Serat Kayu Walnut
Kayu

Walnut – Kayu Gelap Yang Keras, Awet dan Cocok Untuk Kerajinan

Kayu Walnut adalah salah satu bahan baku berkualitas untuk berbagai kebutuhan mebel dan furniture serta perkakas rumah tangga. Ada beberapa jenis kayu Walnut berdasarkan warnanya, dari coklat muda sampai ada yang berwarna hitam. Namun warna yang paling banyak digunakan masyarakat dunia yaitu jenis warna coklat tua atau coklat hitam. Kayu ini juga menjadi favorit untuk segala kebutuhan karena tingkat kekerasannya sangat tinggi dan juga tahan dengan cuaca ekstrem, serta tidak mudah melengkung ataupun mengalami penyusutan.

Pemanfaatan Kayu Walnut

Pemanfaatan kayu Walnut juga diaplikasikan sebagai bahan bangunan, untuk dinding, interior dan eksterior agar menambah keindahan rumah maupun gedung. Beberapa orang yang sudah bosan dengan material bangunan semen dan bata, memilih kayu Walnut dalam membuat rumah agar memiliki kesan natural dengan nilai seni dan estetika yang tinggi. Tentu saja tingkat kepuasan dalam mendesain rumah dengan material kayu bisa memberikan kenyamanan sebagai tempat hunian dan peristirahatan.

Selain batang kayunya, biji Walnut juga dimanfaatkan untuk bahan makanan. Walnut tidak benar-benar jenis kacang-kacangan tetapi makanan ini cukup populer diseluruh dunia.

Dengan interior Kayu Walnut, para penghuni rumah akan merasakan kehangatan meski diterpa cuaca yang dingin, terutama di malam hari. Banyak juga hotel yang memilih kayu Walnut sebagai interior dan dekorasi untuk menampilkan keindahan demi kenyamanan para tamu yang menginap. Pengaplikasian kayu Walnut pada rumah maupun hotel diantaranya sebagai panel dinding, meja kursi, kabinet, lemari, set kitchen, pintu dan jendela serta lantai.

Kayu Walnut Untuk Produk Kerajinan

Tentu saja kayu Walnut merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia karena jenis kayu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku berbagai macam barang. Pengaplikasian kayu ini telah dilakukan sejak abad 18 untuk dijadikan sebagai popor senapan. Hal ini karena tekstur kayu memang sangat keras sehingga banyak negara yang memanfaatkannya sebagai pegangan senjata.

Lihat Juga : Kayu Oak Yang Mudah Kering Jika Terkena Air

Selain itu, Kayu Walnut juga digunakan sebagai bahan pembuatan piring dan sendok serta kapstok sebagai tempat untuk pakaian. Banyak juga para pengusaha mebel yang menggunakannya pada alas dan rangka kursi sofa ataupun tempat tidur. Hal ini karena tekstur kayu yang sangat kuat dan bahkan bisa dijadikan sebagai tiang penyangga rumah. Selain itu, kayu Walnut banyak dipasarkan dalam bentuk papan berukuran kecil dan besar dengan panjang sampai 300 cm. Sedangkan ukuran ketebalannya sekitar 0,5 mm sampai 5,5 cm dengan lebar antara 11 sampai 40 cm.

Karakteristik Kayu Walnut

 

Urat kayu Walnut berbentuk garis lurus dengan warna hitam yang dominan dan membuat kayu ini terlihat lebih gagah serta mempesona. Corak kayu merupakan perpaduan warna coklat dan hitam yang akan terlihat berkilau setelah proses finishing yang membuat kayu ini terlihat semakin cantik. Perpaduan warna coklat dan hitam merupakan perwujudan bentuk klasik yang sangat disukai masyarakat, terutama yang menghargai nilai seni dan keindahan alam.

Berat kering kayu ini sekitar 610kg/m³. Bagian tengah kayu dapat bewarna coklat pucat terang hingga coklat gelap dengan potongan atau urat-urat yang lebih gelap. Bagian gubal bewarna kuning abu-abu mendekati putih. Bagi tukang kayu ini cukup mudah untuk dikerjakan. Kayu ini aromanya tidak terlalu mencolok saat dikerjakan. Serbuk kayu ini terkadang dapat menyebabkan alergi seperti gatal-gatal iritasi meskipun hal tersebut jarang ditemukan.

Bahan baku kayu Walnut merupakan pilihan terbaik dalam segi keindahan serta tingkat keawetan yang tinggi dan tidak bersifat musiman serta tidak lekang oleh waktu. Kebutuhan akan bahan baku kayu ini semakin meningkat sehingga untuk mendapatkannya memang agak sulit. Karena itulah, tidak heran jika harga kayu ini juga tergolong mahal bila dibandingkan dengan bahan material jenis kayu lainnya.

Penyebaran Kayu Walnut

Pohon Walnut banyak terdapat di negara China, Amerika serta Timur Tengah dan kawasan Eropa. Negara Kyrgistan merupakan pemilik hutan Walnut terbesar di dunia dengan luas tanah sekitar 600 ribu hektar yang berada di daerah pegunungan. Pemanfaatan kayu dan buah Walnut merupakan komoditi terbesar dari pohon yang bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 30 meter ini. Pohon Walnut memang dikenal sebagai tumbuhan yang berbahaya bagi tanaman lainnya, karena pohon lain jarang bertahan dan tumbuh di sekitarnya sehingga hanya ada rerumputan disekitarnya serta menjadi hutan homogen.

Sumber : The Spruce, Wood Database, Vermont Wood Studios, Verdant Studio

One Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: