Bikin SIM (Surat Izin Mengemudi) ga perlu calo

<![CDATA[

Setelah sekian lama mengemudi kesana kemari ga bawa SIM, akhirnya hari ini berhasil juga ngurus dan dapetin sekaligus SIM A dan C untuk mobil dan motor tentunya.

Sebenernya saya dan saya yakin banyak orang mungkin ga berniat untuk ga ngurusinnya supaya bisa taat peraturan, tapi dengan jadwal yang padat dan tes yang sulit apabila sesuai prosedur maka saya semakin males ngurusin hal ini.

Sebelumnya saya sudah pernah ngurus dan ikut tes, meskipun saat ujian teori lulus, saat uji di simolator saya tidak berhasil meski ngulang dua kali, dan karena ngantri untuk tes drive nya se abrek, saya akhirnya mengurungkan niat untuk membuat SIM dari beberapa tahun yang lalu.

Karena desakan istri yang prihatin dan takut juga kalo ada apa-apa maka akhirnya istri saya mencari info bagaimana mengurus SIM ini melalui jasa pembuatan (yang ga ada bedanya sama CALO). Yes saya tau itu ga sesuai prosedur tapi, saya pastikan banyak orang menggunakan jasa ini karena SOP pembuatan di SAMSAT yang cukup sulit tadi.

Saya dan sang CALO tadi bertemulah kemarin di Lotte Grosir yang ada di Jl. Soekarno Hatta. Tentunya setelah di hubungi oleh istri dan disana, saya menyerahkan photocopy KTP lalu di anterin tes drive di sarana tes drive independen di lokasi tersebut, dana yang diperlukan sebesar Rp 1.000.000 untuk kedua jenis SIM jadi masing-masing Rp 500.000. Tempat tes drive tersebut kemudian memberikan sertifikat yang nanti dapat di bawa ke SAMSAT.

Keesokan harinya saya dan sang CALO kembali bertemu, namun kali ini langsung di SAMSAT. Saya di antar untuk cek kesehatan di klinik yang bisa di tempuh dengan jalan kaki di area luar SAMSAT. Setelah cek yang prosesnya sangat cepat dan membayar Rp 45.000. Kemudian saya mendapatkan mendapatkan sepucuk bukti bahwa saya dalam kondisi yang baik.

Kemudian saya hanya di antar ke pintu depan SAMSAT untuk proses lainnya. Didalam dari tujuh loket, loket tes drive dan simulasi tidak perlu saya ikuti, sehingga tinggal mengikuti uji teori dan pembayaran sebesar Rp 240.000. And thats it. Di loket ke 7 saya sudah mendapatkan SIM A dan SIM C yang saya butuhkan dalam waktu kurang dari 2 jam.

Singkatnya kalo mau bikin SIM (terutama SIM A dan C) di Bandung urutannya begini:

  1. Tes drive di Lotte Mart Grosir di Jl. Soekarno Hatta.
  2. Cek kesehatan, buat dapet Surat Keterangan dokter untuk penglihatan dan kesehatan
  3. Daftar untuk pembuatan SIM di loket Samsatnya
  4. Cek dokumen di loket ke 2
  5. Verifikasi dokumen, photo, scan sidik jari di loket 3
  6. Ujian teori di loket ke 4
  7. Loket 5 skip
  8. Loket 6 bayar ada bank BRI disana, kemudian sambil isi dokumen
  9. Pengecekan dokumen yang barusan di isi
  10. Kasiin dokumen ke meja petugas kemudian ambil SIM diloket 7

Total biaya Rp 620.000

Lebih mahal memang dari pada SOP standar, tapi ngobrol sama yang bikin SIM melalui jalur biasa udah 5 kali ujian ga lulus2. Terutama di ujian yang pake simulator untuk motor. So, mungkin ya memang ada biaya lebih harus dikeluarkan untuk sedikit kemudahan, tapi saya harap pembaca ga perlu pake calo setelah baca postingan ini.

Sukses!

]]>

Komentar

  1. Ade Anugerah says:

    Om boleh tau kontak jasa pembuat sim nya

    1. asyraaf says:

      lucu nih si mas, kalo mau bikin mah, saya bantu via whatsapp aja deh, :))

      1. Neng kitnac says:

        Minta whats ap nya pa asyrap

      2. sio manise says:

        minta whatsapp calo nya juga mas hehe ..udah 3 kali tes gagal mulu. pdahal kayanya udh bener, ._.

    2. Kang mau nanya saya kan sudah ikut tes teori dan lulus . pas tes simulatornya saya gagal . terus kalo pake sertifikasi itu harus ikut ujian teori lagi alias balik lagi dari awawl atau tidak ???

  2. Rama Ibrahim says:

    Proses di Lotte Mart untuk sampai dapat sertifikat itu berapa lama mas?

    1. asyraaf says:

      Setengah jam mas

  3. Ridho Apriansyah says:

    boleh dirinciin mas biaya yang keluar untuk pembuatan sim nya? soalnya saya rasa krg jelas penyampaiannya di blog nya

    1. asyraaf says:

      Bagian yang mana yang kurang jelas pak?

      1. Ridho Apriansyah says:

        apakah ada biaya asuransi dalam pembuatan sim c?

        1. asyraaf says:

          ga ada pak

  4. Neng kitnac says:

    Minta no wa nya bapa asyraat

    1. Asyraaf says:

      Ada apa ya mbak?

      1. Septian says:

        Minta no wa nya pa

  5. Pa boleh minta no wa nya

  6. Saya lagi butuh cepet buat bikin SIM

  7. Angga says:

    Pak boleh share no WAny, lagi butih cepat utk buat sim

    1. Asyraaf says:

      Maaf pak, saya bukan petugasnya loh

  8. Nur Febri Ardilla says:

    maaf pak, saya mau tanya. setelah bikin sertifikat langsung di arahin disuruh daftar ke polrestabes kan? nah di polresnya nanti di tes lagi gak pak? bisa bantu jelaskan tes nya apa apa aja kalo sudah mempunyai sertifikat dari lotte mart? terimakasih 🙂

    1. Author says:

      tinggal tes teori aja mbak

      1. Sanz DK says:

        Saya sudah ikut pelatihan tetapi tetap diwajibkan ikut semua tes ??

  9. Rizal says:

    menurut saya jasa pembuatan sertifikat itu ada “main” sama kepolisian. Sebagian hasil keuntungan dr pembuatan sertifikat mengalir ke polisi. Jadi kesimpulannya perusahaan jasa pembuatan sertifikat ini tidak ada bedanya dengan calo karena hanya diubah bentuknya saja kedalam sebuah badan yg lebih resmi agar KPK gabisa menuduh bahwa ada calo dalam proses pembuatan sim. Ini hanya pendapat saya mohon jangan langsung dipercaya dan lakukan pembuktian ulang pada kondisi sebenarnya.

  10. Anra says:

    maaf pak, kalo jasa pembuatan sertifikatnya ada di lotte grosir nya? di lantai berapa ya kalo boleh tau?

    1. Author says:

      Di parkir belakang mbak

  11. ARIFFIN says:

    kalo jasa pembuat sertifikatnya hari minggu buka juga tidak ya pa?

    1. Author says:

      Kurang tau mas, samsatnya mah hari kerja

  12. dnl says:

    mas ini ke parkiran belakang bisa langsung dtg aja?

    1. Author says:

      Bisa mas

  13. Steel Face says:

    kirain bener2 ikutan test pake simulator? kalo pake sertifikat swasta gitu sih, beda tipis… bukan calo sih tapi mirip2 lah…. lebih sulit terendus….

  14. Sr says:

    Saya udah di tes praktek gagal terus ,pake sertifikat ini ngulang lagi dari awal ga mas?

    1. Author says:

      Pas saya sih ga mesti bikin lagi

  15. GiofaniSJ says:

    Ini pake sertifikat ini 100% bakal dilulusin?

    1. Author says:

      Saya sih lulus mas

  16. bayu says:

    kalo tanpa calo dan ngurus sertifikat sendiri apakah di samsat nanti tetep ikut tes simulator dan praktek mas

    1. waktu saya udah punya sertifikat, saya ga perlu lagi ikut simulator dan tes praktek mas.

  17. fauzan a says:

    Halo, Kak. Sekarang masih 620 ribu? 500 untuk jasanya dan sisanya administrasi? Orangnya ada di tempat kah? Terima kasih.

    1. 500 itu bikin sertifikatnnya aja

      1. Taufik says:

        Jadi untuk total pembuatan sim nya berapa pa ?

  18. Syifa Dewi says:

    Pak kalo yg di lotte itu bukanya jam berapa ya?

  19. Abdul says:

    Berarti di SamSat nya kita didampingi siCalo Itu Om ?? Ketemuan gitu?

    1. cuma di anter sampe depan pintu.

  20. Rizal says:

    Jam operational bikinsertifikatnya sampe jam berapa mas? Kalo sabtu?

    1. saya ga tau kalo sabtu buka apa ga

  21. Muthmainnah says:

    Punten Pak boleh Minta kontak WA bapak atau calonya?? Mau nanya2, kbetulan saya butuh sim cepet, boleh dikirimin ke email mizz.uthe@gmail.com. terima kasih

    1. saya ga nge save mas, maaf.

  22. Sugianto says:

    Pak klo di lotte mart buka jam berapa Y?
    Lama g prosesnya?

    1. kayanya jam 9an pagi udah buka. prosesnya sekitar 1 sampe 2 jam sama ujiannya.

  23. Dewi says:

    maaf pa Asyraaf yang dimaksud datang kesamsat atau kepolrestabes sech ??? setelah dari Lotte samsat kan diprapatan dekat Uninus, kalau Polrestabes kan diJl Jawa yang bener yang mana nech

  24. Iin says:

    Mas, itu waktu tes Drive kaya di Samsat rute dan kesulitannya? Klo motor bikin zig-zag sm bikin angka 8 gitu?

    1. mirip begitu mas

  25. Kabipatenbandung bisa

  26. Debby says:

    Mas minta no wanya donk biar enak dan gampang

  27. anonim says:

    bayar si calo berapa kemarin mas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *