pisau

Pisau

Siapa yang tidak kenal dengan pisau. Dari ibu-ibu hingga prajurit militer menggunakan pisau dalam kegiatannya. Produk ini merupakan salah satu produk yang telah dikenal sejak lama. Pisau batu bahkan ditemukan di Solingen sebagai salah satu peninggalan prasejarah. Dari zaman dahulu produk ini telah digunakan oleh manusia untuk membantu kegiatannya.

Pisau merupakan peralatan yang dapat pula digunakan sebagai senjata dalam sebuah konflik. Sebagai persenjataan produk ini dikategorikan sebagai senjata tajam. Benda ini telah digunakan dari dahulu untuk menkonfrontasi, atau peralatan membela diri dalam situasi tertentu. Bahkan banyak dari jenis produk ini zaman dahulu disertai dengan cerita-cerita magis sesuai kebudayaan daerah setempat.

Pisau Produk Teknologi Peralatan Manusia

Barangkali tidak semua dari kita mengetahui bahwa benda ini juga merupakan sebagai salah satu benchmarking dari perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang dikembangkan pada benda ini adalah teknik material dan juga artistik.

Perkembangan teknologi perpisauan tidak luput dari kegiatan manusia yang membutuhkan material yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dari penggunaan batu, perunggu, tembaga, kuningan, besi, baja, titanium hingga keramik produk ini semakin berkembang dan disesuaikan dengan penggunaannya.

Mungkin ibu-ibu biasa menggunakan benda tajam ini yang terbuat dari material baja tahan karat atau stainless steel, namun kini juga telah tersedia berbagai produk peralatan dapur rumahan dengan bahan keramik. Bahan pisau dari keramik terkenal tidak perlu di asah dan tetap tajam cukup lama. Sementara itu angkatan udara laut lebih sering menggunakan senjata tajam yang terbuat dari titanium karena tidak dapat dipengaruhi air laut.

Pengembangan material untuk benda ini seperti penggunaan material baja komposit bahkan menginspirasi pesawat luar angkasa menggunakan material-materialnya. Kekuatan, keliatan hingga durabilitas yang dikembangkan para blacksmith akhirnya juga banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang lain.

Pisau Sebagai Senjata Yang Mematikan

Hampir disetiap daerah diseluruh dunia memiliki pisau tradisionalnya sendiri. Produk-produk tersebut bahkan dibuat spesifik untuk kegiatan tertentu didaerah tersebut. Selain itu berbagai desain tersebut juga merespon karakter beladiri dan militer daerah tempat asalnya.

Desain produk-produk yang dibuat untuk konflik seringkali mengemban tugas agar dapat memberikan solusi secara instan. Sehingga banyak dari bentuknya dirancang untuk melukai bahkan menghilangkan nyawa musuh dalam sekejap.

Salah satu pisau yang terkenal dari Indonesia adalah Karambit. Benda ini dirancang untuk digunakan pada silat harimau dari Sumatera Barat. Dalam jurus-jurus silat ini, penggunaan Karambit ditujukan untuk melukai musuh secara fatal bahkan dapat menghilangkan nyawa musuh dengan baik.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: