komposit

Material Komposit

Salah satu candaan kami di desain produk terhadap pengolahaan material adalah material apapun dapat dijadikan komposit. Pembuatan material dengan tipe ini dianggap cara paling akhir dalam pengembangan material. Namun demikian teknologi dalam pembuatan komposit nyatanya cukup luas, mulai dari yang paling sederhana hingga yang kompleks. Pengolahan ini padaha akhirnya menentukan kualitas material akhir yang dihasilkan.

Material komposit merupakan material gabungan antara dua unsur. Unsur utama pembuat material ini biasanya adalah material utama dan material pengikat. Material utama dan pengikatnya ini biasa disebut matrix dan penguat dan atau filler. Penggabungan dua material ini menghasilkan material baru yang memiliki karakteristik yang baru. Dalam banyak kasus, material jenis ini jauh lebih kuat dibandingkan material pembentuknya.

Coran beton atau semen merupakan salah satu contoh komposit yang sering kita temui dalam pembuatan bangunan. Rangka besi yang di isi dengan semen yang merupakan campuran antara air, semen dan pasir adalah salah satu contoh pembuatan material ini. Selain itu telinga kita mungkin cukup akrab dengan material fiber glass. Fiber glass merupakan jenis material gabungan antara fiber dan resin. Fiber glass memiliki komposisi dan jenis yang cukup banyak dan terus didevelop. Beberapa jenis fiber glass bahkan digunakan oleh pesawat terbang untuk dijadikan komponen.

3 Tipe Utama Material Komposit

Secara umum composite material terbagi atas 3 jenis. Berbagai jenis material ini banyak kita temui disekitar kita.

Partikel

Material ini dibuat dengan menggunakan serbuk atau partikel sebagai penguat. Serbuk atau partikel tersebut disatukan dengan matrix-matrix tertentu sebagai adonan. Campuran antara matrix dan penguat ini biasanya menghasilkan material baru yang keras. Salah satu contohnya adalah partikel board.

Laminasi

Material ini dihasilkan dari membuat lapisan-lapisan dari bahan-bahan tertentu sebagai penguat. Untuk memperkuat lapisan ini digunakan matrix sebagai bond. Lapisan-lapisan ini direkatkan biasanya dengan teknik press. Dalam dunia persenjataan salah satu contoh material ini adalah micarta dan G10. Dalam dunia perkayuan, triplek dan multiplek adalah contoh material laminated composite.

Serat

Fiberglass merupakan salah satu contoh material yang dibuat dari serat kaca yang diperkuat dengan resin. Material ini dibuat biasanya dengan cara pengepressan dan vakum. Resin sebagai bond atau matrix kemudian ditimpa serat kaca lalu dibalur dengan resin lagi.

WhatsApp chat
%d bloggers like this: