Desain,  Pengetahuan

Merbabu Coffee Maker

Hingga saat ini Kopi telah menjadi komoditas penting yang diproduksi dan dipasarkan keseluruh Dunia. Kopi yang dikenal berasal dari Ethiopia menyebar keseluruh dunia melalui etimologi bangsa Arab yaitu Qahwah قهوة‎ yang berubah jadi Kahveh oleh bangsa Turki dan berubah jadi Coffee oleh Prancis. Cerita, penelitian dan khasiat Kopi di dunia sudah berkembang sangat pesat dan beragam seiring kepopulerannya dari kalangan kaya hingga masyarakat paling bawah.

Di Indonesia sendiri, kopi yang dibawa oleh penjajah Belanda juga semakin populer, mulai dari pertanian hingga cafe-cafe yang menspesiali

asi diri sebagai pengolah kopi seakan-akan menjadi lini tersendiri dalam menggenjot perekonomian Indonesia.

Masih fresh diingatan kita bagaimana Jokowi sebagai presiden pada hari kopi sedunia yang dirayakan 29 september yang lalu berkeinginan memajukan komoditas ini jadi salah satu komoditas penting dari Indonesia untuk dipasarkan keseluruh dunia.

Melalui DDS atau Designer Dispatch Service yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan saya sebagai salah satu Designer Produk yang di tunjuk untuk mengembangkan potensi daerah khususnya Boyolali merasa cukup tepat untuk mengambil pengelohan kopi sebagai inspirasi pengembangan produk dengan melahirkan Merbabu Coffee Maker.

Dengan latar belakang industrialis dan pengolahan material logam Boyolali khususnya didaerah Tumang-Cepogo merupakan daerah yang cocok karena sudah terkenal akan keahliannya dalam pengolahan material logam. Bekerjasama dengan industri porcelain yang berada di Ampel masih di kabupaten Boyolali saya memutuskan untuk mengkombinasikan kedua material tersebut menjadi satu produk.

Berbeda dengan industri kelas manufaktur, pengembangan produk ini tentunya perlu adjustment diberbagai aspek, karena produk yang kami kerjakan mengandung unsur sains dan teknologi terapan yang jauh berbeda dari apa yang biasa dikerjakan perajin Cepogo. Meskipun keseharian mereka mengerjakan berbagai produk dekoratif dan artistik saya yakin mereka dapat dinaikkan ke level selanjutnya karena pada dasarnya attitude dalam bekerjalah yang paling penting.

Besar 2

Secara konsep visual, Merbabu Coffee Maker mengambil Gunung Merbabu yang tampak jelas dari Ampel maupun Cepogo sebagai inspirasi. Sedangkan secara teknis merujuk pada Syphon Coffee maker dari belgia dan distilasi minuman dari Amerika. Hal tersebut menjadikan produk ini unik sebagai salah satu yang dapat merepresentasikan pekerjaan industrial designer.

Lihat Juga: Tipe-Tipe Gergaji

Penggunaan material tembaga pada produk ini sangat cocok. Karena memang tembaga sudah terkenal dari dulu baik untuk distribusi dan pengolahan air. Dibalik itu dengan target market jazirah Arab dan Amerika yang akrab dengan penggunaan material logam dalam kesehariannya. Selain itu ditambah aksen porcelain diharapkan membuka potensi perajin Boyolali mendapatkan market-market tersebut.

Desain ini terdiri dari 2 jenis. Pertama merupakan set yang simple dan complete set yang terdiri dari cangkir dan toples untuk kopi gula dan krim. Keduanyaa masih dalam tahap pengembangan selanjutnya dan sudah mencukupi target. Selantjutnya dipamerkan esok Rabu 11 Oktober 2017 di booth DDS pada TEI (Trade Expo Indonesia). Acara ini merupakan perhelatan Kementerian Perdagangan dari tahun ketahun.

Temukan produk kami pada Trade Expo Indonesia di booth DDS Kementerian Perdagangan. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 11-15 Oktober nanti yang diselenggarakan di ICE BSD.

TEI

2 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: