Keris Bujak Beliung – Senjata Tikam Dari Kalimantan Selatan

Keris Bujak Beliung adalah senjata tradisional dari Kalimantan selatan. Senjata tradisional jenis ini berupa senjata tikam yang digunakan dengan cara ditikamkan atau ditusukan pada musuh dengan jarak yang sangat dekat.

Kalimantan sendiri merupakan pulau terbesar di Indonesia dengan berbagai suku dan budaya dari masyarakat setempat. Suku yang terkenal sebagai penghuni pulau ini ialah suku Dayak. Seperti yang sudah banyak di ketahui bahwa suku Dayak sendiri memiliki banyak sekali senjata khas  yang diyakini memiliki kekuatan magis atau kekuatan supranatural.

Keris Bujak Beliung sendiri merupakan salah satu senjata di Kalimantan Selatan yang di percaya dan diyakini oleh masyarakat setempat memiliki kekuatan magis. Sebagai senjata yang dianggap memiliki kekuatan magis, Keris ini dipercaya dapat memberikan manfaat tersendiri bagi si pengguna ataupun bagi orang yang memilikinya.

Pada masanya, Keris Bujak Beliung memang biasa digunakan sebagai salah satu senjata untuk melawan musuh dari dekat, atau sebagai bentuk pertahanan diri. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu kegunaan Keris ini sudah tidak lagi sebagai senjata untuk membunuh, namun banyak digunakan sebagai  pelengkap di berbagai upacara adat Kalimantan selatan.

Bentuk Keris Bujak Beliung

Bentuk senjata ini sama halnya seperti Keris pada umumnya yang ada di pulau Sumatera ataupun pulau Jawa. Namun luk yang dimiliki oleh Keris ini tidak begitu banyak. Maka tidak heran jika ukuran dari senjata ini ialah sekitar 30 cm.

Lihat Juga : Senjata Sakti Dari Tiworo Liya

Keris Bujak Beliung mempunyai ciri khas atau pembeda dengan keris lainnya yaitu terletak pada motif dan ukiran yang ada di bagian keris. Motif atau ukiran yang digunakan biasanya menceritakan tentang sejarah atau filosofi yang terkandung di dalamnya.

Bahan Baku Keris Bujak Beliung

Bahan baku untuk pembuatan Keris ini mirip dengan bahan pembuatan Keris pada umumnya. Keris ini dibuat dari logam mulia, besi atau bahkan emas. Namun, dalam hal ini Keris Bujak Beliung biasanya terbuat dari campuran besi dan logam. Dilihat dari segi ukuran, senjata ini memiliki panjang kurang lebih 30 cm.

Dalam proses pembuatannya tidaklah sembarangan. Terlebih jika Keris itu digunakan sebagai benda pusaka yang dianggap memiliki kekuatan magis. Besi atau logam yang digunakan untuk menjadi bahan baku pembuatannya, akan diberi petuah terlebih dahulu oleh sang empuh. Sehingga Keris tersebut dipercaya memiliki petuah bagi pengguna ataupun sang pemilik.

Di Kalimantan Keris Bujak Beliung juga dianggap memiliki petuah atau kekuatan magis. Sehingga untuk memiliki dan menggunakannya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Begitupun untuk mendapatkannya tidak bisa secara gambang.

Keris Bujak Beliung yang asli oleh masyarakat setempat dianggap memiliki kekuatan spiritual. Namun, jika Keris Bujak Beliung itu palsu biasanya hanya digunakan sebagai bentuk hiasan semata.

Sumber: Bangtresna, Verdant Studio