan dan tidak mudah terkikis.

Plastik

Plastik lain juga banyak yang digunakan sebagai bahan untuk membuat gagang pisau. Misalnya gagang pisau yang ibu-ibu beli di Alfamart dan kawan-kawannya. Pisau dengan gagang dari plastik di utamakan mengejar harga yang ekonomis.

Pisau Buck dengan gagang Phenolic

Phenolic

Bahan polimer sintetik yang digunakan untuk gagang pisau biasanya dikenal dengan Phenol Formaldehyde Resin atau PF. Polimer ini juga biasa kita temukan pada electronic board. Keutamaan bahan ini merupakan ketahanannya terhadap panas.

Tentu saja masih banyak material lain yang dapat dan biasa digunakan sebagai bahan gagang pisau. Dan tidak sedikit knife maker yang menggunakan material tertentu agar pisau nya menjadi lebih spesial.

Feature Image : The Knife Hub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *