Beliung Gigi Gledek
Senjata Tradisional

Senjata Beliung Gigi Gledek

Jakarta adalah sebuah Kota metropolitan yang dihuni oleh sepuluh juta jiwa lebih penduduk. Di sini berbagai suku bangsa hadir dari seluruh penjuru negeri untuk tinggal, bertahan hidup, belajar dan lainnya. Namun masih ingatkah anda tentang suku asli yang berasal dari sini. Suku betawi adalah suku bangsa yang umumnya bertempat tinggal di Jakarta. Suku ini memiliki berbagai kebudayaan yang khas, seperti senjata tradisional. Rotan, Piso Raut, Beliung Gigi Gledek dan Golok, merupakan salah satu contohnya.

Nah yang akan dibahas kali ini senjata Beliung Gigi Gledek. Senjata ini memiliki kegunaan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya untuk menebang pohon, memecah kelapa dan lainnya.

Lihat Juga: Senjata Arit Yang Berasal Dari Suku Sunda

Beliung Gigi Gledek

Beliung adalah sejenis kapak dengan mata menyilang kearah gagang pegangannya. Pada umumnya digunakan sebagai perkakas untuk membuat kayu. Senjata ini merupakan jenis kapak dengan mata kapak terbuat dari batu. Proses pembuatan senjata ini menggunakan teknik pembuatan senjata peninggalan zaman batu baru di Betawi.

Gigi gledek ini ditemukan di daerah Condet melalui penggalian yang dilakukan pada tahun 1970-an. Hal itu diperkuat dengan peninjauan arkeologis yang menunjukan bukti bahwa saat itu Condet telah dihuni orang. Beberapa tokoh yang diketahui pernah menggunakan ini sebagai senjata andalannya adalah Batara Katong (Wak Item).

Sumber: Budaya Jawa, GPS Indonesia, Boombastis, Ambarazmi, Berita Timur.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: