Desain Axis Lock Folder
Desain

Pengertian Desain

Jam DindingDesain bukan lagi suatu bahasan yang asing bagi kita saat ini. Meski demikian, memahami bidang ini secara komprehensif memerlukan referensi sekaligus pengalaman pada realita yang berlangsung. Menempatkan defenisi secara literasi pada pembahasan tentang keilmuan ini pada dasarnya cukup mudah. Hal ini disebabkan Desain sendiri merupakan keilmuan yang implementatif bahkan dapat berupa output dari spontanitas.

Defenisi Desain Secara Umum

Terutama dalam diksi Indonesia, Desain tidak dapat diberikan hanya satu pengertian karna tersemat output dan penggunaan yang berbeda. Disatu sisi dapat didefenisikan sebagai subjek, sebuah kegiatan. Dalam pengertian ini desain merupakan sebuah proses atau bagian dari sebuah mekanisme sistem yang disepakati bersama. Sedangkan disisi yang lain keilmuan ini dapat pula berarti objek atau output, baik secara fisik, konseptual atau digital.

Desain Sebagai Subjek

Dalam rangkaian panjang sebuah proses, desain seringkali ditempatkan pada bagian hulu. Desain dalam hal ini bersifat sebagai perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Sebagai proses bidang ini bisa ditempatkan setelah riset. Penelitian-penelitian pendahuluan tentang pasar, semantika, semiotika dan sebagainya memberikan masukan pada desainer untuk menghasilkan rancangan yang sesuai. Setelah rancangan diselesaikan tahap selanjutnya dapat berupa proses uji coba maupun tahap produksi setelah sirkulasi antara uji coba dan redesign atau perancangan ulang dilakukan.

Rapat DesainDidalam lingkungan yang selalu berubah dan bisnis yang optimal, bidang ini sangat dinamis. Sebuah karakteristik rancangan yang dipertahankan oleh industri tetap bertahan sedangkan komponen yang lain dalam ruang lingkupnya diubah seiring perkembangan zaman. Sebagai contoh di industri otomotif hampir semua brand menetapkan karakteristik visualnya masing-masing. Karakter ini juga diterapkan pada sub-brand nya mereka. Namun demikian dari waktu ke waktu rancangan produk mereka turut berubah karena lingkungan yang dinamis. Misalnya brand motor Honda yang memiliki lini produk Honda CB dapat kita lihat bahwa dari rancangan Honda CB awal hingga saat ini banyak perubahan, namun dapatkah anda lihat bahwa modifikasi pada proses redesign dari waktu kewaktu tidak menghilangkan beberapa karakteristiknya? Hal ini disebut sebagi life cycle of design.

Desain Sebagai Objek

Dalam pengertian ini secara gamblang kelimuan ini dapat diartikan sebagai hasil atau output yang kemudian bagi para desainer diklaim sebagai karya. Seseorang dapat menunjuk sebuah objek fisik sebagai sebuah design. Misalnya : Gedung tersebut adalah desain dari arsitek ternama Bapak Budi. Namun bukan hanya objek yang dapat dirupakan sebagai objek dari keilmuan ini, solusi dari permasalahan hasil riset misalnya dapat dikatakan sebagai desain meskipun dia berbentuk konsep sebuah sistem. Misalnya saudara Emir membuat sistem keamanan sebuah pemerintahan yang sulit ditembus oleh para penyusup, sistem ini merupakan desain dari saudara Emir.

Hasil atau objek bidang ini dapat berasal dari proses yang singkat bahkan output verbal. Misalnya saya ingin membuat cake dengan topping blueberry saos kecap yang ditaburi merica ketika ditanya oleh ibunya. Cake dari perencanaan tanpa riset dan proses menemukan bentuk yang panjang ini dapat dikatakan sebagai Cake desain saya. Bahkan terminologi desain juga dapat disematkan pada objek yang dibuat secara spontan, misalnya seseorang ingin membuat pisau dengan cara tradisional kemudian dari bayangan awal terjadi distorsi menjadi pedang, objek atau output ini masih dapat dilabeli sebagai desain sang perajin. Dengan demikian secara singkat kelimuan ini sebagai subjek dapat diartikan sebagai rencana dan atau proses, sedangkan sebagai objek desain diartikan sebagai hasil atau output.

Desainer atau Perancang

Secara umum siapapun dapat diberikan label sebagai desainer atau perancang atas apa yang dihasilkannya. Namun demikian karena ketetapan yang disepakati bersama menentukan bahwa profesi desainer merupakan profesi yang kini ditempatkan pada bidang kreatif maka hanya beberapa profesi yang mendapat julukan tersebut. Meskipun hasil karya dari beberapa bidang keilmuan lain juga kerap diliterasikan sebagai desain.

Lihat Juga : apa itu kreatifitas?

Di Indonesia jauh sebelum profesi desain yang lain dikenal, desainer kerap kali hanya diasosiasikan pada perancang mode yang disebut sebagai Desainer Fashion. Kemudian menyusul desainer grafis, interior dan produk. Penetapan kategori pada desainer ini terjadi pada pengertian keilmuan ini sebagai output sesuasi dengan klasifikasinya.

Dalam bidang keilmuan desain dengan imbuhan “me” dilekatkan pada proses. Sedangkan desain tanpa imbuhan apapun diartikan sebagai hasil.

Metoda-metoda yang telah dilakukan dari waktu ke waktu, terapan pada industri maupun anggapan proses yang benar disusun oleh akademisi menjadi kurikulum. Meskipun demikian berbagai tahapan yang ideal tersebut akhirnya menyesuaikan terhadapat kondisi faktual dilapangan atau sistem operasi yang berlangsung disebuah perusahaan. Sehingga metoda-metoda tersebut kini lebih fleksibel menjadi subjek-subjek yang kemudian dapat dipilih sendiri.

Sistem akademis yang berkembang terutama di Indonesia menitik beratkan pendidikan desain pada eksekusi estetika. Meskipun realitanya beberapa bidang keilmuan harus memastikan desainnya secara teknis dapat diproduksi dan dapat dijual. Sehingga komunikasi antara desainer dengan tukang, teknisi, pemilihan material, market yang ingin dituju hingga pemasaran yang akan digunakan dalam kenyataannya menjadi fenomena baru bagi fresh graduate.

Kategori Desain

Saya meyakini bahwa kini semakin sulit mencari rancangan yang benar-benar baru. Produk-produk yang dihasilkan saat ini lebih banyak menitik beratkan baik pada modifikasi maupun mengkombinasikan beberapa komponen menjadi solusi. Baik sebagai subjek maupun objek, desain dapat digeneralisir menjadi beberapa kategori umum. Kategori ini adalah penyematan sifat dari proses maupun output yang dihasilkan desainer

  1. Inovatif. Karya yang benar-benar inovatif kini semakin sulit ditemukan dan kategori desain yang inovatif saat inipun memiliki defenisi yang berbeda dari zaman dahulu. Karya inovatif kerap di sematkan oleh marketing pada produk-produk umum yang menambahkan satu atau dua fitur saja. Misalnya mobil pertama yang menggunakan kamera belakang untuk mundur atau yang ditambahkan GPS. Saat ini inovasi-inovasi kreatif ditemukan pada produk yang memberikan solusi lebih besar bukan parsial.
  2. Modifikasi. Kategori modifikasi pada saat ini mendominasi pasar yang ada dunia. Salah satu penyebabnya adalah secara umum masyarakat membutuhkan waktu pada trasnformasi yang ekstrim sehingga industri mengupayakan penyesuaian dan perubahan secara bertahap.
  3. Plagiasi. Plagiasi merupakan tindakan terburuk dalam mendesain. Plagiasi merupakan kegiatan meniru  produk orang lain hampir 100%
  4. Kombinasi. Kategori ini merupakan kegiatan umum kedua setelah modifikasi terutama dikalangan industri. Misalnya mengabungkan mobil dan kapal menjadi kapal ampibhi.

Tidak dapat dipungkiri, desain merupakan salah satu bidang keilmuan yang akrab dengan kita. Karena outputnya kita lihat, gunakan bahkan jadi barang berharga bagi kita. Dalam kondisi masyarakat yang semakin dinamis, bidang ini dituntut mampu berubah dalam waktu singkat dan tidak sedikit yang menyediakan platform untuk kostumisasi bagi pasar yang umum sehingga banyak bermunculan platform-platform yang menyediakan sebuat rancangan yang default disertai dengan fitur-fitur untuk merubahnya bagi konsumen.

Asyraaf Ahmadi.

Sumber : Wikipedia, Merriam-Webster, Dictionary, Cambridge Dictionary

22 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: