Pisau Dapur
Pisau

19 Jenis pisau dapur yang bikin masak memasak lebih mudah

D. Daging Mentah dan Ikan / Raw Meat & Fish Knifes

1. Pisau Tulang / Boning Knife

Pisau Tulang

Pisau yang bervariasi ukuran sangat banyak antara 7 sampai 20 cm ini digunakan terutama untuk memisahkan antara tulang dengan daging. Tapi selain itu juga nyaman digunakan untuk mengupas dan memotong buah atau sayur.

Bilah pisau ini ada yang fleksibel, semi fleksibel dan keras yang ditentukan dengan ketebalan bilah pisau tersebut. Dirumah pisau tulang yang pendek dan keras perlu ada dirumah karena berguna untuk mendapatkan detail dan potongan yang presisi.

2. Pisau Filet / Filleting Knife

Pisau Filet

Pisau fillet agak mirip dengan pisau tulang begitu pula dengan kegunaannya. Jika pisau tulang perlu pendek dan tebal, pisau filet justru perlu lebih tipis dan panjang supaya mudah memotong ikan dengan ukuran tipis-tipis.

Pisau ini memang spesialis pemotong daging ikan. Terutama untuk membuat Sushi atau Sashimi pisau ini akan sangat berguna. Meskipun demikian dijepang sendiri, para Chef’s nya lebih banyak yang menggunakan Yanagiba.

3. Pisau Daging / Cleaver

Pisau Daging

Pisau yang berukuran cukup besar ini juga penting anda miliki dirumah. Di kebudayaan Sunda, pisau dapur ini mirip dengan Golok Cepot yang sering digunakan oleh para Jawara.

Pisau ini sangat berguna untuk memotong daging dan ikan mentah. Terutama daging dan ikan mentah yang teksturnya masih kenyal. Bahkan pisau ini juga digunakan untuk memotong tulang, namun perlu perhatikan gerakan saat memotong tulang dengan pisau ini agar daging tidak berantakan kemana-mana saat pemotongan.

Pisau ini memang perlu bobot yang agak berat untuk memudahkan pekerjaan. Pastikan pula matanya cukup tajam saat digunakan agar lebih efisien dan tidak merusak bahan makanan.

Selain digunakan untuk memotong daging dan tulang, pisau ini ini juga biasa digunakan untuk memotong, semangka, melon atau labu. Pisau ini mempermudah pemotongan kulit keras bahan-bahan makanan tersebut. Pisau ini juga digunakan untuk mememarkan jahe, lengkuas dan meremukkan bawang putih atau ujung sereh saat membuat gulai atau teh sereh yang nikmat.

E. Seafood

1. Pisau Kerang / Clam Knife

Pisau Kerang

Seperti namanya juga, pisau kerang merupakan pisau yang digunakan untuk membuka cangkang kerang. Pisau seafood ini termasuk pisau kecil dengan ukuran 7 -10 cm saja. Pisau tipis ini memiliki bagian yang tajam tapi berujung bulat. Bagian yang tajam digunakan untuk membuka kerang dari bagian depan. Bagian yang tajam ini ditekan pada bibir kerang bagian depan, kemudian ditekan dengan telapak tangan agar kerang terbuka. Kemudian dua buah urat kerang yang ada dibagian dalam diputuskan dengan pisau ini sehingga kerang bisa dibuka.

Pisau Seafood ini biasanya digunakan untuk membuka kerang-kerang yang berukuran cukup besar, minimal sebesar kepalan tangan.

2. Pisau Tiram / Oyster Knife

Pisau Tiram

Dengan ukuran yang mirip pisau kerang, pisau tiram hampir mirip dengan pisau mentega. Pisau ini membulat didepan, kadang ada pula yang agak runcing. Kalo kerang dibuka dari depan, Tiram dibuka dari belakang. Bagian belakang Tiram di tusuk dari belakang kemudian diputar kedepan hingga keliling. Kemudian urat Tiram bagian dalam diputuskan supaya tiram dapat dibuka.

3. Pisau Udang / Devein Knife

Pisau Udang

Pisau udang, juga seperti namanya berfungsi untuk mengupas kulit udang. Peralatan dapur jenis ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai alat, karena banyak dari jenis pisau ini justru tidak memiliki bagian yang tajam pada bilahnya. Alat jenis ini bahkan kini tersedia yang terbuat dari plastik.

Dengan ukuran yang bervariasi dan terkadang bahkan didominasi oleh gagangnya yang cukup panjang digunakan dengan memasukkan ujung pisau dari depan atas udah yang telah dibuang kepalanya. Setelah pisau dimasukkan dari depan, didorong kedepan dan kulit udang terbuka dengan mudah.

F. Professional

1. Pisau Lengkung / Scimitar

Pisau Lengkung

Pisau lengkung atau Scimitar adalah pisau yang cukup esensial bagi para tukang daging terutama di Eropa, Amerika dan Australia.  Benda besar ini biasanya digunakan untuk memotong daging baik secara vertikal maupun horizontal. Dirumah, pisau ini dapat digunakan untuk menyiapkan dan memotong daging Steak atau daging-daging dengan potongan yang besar.

Pisau ini biasanya cukup tebal dan keras. Ketebalan bilah dimulai dari 1.5cm hingga 3cm. Panjang pisau ini bervariasi dari mulai 20 hingga 35 cm.

Pisau dapur ini juga dapat digunakan untuk menguliti binatang terutama sapi, kambing, biri-biri dan sebagainya. Pisau lengkung dengan Granton Edge merupakan salah satu jenis pisau dapur Scimitar yang paling favorit. Karena tidak membawa lemak saat pemotongan Steak.

2. Pisau Tukang Daging / Butcher Knife

Pisau Tukang Daging

Pisau tukang daging yang ini merupakan salah satu pisau yang cukup fungsional dalam pengolahan daging. Terutama untuk daging-daging berukuran besar. Pisau Tukang Daging ini pada dasarnya pilihan yang mirip dengan Pisau Daging atau Cleaver. Sementara Pisau Daging digunakan untuk binatang-binatang kecil seperti aya, bebek, kelinci dan sebagainya. Pisau Tukang daging digunakan untuk mengolah daging binatang-binatang yang lebih besar.

Sebelum Hunting Knife atau Pisau berburu modern yang berukuran kecil seperti sekarang. Pisau Tukang daging ini merupakan pisau yang sering dibawa oleh orang Eropa dan Amerika saat berpergian. Alat ini digunakan untuk menguliti, memotong hingga pertahanan diri baik dari binatang maupun serangan orang lain. Pisau ini merupakan bapak dari segala jenis Skinner  yang ada saat ini.

Alat berukuran besar ini ada yang pendek sekitara 20 cm hingga yang sepanjang parang hingga 45cm.

3. Pisau Gergaji Makanan Dingin / Frozen Food Saw

Pisau Gergaji Makanan Beku

Siapapun yang punya kulkas berfreezer di rumah hampir dipastikan pernah suatu waktu harus mengolah bahan makanan beku. Tidak jarang, bahan makanan tersebut harus ditunggu dingin dahulu baru dapat diolah. Dengan pisau dapur ini, bahan makanan seperti daging sapi, ayam atau ikan dapat dipotong saat beku. Dengan mata gergaji yang ukurannya bervariasi, membantu kita menggergaji bahan makanan beku dan mempertahankan kualitas makanan tersebut. Bagian depan yang seperti garpu dapat digunakan untuk menusuk daging beku untuk dipindahkan ketempat yang lain.

Knife Holder

Selain pisau yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak jenis pisau dapur lain untuk masing-masing pekerjaan yang lebih spesifik. Namun demikian, bukan berarti dengan hanya memiliki satu jenis pisau saja anda tidak dapat mengolah bahan makanan untuk dimasak. Setelah anda berkutat didapur cukup lama lah nantinya anda akan menyadari bahwa beberapa pisau memang perlu anda tambahkan dalam koleksi pisau dapur yang anda miliki.

Semoga bermanfaat.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *