Kayu,  Material,  Pengetahuan

Alami dan Nuansa Hangat Penggunaan Lantai Parket

Industri Parket merupakan salah satu bisnis pembuatan lantai yang menggunakan material kayu. Bisnis ini akan semakin berkembang pesat karena banyak rumah, gedung perkantoran dan tempat olahraga yang membutuhkannya.

Penggunaan lantai dengan material kayu mampu memberikan kesan alami dan membuat hangat suasana di dalam rumah. Material kayu memang selalu memiliki pesona dan daya tariknya tersendiri. Sehingga tak heran jika material ini bisa kita temukan pada setiap bagian rumah seperti, dinding, pintu, lantai, plafon dan lainnya.

Untuk keperluan parket, ada beberapa jenis kayu yang digunakan. Jenis-jenis kayu itu di antaranya, kayu Jati, Merbau, Bengkirai, kayu Ulin serta jenis kayu Besi. Pemilihan bahan kayu tergantung dari pengaplikasiannya dan kebutuhan untuk diterapkan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Banyak pemilik rumah yang lebih memilih lantai kayu untuk mempercantik ruangan sehingga terlihat natural dan menjaga suhu agar tidak terlalu dingin pada malam hari. Hal ini karena lantai kayu mudah menyerap panas sehingga kondisi di dalam ruangan akan terasa lebih nyaman untuk istirahat dan hunian.

Lantai_Kayu_Parket___Parquet_Bogor

Tidak hanya pada kebutuhan rumah saja, namun banyak perkantoran, mall, serta bangunan lainnya seperti stadion olahraga, hotel dan café yang menggunakan lantai kayu. Mereka menggunakannya dengan alasan lantai kayu lebih awet dan tidak mudah pecah ataupun terkelupas. Selain itu, lantai kayu akan terlihat lebih elegan sehingga menampilkan kebersihan, keindahan serta kemewahan dalam bangunan tersebut.

Penggunaan lantai Kayu di luar ruangan, saat ini banyak digunakan oleh dermaga. Untuk penggunaan lantai kayu di luar ruangan tentunya harus memilih bahan baku kayu yang sangat kuat agar tidak mudah rusak dan memuai karena pergantian cuaca serta sengatan matahari. Penggunaan ukuran kayu biasanya dengan lebar 5cm dan panjang 20cm serta ketebalan 1,2cm. Selain itu, ada juga parket dengan ukuran panjang 25cm dan 30cm yang disesuaikan kebutuhan luas ruangan.

Jenis-jenis Bahan Kayu untuk Industri Parket

  1. Parket Kayu Solid

Parket kayu solid mengambil bahan baku 100% dari kayu gelondongan atau log sehingga sangat kuat dan bisa digunakan untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. Tentu saja parket kayu ini berkualitas tinggi dan sangat kuat untuk berbagai penggunaan lantai, tangga serta interior dan dekorasi. Jenis bahan yang digunakan antara lain, kayu Jati, Ulin, Merbau, Sonokeling dan lainnya.

Para costumer bisa memesan parket kayu yang sudah jadi dan siap pakai untuk mengaplikasikannya dalam lantai ataupun parket yang belum melalui finishing dan bisa dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja bentuk serat kayu asli masih terlihat alami dan bisa didesain dengan model mengikuti arah sesuai dengan panjang serat.

  1. Parket Laminate

Jenis Parket Laminate dibuat menggunakan bahan baku serbuk kayu dengan cara dipadatkan agar bisa kuat dan awet. Parket Laminate terbagi dalam 2 macam berdasarkan kualitasnya, ada yang berkualitas tinggi (HDF High Density Fingerboard) atau parket dengan kualitas menengah (MDF Medium Density Fingerboard). Tentu saja parket yang berkualitas tinggi harganya lebih mahal dengan menggunakan bahan serbuk kayu pilihan untuk kepuasan dan kenyamanan costumer.

  1. Parket Engineer

Jenis ini merupakan kombinasi antara bahan parket kayu Laminate dan  Kayu Solid untuk menghasilkan perpaduan bahan baku berkualitas dengan harga terjangkau. Kombinasi lainnya juga bisa dilakukan antara bahan kayu Multiplex dengan kayu Solid sebagai alternatif lain untuk pembuatan parket. Kombinasiya adalah Parket Laminate berkualitas tinggi atupun Multiplex dijadikan sebagai bagian bawah, sedangkan kayu Solid diaplikasikan pada bagian atas dengan tingkat ketebalan 2mm.

Dari ketiga jenis tersebut tentunya memberikan pilihan bagi para costumer untuk mengaplikasikannya pada lantai bangunan. Tentu saja dengan menggunakan bahan baku ini akan membuat lantai lebih berkilau dan mudah dibersihkan dari segala kotoran dan noda lainnya. Saat ini, banyak lapangan basket dan voli serta gym karena lantai parket tidak terlalu licin sebagai tempat beraktifitas.

Baca juga: Material Kayu Untuk Pembuatan Gagang Pisau

Sumber : Grenflor. Okezone.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: