Pisau Dapur
Pisau

19 Jenis pisau dapur yang bikin masak memasak lebih mudah

Mau bapak-bapak atau ibu-ibu, anak kecil hingga orang dewasa pastinya kenal dengan pisau dapur. Terutama ibu-ibu yang hobi atau sering memasak dirumah untuk keluarganya, minimal punya satu pisau dapur yang dipake tiap kali menyiapkan masakan. Tapi kini tidak lagi aneh, didapur tersedia berbagai jenis pisau dapur. Baik yang dibeli sendiri, hadiah pernikahan atau souvenir dari kerabat dekat anda.

Bagi yang sudah terbiasa mengolah bahan makanan atau profesional tidak heran sudah hafal dengan kegunaan masing-masing tipe pisau dapur. Minimal jika tidak tau namanya, sudah tau mana pisau yang paling efektif untuk pekerjaan tertentu. Namun bagi pasangan yang baru menikah atau baru akan menekuni kegiatan masak-memasak barangkali perlu mengetahui apa saja tipe pisau didapur dan kegunaannya. Bagi yang sudah banyak pengalamanpun, tidak ada salahnya sekedar mengingat kembali jenis pisau yang kini sering anda gunakan.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis pisau yang spesifik digunakan untuk kegiatan pengolahan bahan tertentu, atau digunakan untuk teknik tertentu. Dan Berbagai jenis pisau yang akan kita bahas pada pada artikel ini tidak pula wajib anda miliki semua untuk memulai kegiatan memasak dirumah. Masing-masing pisau yang spesifik diterangkan disini, ditujukan memberikan anda wawasan, terutama jika suatu saat load memasak anda membutuhkan pengolahan yang lebih spesifik dan memberikan anda waktu yang lebih efisien.

Berbagai Jenis Pisau Dapur

A. Pisau Serbaguna / All Purpose knifes

Seperti namanya, 2 jenis pisau ini merupakan pisau yang paling banyak kita jumpai dan digunakan bagi siapapun untuk memasak. Pisau serbaguna dibawah ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan memasak, walaupun untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu tingkat ergonomisnya dianggap kurang.

1. Pisau Koki / Chef’s Knife / French Knife

Pisau koki berukuran antara 15-30cm, pisau yang berukuran cukup besar ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memotong sayuran, mengiris bawang atau bahkan membabat daging. Jenis pisau ini merupakan salah satu pisau yang pasti ada dalam set pisau yang anda miliki. Pisau ini sangat mudah di identifikasi sesuai dengan bentuknya diantara set pisau yang anda miliki.

Lebar pisau juga bervariasi antara 4-7cm. Saat anda membeli pisau jenis ini, pastikan bahwa saat anda menggunakannya nanti tetap nyaman digengaman anda. Tidak berukuran terlalu besar atau terlalu kecil. Tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan saat anda gunakan. Pisau yang terlalu berat dapat membuat anda menggunakan energi ekstra saat bekerja. Serta tidak terlalu tipis sehingga anda mengalami kesulitan saat memotong daging.

2. Pisau Utilitas / Utility Knife

Utility Knife biasanya berukuran 10-18cm. Pisau ini lebih kecil dibandingkan pisau koki dan memiliki bilah antara 2 hingga 3.5cm. Pisau jenis ini biasanya disebut juga sebagai anak pisau koki. Pisau ini biasa digunakan untuk memotong bahan-bahan yang terlalu kecil dipotong menggunakan pisau koki.

Pilih pisau yang tidak terlalu panjang dan tidak pula terlalu pendek sehingga saat memotong sayuran, daging atau ikan anda tidak direpotkan  dengan ukurannya. Biasanya pisau ini digunakan untuk kegiatan pengolahan bahan makanan yang lebih detail seperti kacang panjang, bawang merah atau putih yang butuh dibuang bagian ujung-ujungnya serta daging rendang atau dendeng sebelum dipukul.

Pastikan pisau yang anda gunakan tetap tajam sebelum digunakan. Pisau dengan ukuran seperti ini dapat membuat anda cukup jengkel jika kurang tajam.

B. Pisau Tipis dan Kecil / Delicate & Small Knifes

1. Pisau Kupas / Paring Knife

Kegiatan mengupas memberdayakan kedua tangan anda. Satu untuk memegang bahan makanan yang akan dikupas, satu lagi tangan yang memegang pisau. Tangan anda yang memegang pisau akan mencari grip yang paling nyaman sehingga jempol mendekat pada punggung pisau. Sehingga pisau jenis ini tidak jarang kita temukan dengan tambahan Thumb Rest atau beberapa nat sehingga lebih nyaman untuk jempol anda.

Pisau kupas berukuran antara 7 sampai 10cm dengan ujung meruncing. Pisau ini cocok banget buat mengolah garnish atau pemanis buat makanan atau minuman anda. Selain untuk memotong dan mengupas buah dan sayur. Pisau ini juga nyaman untuk membuang lemak-lemak pada daging sapi atau kambing seperti lemak pada daging Sirloin.

2. Pisau Ujung Klip / Clip Point Knife

Pisau dapur kecil jenis ini mirip dengan pisau kupas biasa dan memiliki fungsi yang juga mirip. Pisau yang biasa disebut pisau nenek-nenek ini sebenarnya memiliki fungsi tertentu dengan bentuk ujung klipnya. Pisau ini selain dapat digunakan untuk mengiris, juga mempermudah membuang mata pada buah tomat dan membuang tangkai pada buah zaitun atau apel.

Pisau dengan ukuran 7 sampai 10 cm ini juga lebih mudah dibawa kemana-mana mengingat ukurannya yang cukup kecil.

3. Pisau Kaki Kambing / Sheeps Foot Knife

Sesuai dengan bentuknya, pisau yang berbentuk kaki kambing ini sebenarnya tidak hanya dapat digunakan didapur. Pisau jenis ini termasuk jenis yang sering dibawa saat berlayar.

Didapur sendiri pisau jenis ini berguna untuk membuat potongan yang panjang dan lurus. Ujungnya yang turun membantu pekerjaan-pekerjaan yang lebih detail. Pisau ini mempermudah anda memotong keju, dan pisau ini cocok banget untuk memotong sayur secara memanjang saat anda menyiapkan bahan-bahan untuk membuat acar atau Salad.

Ujung pisau yang melengkung kebawah ini dibuat agar saat memotong memanjang dan ujung depannya ditekan tidak melukai anda.

4. Pisau Terbalik / Tourné Knife

Jika anda menganggap pisau kambing cukup unik. Tunggu saat anda memegang Tourné knife. Jika anda pikir pisau ini digunakan dengan menekan kebawah, berarti sia-sia pisau ini diberi nama pisau terbalik.

Sementara pisau-pisau lain digunakan dengan mendorong kedepan atau kebawah, pisau ini justru digunakn dengan ditarik kebelakang. Jika anda anggap pisau ini pisau yang ga penting-penting amat, coba gunakan pisau ini untuk membuang kulit ari bawah merah, putih atau bombay – anda akan ketagihan menggunakannya.

Mengupas kulit lemon, jeruk purut, kapas dan berbagai jenis perjerukan serta berbagai jenis bahan makan yang bulat akan lebih mudah menggunakan pisau ini. Pisau kecil yang ukurannya antara 4 sampai 10 cm ini juga disebut sebagai pisau paruh burung atau Bird’s Beak.

C. Pisau Iris dan Pahat / Slicing & Carving Knifes

1. Pisau Iris / Slicer knife

Seperti namanya, pisau iris memang digunakan untuk mengiris. Pisau iris merupakan pisau yang menginspirasi pisau jenis utilitas. Namun demikian perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah ketajaman ujungnya. Sementara pisau utilitas cenderung lebih lancip, pisau iris justru lebih besar bahkan beberapa jenis dibuat lebih bulat.

Pisau ini biasanya digunakan untuk mengiris daging dan ikan yang telah matang. Pisau ini biasanya memiliki ukuran yang cukup panjang mulai dari 20 hingga 30 cm dan memiliki ketebalan sedang biasanya 3mm.

Pisau iris yang tipis berguna untuk mengiris dan memotong sosis dan daging tipis (Prosciutto) sedangkan yang agak tebal dapat digunakan untuk daging yang teksturnya agak lembab seperti daging Ham.

2. Pisau Iris Gergaji  / Serrated and Slicer knife / Bread Knife

Memotong Sandwich, roti bantal, kue atau roti Prancis menggunakan pisau ini membuat pekerjaan lebih mudah. Mata gergajinya membuat pemotongan roti bisa lebih cepat dan tidak berantakan. Dengan pisau bermata gergaji ini, bahan makanan tidak tertekan saat dipotong. Pisau ini termasuk salah satu pisau yang harus anda miliki dirumah.

Pisau ini berukuran mulai dari 18 hingga 25 cm. Pisau dengan ukuran panjang ini juga dapat digunakan untuk memotong daging, ikan, bebek atau burung puyuh baik yang mentah maupun yang matang.

3. Pisau Deli / Offset Knife

Pisau dapur offset deli biasanya digunakan untuk membuat bahan-bahan untuk Sandwich. Bagi penyuka Sandwich pisau ini adalah pisau wajibnya. Dengan pisau inilah potongan Sandwich yang rapih direstoran dipotong. Penggemar Sandwich tau semakin banyak bahan-bahan yang digunakan didalam roti lapis ini semakin tebal pula rotinya dan semakin sulit pula Sandwich nya di potong.

Mungkin dengan berbagai pisau lain tetap dapat memotong Sandwich namun dengan pisau ini anda dapat memotongnya tanpa membuatnya berantakan.

Dengan mata gergaji dan mata gergaji yang semuanya membulat, pisau ini dapat memotong berbagai roti Eropa yang keras.

4. Pisau Tomat / Tomato

Seperti namanya, pisau tomat digunakan khusus untuk memotong tomat. Dengan mata gergajinya pisau dapur ini dapat digunakan untuk memotong tomat, menembus kulitnya dengan baik tanpa menghancurkan daging bagian dalam tomatnya.

Ujung garpu dari pisau ini berguna untuk mengangkat potongan tipis bahan makanan untuk dihidangkan.

Pages: 1 2

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: