kandik
Senjata Tradisional

Kandik Senjata Khas Bali

Kandik – Pulau Dewata. Ya, mendengar nama ini pikiran kita langsung tertuju pada surganya objek wisata alam. Maka tak heran jika Bali menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Namun tak hanya itu, masyarakat di sini terkenal masih mempertahankan tradisi dan kebudayaan. Salah satu bagian dari kebudayaan Bali adalah senjata tradisional. Kaoak misalnya.

Penasaran dengan senjata tradisional ini dalam bentuk 3D, klik gambar di bawah ini

Kandik by Verdant on Sketchfab

Kata Kandik berasal dari bahasa daerah Bali yang berarti Kapak. Senjata ini berupa sebilah Kapak. Tetapi bagian pegangannya lebih panjang dari senjata Kapak pada umumnya.

Lihat Juga: Senjata Lambang Perlawanan Terhadap Roh Jahat

Kegunaan dari senjata ini, sesuai dengan bentuknya biasa digunakan oleh kaum adam untuk pekerjaan yang tergolong berat, seperti menebang pohon, memotong kayu dan sebagainya.

Kandik Dalam Mitologi Bali

Kapak merupakan salah satu peralatan yang sudah ada sejak zaman Paleolitikum atau zaman batu. Peralatan ini biasa digunakan untuk bekerja dan dibanyak kebudayaan juga dijadikan senjata.

Kapak atau Kandik dalam bahasa bali merupakan lambang dari Ayudha Dewata yang menggambarkan kekuatan gaib. Ayudha Dewata sendiri merupakan senjata khas para dewa dalam menegakkan Dharma kebaikan di alam dunia ini.

Kandik

Dalam cerita Dewa-dewa Bali, Parasurama melemparkan kapaknya ke Bhatara Gana dan mengenai taringnya sehingga Bhatara Gana dijuluki Ekadanta atau bergigi satu.

Peninggalan arkeologi dari kapak-kapak tua juga banyak ditemukan di daerah bali seperti di Sembiran, Buleleng dan Pecatu. Kapak-kapak ini merupakan kapak pekerja yang dibuat secara sederhana.

Sumber: Adat Tradisional, Dunia Pusaka Gallery Keris, Lentera Hidup.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *