kerajinan rotan
Material,  Rotan

Pelatihan Kerajinan Rotan Kalimantan Timur

Kerajinan Rotan merupakan salah satu produk UKM unggulan yang ada di Kalimantan Timur sebagai salah satu produsen dan eksportir rotan terbesar di Indonesia. Namun demikian hingga kini produk-produk kerajinan tersebut banyak mengalami kendala saat memasuki pasar. Hal ini sangat disayangkan karena sebagai supplier rotan ketersediaan bahan baku sangat melimpah. Salah satu yang jadi perhatian pemerintah adalah kurangnya kualitas desain produk yang dimiliki oleh produk-produk kerajinan tersebut. Oleh karena itu pemerintah mengundang kami untuk membantu menemukan solusi dan memberikan pelatihan desain produk kepada pengrajin lokal.

Kalimantan Timur memiliki banyak potensi kekayaan sumber daya alam yang telah dimanfaatkan oleh masyaraktnya sejak dahulu. Salah satu pemanfaatkan sumber daya tersebut adalah dengan membuat berbagai kerajinan yang memiliki nilai jual. Kerajinan dari daerah ini sejatinya telah mampu mengangkan perekonomian lokal daerah setempat. Meski demikian banyak hal yang perlu di evaluasi dan perlu ditingkatkan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar yang dinamis. Kerajinan lokal yang telah dilakoni perajin kini menghadapi kenyataan penurunan permintaan disebabkan berbagai faktor. Salah satu faktor yang dominan adalah desain produk yang monoton, sehingga dari waktu kewaktu menggerus demand terhadap produk-produk kerajinan mereka.

 

Pelatihan Kerajinan Rotan

Selama hampir satu minggu para perajin dari berbagai daerah Kalimantan Timur dikumpulkan untuk diberikan seminar dan pelatihan tentang desain produk. Dengan berbagai materi yang bermanfaat, kami bersama-sama berdiskusi serta membuat berbagai prototype yang dianggap potensial untuk kemudian dikembangkan dimasa yang akan datang. Salah satunya adalah membuat berbagai produk dengan mix material dan desain-desain  yang minimalis dan sleek sesuai dengan demand pasar saat ini.

Lihat juga : Ini dia photo-photo pelatihannya

Tim kami yang terdiri dari pembicara dan para mentor menjalin pembicaraan yang kondusif sehingga mampu menggali lebih dalam potensi skill perajin. Kemampuan perajin yang mumpuni serta pikiran terbuka pada akhirnya juga menjadi salah satu faktor kunci dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin berat dimasa yang akan datang.

Potensi perajin, kerajinan dan sumber daya alam di Kalimantan Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya sangatlah besar. Namun demikian kini hal tersebut perlu terus ditingkatkan mengingat kompleksnya faktor yang perlu diperhatikan. Sehingga produk-produk lokal kita mampu menghadapi daya saing dipasar global dimasa-masa selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: