Spesialisasi

Spesialisasi

Tidak ada orang yang dapat menguasai berbagai hal dalam kurun waktu yang pendek dalam hidupnya. Oleh karena itu setiap orang harus mengambil sebuah fokus untuk ditekuni. Demikian pula dalam dunia keprofesian. Spesialisasi bahkan menjadi turunan lebih detail dari apa yang ada dalam bidang yang ia geluti.

Demikian pula dalam dunia desain produk yang cukup luas. Seorang desainer produk tidak dapat menguasai semua bidang karena dapat dipastikan setiap desainer memiliki kecenderungan tertentu. Dalam perkuliahan desain produk di strata satu, calon desainer dibekali berbagai pengetahuan dasar untuk menjadi seorang desainer. Namun spesialisasi baru akan dipilih oleh seorang desainer produk pada dunia kerja atau pendidikan strata lebih lanjut.

Seorang desainer produk bahkan dapat memilih menjadi akademisi atau praktisi dalam skala yang lebih general. Meskipun menggabungkan keduanya cukup memungkinkan, namun memilih menjadi salah satunya adalah pilihan yang tidak pula salah.

Desain Tools dan Persenjataan Sebagai Spesialisasi dalam Desain Produk

Di Indonesia yang memiliki berbagai tempat pilihan untuk perkuliahan desain produk tidak banyak yang langsung memfokuskan pada suatu sub bidang desain. Sehingga calon desainer yang pada jenjang perkuliahan strata satunya harus menempa keilmuan yang dimilikinya didalam dunia profesional. Hal ini bukan kesalahan sistem pendidikan yang ada di Indonesia, namun karena kondisi bidang pekerjaan yang ada maka dibuat sedemikian rupa.

Sub bidang desain produk terdiri hingga belasan bidang pekerjaan. Furniture, kitchenware dan Apparel merupakan sub bidang yang paling banyak diambil oleh desainer yang memilih untuk menjadi wirausahawan. Sedangkan Apparel dan Otomotif merupakan bidang pekerjaan yang cukup banyak disediakan industri di Indonesia yang diambil oleh desainer produk. Sedangkan spesialisasi di bidang pembuatan tools dan persenjataan masih sedikit yang menggelutinya.

Persenjataannya sejatinya merupakan tools untuk bertahan hidup. Bahkan dalam dunia persenjataan tidak semua jenis senjata digunakan sebagai alat konfrontasi pada lawan. Sebagian jenis persenjataan digunakan dalam kondisi konfrontasi dengan binatang bahkan juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengolah bahan makanan atau bidang pekerjaan tertentu.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: