Kayu

Sifat Mekanik Kayu

Sifat mekanik kayu merupakan sifat yang berhubungan dengan kualitas. Hal ini tentunya tak dapat dilihat secara kasat mata. Namun sifat mekanik dapat diukur dengan menggunakan alat seberapa besar kekuatannya. Berikut ini sifat-sifat mekanik kayu meliputi, kekuatan tarik, kekuatan tekan, kekuatan geser, kekuatan lentur, kekakuan, keuletan, kekerasan dan juga kekuatan belah.

Setiap kayu akan mengalami perubahan mekanik. Terutama setelah digunakan dalam bentuk produk karena menahan beban. Tentu saja beban yang terdapat dalam kayu bisa berupa beban benda berat dan beban dalam melawan cuaca ekstrem. Hal inilah yang membuat perubahan pada sifat mekanik kayu sehingga mengalami penurunan dalam penyusutan.

http://lh3.ggpht.com/_Szl75vM1nRc/R4hpoQ39kwI/AAAAAAAAAPM/-2GpNxALzRY/s800/geser.jpg

Definisi Sifat Mekanik Kayu  

  1. Kekuatan Tarik

Kayu memiliki kekuatan tarik yang menjadi penahan beban untuk penguatan. Hal ini bisa dilihat dari bentuk serat kayu yang memanjang dan melingkar. Jika kayu dibelah, maka akan terlihat serat yang memanjang, apabila dilihat dari potongan kayu, maka akan terlihat serat berbentuk lingkaran. Karena itulah, kekuatan tarik kayu terbagi menjadi 2 yaitu kekuatan tarik sejajar arah serat dan kekuatan tarik tegak lurus arah serat. Tentu saja kekuatan kayu terbesar berasal dari tarik sejajar arah serat.

  1. Kekuatan Geser

Kekuatan geser merupakan kemampuan kayu dalam menahan beban yang akan mengakibatkan pergeseran dalam seratnya. Terdapat 3 macam kekuatan geser pada kayu, diantaranya geser sejajar arah serat, geser tegak lurus arah serat dan geser miring serat.

https://lh3.googleusercontent.com/-zn84ECLEgN4/SFSR3l88nBI/AAAAAAAAA6w/6sDdYMYIVychYGTfPyaTUd54iBW1YPBTwCCo/s800/Tarik.jpg

  1. Kekuatan Tekan atau Kompressi

Tentu saja kekuatan tekan merupakan besarnya daya tahan kayu terhadap muatan atau benda yang membebani. Hal ini merupakan kekuatan terhadap tekanan yang mempengaruhi serat kayu sehingga terbagi menjadi 2, yaitu kekuatan sejajar arah serat dengan tingkat ukuran sekitar 39,6% dan kekuatan tekan tegak lurus arah serat sekitar 11,6%.

  1. Kekuatan Lengkung  

Kekuatan lengkung merupakan daya sebagai penahan hal-hal yang menjadi beban dan akan membuat kayu menjadi melengkung. Hal-hal yang akan menyebabkan lengkungan kayu bisa berupa beban atau muatan serta hantaman ataupun pukulan terhadap kayu. Kekuatan lengkung juga terbagi dalam 2 macam, yaitu kekuatan lengkung statik dan kekuatan lengkung pukul.  Kekuatan lengkung statik yaitu lengkungan kayu yang terjadi secara perlahan-lahan. Sedangkan kekuatan lengkung pukul merupakan perubahan lengkungan karena terjadi secara mendadak.

  1. Kekerasan

Kekerasan kayu merupakan daya kekuatan untuk menahan hal-hal yang akan mengakibatkan perubahan terhadap kualitas kayu dengan prosentase 93,4%. Hal ini tentunya meliputi segala hal dan bentuk fisik dan juga mekanik yang berhubungan dengan lekukan, kikisan dan lainnya.

  1. Kekakuan

Kekakuan merupakan kemampuan kayu atau daya tahan terhadap perubahan pada tekstur kayu seperti lengkungan dan lainnya. Hal ini merupakan ukuran kekuatan dalam elastisitas kayu untuk menahan beban ataupun segala hal yang mempengaruhi kualitas kayu.

  1. Keuletan

Keuletan kayu merupakan tingkat ketahanan terhadap benturan ataupun pukulan dari benda-benda yang bersentuhan secara terus menerus. Tentu saja tingkat keuletan kayu sangat menentukan terhadap kerusakan karena diakibatkan oleh pihak luar.

  1. Kekuatan Belah

Kekuatan belah merupakan daya tahan kayu terhadap segala hal yang bisa mengakibatkan terjadinya pembelahan kayu. Kayu juga memiliki tingkat dalam kekuatan belah yang tinggi dan rendah sebagai tolak ukur kualitas kayu. Kayu dengan kekuatan belah yang rendah sangat cocok digunakan untuk perapian karena mudah terbakar. Sedangkan kayu yang memiliki kekuatan belah tinggi sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan benda ukir-ukiran.

Sumber : Foresteract.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: