White Ash
Kayu

White Ash – Kayu Buat Bikin Alat-alat Olahraga

Kayu White Ash memiliki warna yang sesuai seperti namanya yaitu dominasi putih dan sedikit coklat muda. Sedangkan urat kayu berbentuk lurus dan juga terdapat gelombang pada tengahnya sehingga terlihat seperti bentuk garis-garis antara warna putih dan coklat muda atau krim. Kayu ini juga termasuk bahan baku yang serbaguna dan digunakan untuk berbagai perabot rumah tangga, seperti kabinet, lantai kayu, kursi, meja makan, lantai kapal dan bahan baku furniture lainnya.

Jenis kayu White Ash juga sering digunakan pada alat-alat olahraga, seperti pemukul baseball, raket tenis, pemukul hoki, tongkat billiard, dayung dan lainnya. White Ash merupakan jenis kayu yang berkualitas dan kuat serta memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca. Kayu ini tidak mudah bengkok meskipun musim dingin dan bisa diandalkan untuk pembuatan barang-barang kebutuhan rumah tangga ataupun lainnya.

Lihat Juga : Kayu Walnut Yang Menarik

Tampilan dan Kegunaan Kayu White Ash

Tampilan kayu White Ash memang sangat cantik dengan warna krim yang sangat bening dan urat kayu lurus dan sedikit bergelombang yang tentunya sangat memanjakan mata. Hal ini adalah salah satu kelebihan dari kayu White Ash yang menghadirkan tampilan warna kayu yang jernih dengan nuansa keindahan alam yang berbeda dari jenis kayu lainnya. Jika berada di sekitar tempat yang gelap, maka kayu ini akan terlihat berwarna putih dan jika ditempat yang terang akan berwarna krim atau coklat muda.

Banyak orang yang menggunakan bahan baku kayu ini untuk meja makan dan lemari pakaian yang ada di dalam kamar. Selain itu, perabot rumah tangga yang menggunakan kayu ini sangat cocok diletakkan pada ruangan dengan tembok yang berwarna putih sehingga seluruh keindahan pada kayu White Ash akan tampak lebih maksimal. Banyak apartemen dan hotel yang menggunakan hiasan atau dekorasi serta meja menggunakan bahan baku dari kayu ini.

Selain itu, beberapa restoran dan café juga mengambil kayu White Ash. Kayu ini digunakan untuk pembuatan meja makan dan kursi karena menginginkan keindahan dalam ruangan. Tentu saja dengan berbagai dekorasi dan hiasan pada dinding serta langit-langit atap untuk mempercantik ruangan. Ruangan dapur juga akan tampak lebih indah secara natural apabila pada pembuatan meja dan perlengkapan dapur lain yang menggunakan kayu ini.

Bahan kayu ini juga banyak dimanfaatkan untuk alat-alat pertukangan, seperti gagang kampak, palu, serta alat-alat lainnya. Ada juga yang memanfaatkan kayu ini sebagai bahan baku pembuatan keranjang dengan bahan kayu yang tipis. Masih banyak lagi pemanfaatan lainnya untuk barang kerajinan atau handycraft.

Karakteristik Kayu White Ash

Warna kayu ini juga bisa diubah dengan coklat muda jika dihiasi menggunakan vernis warna coklat. Kayu ini masih tampak urat kayu perpaduan antara putih dan krim. Ada juga yang mewarnai furniture kayu White Ash dengan cat hitam sehingga warnanya tampak seperti kuda zebra. Jika dicat dengan warna putih, maka urat kayu tidak jelas terlihat atau transparan. Bahkan guratan kayu tidak akan tampak bila ditutup dengan cat yang kental.

Pohon White Ash bisa tumbuh sampai ketinggian 30 meter dan ukurannya bisa sangat besar mencapai diameter 2,5 meter. Pohon ini juga bisa bertahan lama sampai 200 tahun dan tentunya menjadi pohon raksasa. Bentuk kulit pohon sangat kasar dan bersisik seperti tumpukan kerikil dan terlihat kurang rapi. Biasanya terdapat banyak lubang karena pohon ini sering dijadikan sebagai tempat tinggal kawanan serangga.

Di negara Amerika, banyak sekali pohon White Ash yang tumbuh dipinggir jalan sebagai peneduh dan penghijauan. Pohon ini banyak terdapat di Amerika dan Canada yang menghiasi halaman rumah dan sepanjang jalan di kota dan desa. Pohon ini memang perlu penanganan khusus karena sering diserang sekelompok serangga. Serangga tersebut memakan kayu pohon dan mengikisnya sampai pohon tersebut mati.

Sumber: wood-database,

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: