Perkakas dan Mesin

Perkakas dan Mesin

Perkakas atau peralatan telah membantu manusia bahkan sebelum peradaban manusia yang advance dimulai. Berbagai benda yang dijadikan alat telah berperan penting dalam kehidupan manusia. Peralatan tersebut dikembangkan berdasarkan kebutuhan yang harus dipenuhi. Dari waktu ke waktu peralatan semakin kompleks, paralel dengan kompleksnya kebutuhan manusia.

Mesin adalah pengembangan peralatan untuk mencapai kekuatan, efisiensi dan range dari pekerjaan yang biasa atau tidak dapat dikerjakan dengan mengandalkan kekuatan fisik manusia. Mesin turut berkembang mulai dari yang tradisional hingga keperalatan yang dilengkapi dengan elektronika dan IT seperti saat ini. Seakan-akan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern, mesin turut serta berkembang dan mengembangkan kualitas kehidupan manusia.

Kategori peralatan dapat menjadi pembahasan yang sangat luas. Hampir semua benda atau produk yang digunakan oleh manusia dapat disebut sebagai alat. Namun demikian dalam pembahasan di website saya ini, saya membatasi pada peralatan untuk produksi dan prototyping pada bidang spesialisasi saya secara pribadi. Batasan tersebut adalah profesi saya sebagai desainer produk, dan spesialisasi saya pada material logam dan persenjataan.

Perkakas dan Mesin dalam Mendesain Produk

Peralatan dan permesinan dalam yang digunakan dan dibuat oleh desainer produk juga tentunya sangat luas. Peralatan tersebut mulai dari peralatan untuk riset hingga produksi massal. Bahkan fokus pada sub bidang desain produk sendiri masing-masing profesi turunan dari desain produk merupakan kegiatan mendesain peralatan. Karena profesi desain produk pada dasarnya merupakan profesi untuk menciptakan produk atau peralatan itu sendiri.

Peralatan diciptakan oleh manusia untuk memberikan solusi, kemudahan dan kesempatan dalam memecahkan suatu masalah. Misalnya kapak, diciptakan untuk memecahkan kesulitan dalam membelah kayu. Kursi diciptakan untuk mengatasi persoalan ergonomi manusia untuk duduk, dan seterusnya. Pembuatan perkakas dan mesin memiliki motivasi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh manusia.

Dalam mendesain sebuah produk, dibutuhkan banyak peralatan. Range peralatan yang dibutuhkan desainer produk dalam kegiatan mendesain cukup luas. Mulai dari alat tulis hingga alat pengujian produk. Bahkan peralatan tersebut dapat pula berbentuk metoda-metoda tertentu yang digunakan oleh desainer dalam mendesain sebuah produk.

Pada blog ini pembahasan tentang peralatan dan permesinan dibatasi pada kegiatan-kegiatan yang menyangkut produksi dan pengolahan material tertentu. Pembahasan-pembahasan akan difokuskan pada peralatan untuk pembuatan prototype, peralatan pengolahan material kayu, bambu, rotan dan logam.

Perkakas dan Mesin

Kategori peralatan berdasarkan intensitas effort manusia

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, peralatan dibuat untuk memberikan manusia efisiensi dalam memecahkan permasalahan tertentu. Tingkatan efisiensi dan kapasitas keturutsertaan manusia dalam pengoperasiannya dapat di lihat pada kategori berikut

Manual

Pada kategori ini intensitas fisik manusia dalam pengoperasian produk sangat dominan. Penggunaan alat dengan tipe manual dapat menguras energi dan menuntuk skill tertentu pada penggunaannya. Seringkali penggunaan alat manual ditujukan untuk mendapatkan detail terntu atau tidak tersedianya peralatan jenis yang lain dilingkungan sekitarnya untuk melakukan kegiatannya.

Mekanik

Peralatan mekanik telah menerapkan berbagai prinsip teknik yang dapat meringankan pekerjaan yang biasanya dilakukan manusia secara manual. Penggunaan prinsip-prinsip mekanika dan fisika dasar memberikan kekuatan tertentu pada peralatan jenis ini. Misalkan bor tangan tanpa mesin, atau timba air dengan menggunakan pulley.

Elektronik

Elektronika banyak merevolusi kegiatan manusia termasuk pada peralatan produksi yang digunakan oleh manusia. Peralatan elektronik muncul akibat revolusi energi terutama listrik. Peralatan-peralatan kerja produksi yang menggunakan listrik didominasi oleh penggunaan motor atau dinamo pada komponennya.

Automatik

Komputerisasi lebih jauh memberikan keuntungan lebih besar terhadap peralatan yang menggunakan eletronik dan mekanik. Peralatan dan permesinan yang menggunakan automisasi di trigger dan dikontrol dengan menggunakan coding-coding sehingga menambah efisiensi dan kedetailan pekerjaan manusia.

Hampir tidak ada kegiatan line produksi yang fokus hanya menggunakan satu jenis perkakas dan mesin. Dalam proses pembuatan prototype maupun produksi massal, kita membutuhkan berbagai peralatan dari berbagai kategori. CNC digunakan pada proses pembentukan awal, sedangkan peralatan manual digunakan untuk finishing.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: