Senjata Tradisional

Badik Lompo Battang

Badik Lomo Battang adalah salah satu senjata khas yang digunakan para pejuang kerajaan Goa dan Talo dan terus di lestarikan oleh orang-orang Bugis dan Makassar- Sulawesi Selatan. Senjata ini bukan hanya sebagai alat untuk bertarung tetapi sudah menjadi bagian dari jiwa mereka sehingga sering dibawa dalam kesehariannya.

A post shared by Asyraaf (@asyraaf.ahmadi) on

 

Lihat Juga: Senjata Alamang Dari Sulawesi Selatan

Pada dasarnya Badik Lompo Battang adalah pisau dengan sebuah sisi tajam dengan ukuran hingga 30cm. Salah satu keunikan dari Badik adalah gagangnya yang menyerupai pistol karna dari hilt langsung melengkung. Hal ini tentunya berkaitan dengan cara penggunaannya dalam pertarungan.

Bentuk Badik Lompo Battang

Gagang badik bisanya dibuat dari kayu, gading atau tanduk yang dihiasi berbagai ukiran khas yang dipadu dengan baik. Bilah Badik banyak yang dibuat dengan pamor atau tempaan tertentu sehingga tampak seperti ornamen yang indah. Badik digunakan untuk menikam dan menyayat dalam pertarungan sehingga ketajaman menjadi salah satu hal yang penting dalam desain Badik. Sarung Badik terbuat dari kayu yang lebih lunak agar tidak merusak mata Badik tersebut. Bagian luar dari sarung juga seringkali dihiasi dengan material logam lain yang diukir dengan ukiran-ukiran tanaman dan tidak jarang ditemui juga ditambahkan batu mulia.

Badik Lompo Battang merupakan salah satu jenis Badik yang ada di Makassar. Lompo Battang sering kali diartikan sebagai perut gendut, hal ini disebabkan bentuk bilah badik yang menggendut pada bagian matanya. Badik tertua dari Jenis ini konon sudah berumur lebih dari 800 tahun.

Asyraaf & Hadian

Sumber : D ZargonBadik SulawesiGoedang JadoelDunia Kesenian

3 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: