https://kudo.co.id/blog/wp-content/uploads/2016/07/Cara-Merawat-Furniture-Kayu-Biar-Tetap-Mengkilap.jpg
Kayu

Furniture Kayu Jati Tetap Primadona Loh di Masa Yang Akan Datang

Furniture kayu sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok untuk perabot dalam sebuah bangunan, baik dalam rumah, gedung, kantor, hotel serta restoran. Peran furniture yang menggunakan bahan baku dari kayu tidak hanya sebagai alat rumah tangga. Tetapi juga bisa menjadi salah satu benda untuk mempercantik dan menambah nilai seni dan keindahan, baik indoor maupun outdoor.

Kebutuhan masyarakat akan furniture yang menggunakan bahan baku kayu memang terus meningkat. Ke depan furniture kayu Jati sepertinya akan terus berkembang dan tidak akan pernah mati. Walaupun di pasaran sudah banyak furniture yang menggunakan bahan plastik dan lainnya. Hal ini bisa terlihat di sekitar kita bahwa setiap hari ada orang yang membangun rumah dan menggunakan banyak perabot dari bahan kayu. Tentu saja, industri kayu merupakan usaha yang sangat cocok untuk dijadikan pilihan terbaik karena kebutuhan furniture dan mebel tidak akan pernah ada matinya.

Salah satu furniture yang penting dalam sebuah rumah yaitu pintu. Mayoritas sang pemilik memilih kayu sebagai bahan utamanya. Hal ini akan membuat rumah terlihat lebih menarik karena terdapat pintu yang menampilkan keindahan sebagai muka bangunan tersebut. Sebuah kebanggan tersendiri bagi pemilik rumah jika memiliki banyak furniture yang berasal dari bahan kayu.

Bahan baku primadona untuk furniture yaitu menggunakan material kayu Jati dan Mahoni. Tentu saja kayu Jati lebih banyak digunakan dan disukai karena memiliki warna serat yang indah sebagai hiasan natural. Selain itu, kualitas kayu Jati memang sangat awet dan mampu bertahan hingga 50 tahun jika melakukan perawatan dengan baik. Harga kayu ini juga termasuk mahal dan banyak disukai para pecinta furniture dari dalam maupun luar negeri.

Kayu Jati banyak digunakan untuk bahan baku meja, kursi, lemari dan alas tempat tidur dengan berbagai model dan desain yang unik. Banyak juga pengusaha mebel yang menerima pesanan furniture berdasarkan desain dari para pemesan sehingga mereka akan merasa lebih puas. Karena kualitasnya yang awet dan tahan lama, kayu Jati juga sering di daur ulang untuk pembuatan furniture baru meskipun usianya sudah tua, namun masih layak digunakan untuk perabot lainnya.

Furniture kayu Jati asal Indonesia sangat disukai para pembeli dari dalam maupun luar negeri. Terutama yang memiliki hiasan ukir-ukiran, karena termasuk hal yang unik sebagai koleksi barang antik. Berbagai furniture yang terbuat dari bahan kayu Jati memang seolah tidak tergantikan dengan material lainnya meskipun masih banyak jenis kayu yang berkualitas No. 1. Hal ini karena kayu jati juga termasuk material yang anti rayap dan tahan terhadap serangga. Dengan kondisi demikian furniture bisa bertahan selama puluhan tahun. Selain itu, banyak diaplikasikan untuk furniture outdoor karena tahan terhadap cuaca ekstrem serta serangan sinar matahari sehingga sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku decking dan pagar di taman.

Bahan baku lainnya yang dijadikan sebagai material furniture diantaranya kayu Mahoni, Sonokeling, Sungkai, Nyatoh dan lainnya. Kayu-kayu tersebut juga termasuk jenis material No. 1 yang biasa dijadikan sebagai bahan baku meja, kursi, lemari, kabinet, serta ranjang tidur. Selain itu, juga dijadikan sebagai rangka untuk kursi atau sofa dengan menggunakan dudukan yang empuk. Pemanfaatan lainnya banyak diterapkan pada ranjang bertingkat untuk tidur anak serta hiasan dinding serta lantai kayu dan decking.

Saat ini, hampir semua bangunan modern sudah menggunakan lantai kayu karena memiliki tampilan yang sangat cantik serta tercipta suasana yang asri. Lemari yang ada di dapur juga sebagian besar menggunakan bahan kayu karena lebih praktis dalam merawatnya ketika akan membersihkan dari segala noda dan kotoran. Perawatan furniture kayu juga sangat mudah dan cukup membersihkannya dengan menyapu atau melakukan pengepelan dengan kain basah.

Sumber : Dekoruma.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: