http://www.harley-art.de/Uebersicht/Monster_Bad-Boy/Monster_Bad-Boy-6.jpg
Kayu

Pengrajin Surabaya Ini Bisa Bikin Motor Dari Kayu

Kendaran-kendaraan yang terbuat dari kayu sudah bukan barang asing lagi. Karena banyak pengrajin yang berhasil membuat berbagai macam alat transportasi modern menggunakan bahan baku kayu. Tentu saja hal ini menjadi barang antik dan memiliki nilai seni budaya yang tinggi dalam berbagai bentuk maupun corak warna yang alami.

Indonesia memiliki banyak pengrajin yang berhasil membuat berbagai kendaraan dengan material kayu sebagai replika maupun alat taransportasi yang bisa dikendarai. Hal ini bisa ditemukan dari sepeda pancal sampai kendaraan roda empat dengan berbagai model dan merk. Bentuknya juga berbeda-beda, ada yang jadul dan juga ada yang modern tergantung keinginan pengrajin dalam membuatnya.

https://www.wowkeren.com/images/news/20120616-pria-hungaria-ciptakan-motor-dari-kayu-02.jpg

Di kota Surabaya, Jawa Timur ada seorang pengrajin yang pernah membuat sepeda dengan model dan bentuk mirip motor Harley Davidson. Bahan baku yang digunakan mengambil dari kayu sonokeling yang dikeringkan terlebih dahulu menggunakan mesin pengering selama beberapa minggu. Setelah benar-benar kering, kayu tidak akan berubah lagi sehingga bisa langsung dibentuk sepeda sesuai keinginan.

Proses pembuatannya memerlukan waktu 4 bulan dari pemotongan, mendesain membentuk kayu hingga melakukan finishing. Tentu saja hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah karena memerlukan ketekunan, ketelitian dan juga kesabaran yang tinggi agar menghasilkan sebuah karya seni yang indah dan bisa dinikmati semua orang.

Hasilnya memang sangat mirip dengan bentuk motor gede tersebut, namun memiliki sisi keindahan dan kesan natural. Sepeda tersebut menggunakan ban karet dan rantai serta pedal sebagai pengayuhnya sehingga bisa dikendarai di sepanjang jalan.

https://lancarfurniture.com/wp-content/uploads/replika-moge-harley-davidson-jati-berkualitas-terbaik.jpg

Sementara itu, di kota Solo, Jawa Tengah juga pernah ada seorang pria yang berusia diatas 50 tahun berhasil membuat body motor secara keseluruhan menggunakan kayu. Hal tersebut bisa diaplikasikan ke dalam motor Kawasaki Binter yang dimiliki dan biasa dikendarai setiap hari untuk berangkat keja dan jalan-jalan.

Pembuatan body motor tersebut menggunakan limbah kayu jati dengan polesan tangan. Dalam proses pembuatannya, dia memerlukan waktu sekitar 45 hari. Hal tersebut dilakukannya hanya sekedar menuruti hobi dan tidak menghitung berapa besar uang yang dihabiskan untuk membeli bahan baku pembuatan motor kayu tersebut.

https://beritabojonegoro.com/upload/2017-11/1120_KERAJINAN_KAYU_BBC_01.jpg

Sedangkan di daerah Singaraja, Bali juga ada seorang yang suka membuat body kendaraan dari kayu untuk melapisi semua permukaan kendaraan yang dimiliki. Ada 2 motor yang telah diganti seluruh bodynya menggunakan bahan kayu dan batok kelapa yaitu motor matic dan biasa sehingga tampilannya sangat cantik dan menjadi pemandangan yang indah. Selain itu, memiliki 2 kendaraan roda 4 yang telah dimodifikasi bodynya dengan kayu yaitu mobil zebra dan pick up.

Bahan baku yang digunakan mengambil dari kayu jati lokal yang ada di sekitar wilayah tempat tinggalnya agar lebih mudah membawanya. Seluruh body mobil diganti menggunakan bahan kayu sehingga memberikan tampilan yang sangat indah dan alami serta tidak bosan jika memandangnya.

Sebenarnya sejak zaman dahulu nenek moyang kita sudah bisa membuat kendaraan dari kayu berupa kerata kuda atau andong serta gerobak. Hingga saat ini andong masih banyak digunakan masyarakat sebagai transportasi umum atau koleksi pribadi. Masih banyak kota-kota di seluruh Indonesia yang masih menggunakan andong sebagai alat transportasi. Semua komponen kereta kuda terbuat dari kayu dan ditarik menggunakan seekor kuda untuk menjalankannya.

Biasanya bahan baku yang digunakan yaitu kayu jati agar kereta memiliki tingkat ketahanan dan keaweran yang tinggi meskipun sering digunakan untuk perjalanan. Ada jenis kereta yang menggunakan keseleuruhan bahan dari kayu dan ada juga yang memakai ban karet agar lebih praktis. Tentu saja kereta kuda merupakan kendaraan dan juga salah satu kekayaan budaya Indonesia.

Baca juga: Bentuk-Bentuk Kerajinan Kayu

Sumber : Bali Pos.

 

One Comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: