http://rumahminimalisku.download/wp-content/uploads/2017/10/Tangga-Kayu-Rumah-Minimalis-1.jpg
Kayu

Konstruksi Tangga Kayu Pada Bangunan Rumah

Elemen tangga merupakan alat vertikal yang digunakan untuk naik atau turun dari bangunan yang memiliki beberapa lantai. Selain menjadi sarana penghubung naik atau turun, tangga juga bisa dijadikan sebagai salah satu dekorasi untuk mempercantik bangunan. Apalagi didukung dengan penggunaan material kayu yang berkualitas, tentu saja akan menambah nilai estetik dalam bangunan.

Bagian-Bagian Tangga

  1. Pondasi tangga, Sebagai dasar agar tangga tidak mengalami pergeseran.
  2. Anak tangga, memiliki fungsi sebagai bertumpunya telapak kaki, dibuat dengan jarak yang sama supaya merasa nyaman.
  3. Induk tangga berfungsi sebagai konstruksi pokok tangga yang berfungsi untuk mendukung anak tangga.
  4. Terdapat juga railing atau pegangan yang berada di kedua sisi tangga dan fungsinya sebagai pegangan tangan untuk mempertahankan keseimbangan.
  5. Bordes atau belokan jika kontruksi tangga memiliki 2 arah atau lebih ketika berbelok. Pada lokasi bordes, biasanya ukuran anak tangga lebih lebar dan bisa dijadikan tempat istirahat sejenak.
  6. Tempat khusus pada awal sebelum menginjakkan kaki ke anak tangga yang dinamakan sebagai ruang pengantar sebagai pijakan start dan finish. Biasanya ruang pengantar memiliki lebar dan panjang sekitar 90 cm sampai 1 meter sesuai dengan kebutuhan. Ruang pengantar juga bisa dijadikan sebagai sarana keselamatan agar kaki sebelum dan sesudah berjalan diatas tangga bisa beradaptasi dan tidak terpeleset.

Bentuk dan Desain Tangga Kayu

Terdapat puluhan bentuk dan desain tangga kayu yang disesuaikan dengan luas bangunan serta selera dari pemiliknya. Namun ternyata, bentuk dasar tangga kayu terdiri dari tangga lurus, tangga L dan tangga U.

Berikut ini penjelasan dari bentuk dan desain tangga kayu

Tangga lurus, untuk tangga lurus, tentu saja tidak memiliki belokan karena hanya menuju pada 1 arah saja dan biasanya sangat panjang.

https://www.wanita.me/wp-content/uploads/2017/03/tangga-lurus1.jpg

Tangga yang berbentuk L, Tangga ini tentunya memiliki 1 belokan yang dipisahkan dilengkapi dengan adanya bordes sebagai tempat istirahat.

http://1.bp.blogspot.com/-3RxVBDpwFuE/VA2eajfOWII/AAAAAAAACjI/6OUvA9XW8AM/s1600/desain-tangga-bentuk-L%2B.jpg

Tangga berbentuk U, tangga ini memiliki 2 arah berbeda, namun menuju lantai yang sama. Terdapat 2 jenis tangga U yang tertutup dan terbuka dengan perbedaan dari jumlah bordes, belokan serta tanjakan. Pada bentuk tangga U tertutup, hanya memiliki 1 bordes dan setelah itu terdapat 2 tangga dengan arah berlawanan yang memiliki tujuan yang sama. Sedangkan tangga U terbuka memiliki 2 belokan dan 2 bordes dan secara keseluruhan memiliki 3 tanjakan. Bentuk tangga kayu lainnya yaitu spiral atau berputar dan bisa menghemat penggunaan ruangan karena tidak membutuhkan tempat yang luas.

https://3.bp.blogspot.com/-Jnp5rThWuQs/WFqhsfSLtYI/AAAAAAAAAPc/J8edTxfM7bMutCKzju67TjEQYH-MGBpygCLcB/s1600/tangga.jpg

Material Tangga Kayu

Bahan baku yang paling banyak digunakan untuk pembuatan tangga yaitu kayu Jati dan Merbau sebagai material yang sangat kuat. Selain itu, kayu tersebut bisa diandalkan dan tahan terhadap rayap sehingga memiliki daya tahan yang tinggi serta awet sampai puluhan tahun lamanya. Terdapat 2 jenis untuk tangga kayu, yaitu papan sambung 2 layer, papan tanpa sambung dan memiliki ukuran ketebalannya sekitar 4 cm. Untuk material bahan baku pegangan tangan bisa bebas memilih jenis kayu, seperti kayu Jati, Merbau, Ulin, Mahoni serta kayu lainnya karena tidak terlalu membutuhkan bahan baku yang kuat.

Jika materialnya menggunakan bahan beton, biasanya berada disisi atau dekat dengan tembok. Tetapi jika menggunakan kayu, biasanya terletak ditengah atau kedua sisi yang menahan anak tangga. Bahan baku kayu yang digunakan haruslah kayu yang kuat, seperti kayu Jati, Merbau atau lainnya. Sebagai finishing sebaiknya memilih kayu yang agak kasar agar tidak terlalu licin.

Sumber Referensi : Lantai Kayu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: