Persenjataan

Persenjataan

Selama ada perbedaan disana ada pula kemungkinan terjadi konflik. Agaknya bukan hanya kedewasaan dan kebijaksanaan yang perlu muncul agar friksi intra personal maupun kelompok. Namun saling hormat menghormati dalam batas-batas yang telah ditentukan dipercaya membantu memulihkan ketegangan antara pihak-pihak yang sedang bertikai. Meskipun demikian, dalam situasi damai pun kejahatan bisa muncul karena anomali yang tidak terdeteksi. Dengan demikian selain menyiapkan fisik, persenjataan pun kadang diperlukan.

Baik hukum nasional maupun internasional telah diciptakan untuk mengatasi permasalahan antar negara. Namun berbagai hal yang sebagian menjadi rahasia umum menyebabkan perubahan pola persaingan antara kelompok, termasuk negara.

Peperangan yang dahulu merupakan konflik fisik secara terbuka kini telah banyak berubah. Perang dengan menggunakan persenjataan yang tingkat destruktifnya kecil berubah menjadi perang dingin. Perang dingin berubah menjadi perang urat saraf kemudian berubah menjadi perang asimetris.

Persenjataan

Persenjataan untuk mempertahankan kedamaian

Sebagian negara memamerkan kekuatan militer dan persenjataan untuk mendeklarasikan kekuatannya. Dengan cara ini negara tersebut memberikan warning secara terbuka kepada lawan-lawannya agar tidak mengganggu kedaulatan negara tersebut.

Latihan perang baik internal suatu negara maupun antar negara-negara yang bersekutu merupakan salah satu upaya agar negara-negara tersebut tetap aman. Namun demikian sebagian negara maju justru tidak memperlihatkan kekuatan militernya pada negara lain. Meski demikian negara tersebut menjadi bagian dari suplier persenjataan diberbagai wilayah konflik perang terbuka.

Selain itu negara-negara maju dengan keamanan dan tingkat sosial yang dinilai advance berusaha tidak mengotori tangannya secara langsung dengan konflik. Tetapi menyediakan sekutunya sebagai bumper. Sekutu-sekutu tersebut diikat dengan perekonomian maupun perjanjian politik.

Kompleksitas peperangan saat ini cukup tinggi. Secara eksplisit konflik terjadi hanya didaerah-daerah tertentu. Meskipun dalam kenyataannya konflik terjadi dibelakang layar antara banyak kelompok. Sehingga penjaminan keamanan dengan persenjataan berdasarkan fungsi dan aturan tertentu tetap diperlukan.

Persenjataan disatu sisi lain sering menjadi salah satu media yang dapat membuka inovasi-inovasi tertentu yang kemudian hari dapat digunakan secara luas oleh umum. Seperti hal-nya handphone yang telah dikembangkan jauh lebih awal sebelum produk tersebut digunakan secara luas oleh publik.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: