Senjata Tradisional

Siwar Senjata Tradisional Bangka Belitung

siwar-bawah1

Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil lainnya. Begitu banyak kebudayaan yang lahir dari daerah ini. Mulai dari tarian, pakaian, rumah adat hingga senjata tradisional. Salah satu senjata tradisionalnya adalah Siwar.

Siwar merupakan senjata tradisional yang mirip dengan senjata Golok. Dilihat dari segi ukuran kita bisa membedakannya, ada Siwar yang berbentuk panjang dan Siwar berbentuk pendek.

Siwar panjang bentuknya hampir menyerupai senjata Mandau Kalimantan Barat, namun memiliki perbedaan yaitu tidak bengkok. Siwar bentuknya rata, lurus, pipih dan ringan jika diayunkan. Senjata ini memiliki fungsi untuk pertarungan cepat jarak dekat.

Dilihat dari segi ukuran, panjang, ketebalan dan beratnya pun dirancang khusus disesuaikan dengan penggunaanya. Selain itu Siwar juga memiliki keistimewaan lainnya, seperti Siwar panjang, secara khusus dirancang memiliki dua mata sisi yang tajam seperti silet dan digunakan untuk pertempuran pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Siwar pendek memiliki panjang seukuran Keris. Pada bagian ujungnya memiliki bentuk yang runcing. Senjata ini dirancang khusus untuk pertarungan jarak dekat dan digunakan untuk menusuk lawan. Bagian tengah senjata tradisional ini memiliki lengkungan yang berfungsi untuk merobek. Siwar jenis ini sangat tajam dan memiliki ketebalan yang tipis.

Sumber: Tradisikita, Wisata Indonesia,

2 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: