https://i.ytimg.com/vi/bKPW8NyEk2w/maxresdefault.jpg
Kayu,  Material

Mesin-Mesin Industri Kayu Olahan

Salah satu tujuan pemerintah dalam menutup ekspor kayu Log atau kayu Bulat adalah untuk meningkatkan industri kayu olahan dalam negeri. Tentu saja dengan adanya industri pengolahan kayu, bisa menciptakan usaha baru yang dapat menyerap tenaga kerja. Selain itu, jika kayu sudah diolah maka nilai harga jual pun akan lebih tinggi.

Dalam setiap industri pengolahan kayu tentunya akan meninggalkan sisa atau limbah pemotongan. Limbah tersebut bisa dimanfaatkan kembali dengan cara didaur ulang. Seperti dijadikan bubur kertas, triplek dan kerajinan kayu lainnya.

Negara-negara di Asia dan Eropa juga lebih senang untuk membeli kayu yang sudah diolah. Karena jika sudah diolah, pembuatan barang kerajinan ataupun furniture bisa lebih cepat.

Dewasa ini, untuk membuka usaha kayu olahan terbilang cukup mudah. Hal itu karena sudah tersedia alat-alat modern yang dapat memudahkan setiap pekerjaannya. Sehingga tak perlu lagi dikerjakan secara manual.

Berikut ini Mesin-Mesin Pengolahan Kayu

  1. Chainsaw atau Mesin Gergaji

Mesin gergaji merupakan alat utama dalam semua industri yang berhubungan dengan kayu karena bisa melakukan pemotongan dengan cepat. Proses kerja mesin juga sangat mudah untuk dioperasikan sehingga selalu menjadi pilihan utama untuk memotong kayu. Harga mesin gergaji juga sangat terjangkau dan bisa dioperasikan 1 orang. Penggunaan mesin juga lebih hemat karena bisa digunakan selama 20 jam dari satu tangki bahan bakar.

https://hgcdn82.azureedge.net/qs_ver=00000000T000000&hcsh=4BAA70A4864AEC77E88BD4EB0AE5F1FFF7B01640/_$$_/media/damroot/husqvarna/forest%20chain%20saws%20electric%20saws%20power%20cutters%20and%20saw%20mills/chain%20saws/studio/h110-01xx/h110-0149.ashx

  1. Mesin Belah Kayu

Banyak sekali jenis mesin belah kayu untuk memotong bidang lurus maupun miring serta untuk menguliti pohon. Mesin belah yang banyak digunakan dalam industri pengolahan kayu diantaranya Table Band Saw yang memiliki meja sebagai tempat kayu yang akan dipotong. Selain itu, ada juga mesin belah dengan ukuran untuk menyesuaikan ketebalan kayu yang akan dipotong. Masih ada lagi mesin belah lainnya dengan gergaji panjang secara vertikal untuk mengiris kayu agar lebih halus dan presisi.

https://www.daftarhargamesin.com/wp-content/uploads/2017/02/Harga-Mesin-Pemotong-Kayu.jpg

  1. Mesin Pengering Kayu

Mesin pengering kayu juga sangat dibutuhkan untuk menunjang proses dalam pengolahan kayu agar lebih cepat untuk dipotong dan dibelah. Mesin ini sangat penting, dalam industri, terutama untuk jenis kayu keras yang membutuhkan waktu yang lama aga bisa benar-benar kering dan bisa segera diproses. Tentu saja agar bisa menghasilkan kayu yang berkualitas tinggi, maka harus menggunakan kayu yang sudah kering dengan memperhatikan kadar airnya.

http://www.aliffurniturejepara.com/wp-content/uploads/2017/01/pengering-3klt1.jpg

  1. Double Planer atau Mesin Serut

Kemampuan mesin Double Planer bisa menyerut atau menghaluskan kedua sisi kayu secara bersamaan sehingga menghasilkan sisi yang sejajar dan juga atas bawah. Tentu saja proses untuk menghasilkan kayu yang sejajar bisa lebih mudah dan cepat sehingga sangat efisien dalam proses pengerjaan maupun menghemat waktu.

https://static.wixstatic.com/media/8179fe_c8280ee4cac54a4b936abf680db85d9b~mv2.png/v1/crop/x_74,y_27,w_795,h_624/fill/w_562,h_442,al_c,usm_0.66_1.00_0.01/8179fe_c8280ee4cac54a4b936abf680db85d9b~mv2.png

  1. Multi Ripsaw

Mesin Multi Ripsaw mampu melakukan pekerjaan untuk memotong kayu menjadi beberapa ukuran dalam satu kali proses. Tentu saja beberapa pekerjaan bisa dilakukan sekaligus untuk penghematan tenaga dan waktu sehingga proses pembelahan kayu lebih efektif.

http://graudspi.com/files/multi_rip_saw_rzd-350_3_27afc.jpg

  1. Single Ripsaw

Sedangkan mesin Single Ripsaw berfungsi untuk melakukan pembelahan kayu agar bisa lurus dan presisi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Tentu saja hasil pemotongan sangat akurat untuk menghasilkan kayu yang lurus tanpa harus menggunakan alat pengukur manual.

https://www.google.co.id/search?q=Single+Ripsaw&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiElJHT9sLbAhUEfCsKHX5vDu0Q_AUICigB&biw=1280&bih=630#imgrc=uxkR7XH6iwxRAM:

Hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam industri pengolahan kayu yaitu untuk selalu melakukan pengecek dengan gergaji yang digunakan. Hal ini karena faktor gergaji yang tumpul akan mempengaruhi kinerja akan hasil pemotongan dan membuat mesin bekerja lebih keras serta cepat rusak. Masih banyak lagi peralatan lainnya yangdibutuhkan untuk industri kayu olahan, seperti mesin penghancur kayu, mesin pengolah serbuk kayu dan lainnya.

Sumber : Klikteknik.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: