Riset Desain

Riset

Riset atau penelitian merupakan tahap paling awal dalam mendesain. Tahap ini merupakan salah satu tahap yang penting dalam proses perancangan sebuah produk. Pada tahap inilah penentuan perbedaan antara seorang desainer dengan seorang seniman. Riset sangat mempengaruhi keputusan sebuah desain, sehingga desain yang dihasilkan menjadi desain yang objektif dalam memecahkan suatu permasalahan.

Kegiatan penelitian dalam perancangan produk bukanlah sekedar tahapan yang krusial dalam penyusunan artikel, jurnal atau tesis akademis. Bagi industri, tahap inilah yang paling sangat menentukan keputusan terhadap batasan dan arahan terhadap rancangan yang dikerjakan. Tepat atau tidaknya hasil desain yang dibuat kerap kali ditentukan atas seberapa dalam dan seberapa intens hasil penelitian diterapkan pada desain yang dibuat oleh desainer produk.

Pada tahap akhir proses mendesain sebuah produk, hasil penelitian yang dibuat difungsikan bukan sekedar sebagai bahan justifikasi terhadap rancangan yang dibuat. Tapi lebih penting lagi dari itu adalah konfirmasi berbagai aspek yang dihasilkan dalam proses desain terhadap kapasitas solusi yang dihasilkan oleh rancangan tersebut. Sehingga tahapan penelitian sangat berperan terhadap betapa besar objektifitas desain yang dihasilkan oleh rancangan yang dibuat oleh desainer produk.

Riset Desain

Kompleksitas Riset Perancangan Sebuah Produk

Riset yang merupakan tahapan yang tidak dapat di eliminir dari proses mendesain sebuah produk penting untuk dilakukan. Namun demikian penelitan yang dilakukan oleh seorang desainer tetap harus dibatasi oleh ketentuan tertentu. Suatu tahapan penelitian umumnya dibatasi oleh waktu yang tersedia untuk proses. Oleh karena itu perlu dipilah dan urutkan secara hirarkis berdasarkan krusialitas terhadap penelitian yang akan dilakukan.

Meskipun penelitian pada proses perancangan sebuah produk sangat penting untuk dilakukan. Tidak semua hal harus dilakukan oleh desainer produk. Kegiatan penelitian dapat dilakukan oleh surveyor, atau divisi yang lain dari sebuah industri. Hasil penelitian untuk pengembangan produk dapat berupa berbagai dokumen bahkan produk tertentu pula. Dokumentasi dan sample yang berasal dari penelitian kemudian digunakan oleh desainer untuk melakukan pengembangan desain produk yang dilakukan.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: