Senjata Tradisional

Bendo Senjata Khas Jawa

Bendo, perkakas atau senjata ini berasal dari daerah Jawa. Di daerah lainnya ada yang menyebut Bendo dan Golok adalah benda yang sama. Padahal nyatanya kedua alat tersebut berbeda.

Perbedaan Bendo dan Golok adalah Bendo lebih pendek dan lebih lebar penampangnya dibandingkan Golok. Senjata ini sebenarnya merupakan alat dapur yang biasanya digunakan untuk memotong daging yang bertulang ataupun menggiris benda lain yang membutuhkan tenaga besar.

Bendo 4.21

Bentuk Bendo

Bendo adalah pisau bermata satu yang memiliki masa tidak ringan. Hal ini berguna untuk daya potong yang lebih besar daripada pisau biasa. Anatomi dari senjata ini terdiri dari bilah (wilah) yang terbuat dari campuran besi dan baja. Biasanya bahan baku yang umum digunakan oleh pengrajin golok di Jawa saat ini adalah lempengan per bekas mobil karena lebih mudah dan cenderung murah. Gagang dan sarungnya biasanya terbuat dari bahan kayu.

Lihat Juga: Senjata Yang Masih Esksis Hingga Kini Di Jawa Barat

Senjata ini adalah sejenis pisau yang umum dijumpai di Jawa. Fungsinya beragam mulai dari alat potong di dapur, membelah bambu, hingga sebagai pemotong kayu bakar. Pada zaman dahulu bisa dikatakan hampir setiap rumah khususnya di pedesaan memiliki perkakas ini.

Berikut ini kami tambahkan 3D produk ini sebagai referensi image bagi anda secara 360º :

Bentuknya yang runcing di ujung juga bisa digunakan untuk menggali umbi-umbian di tanah. Bahkan alat ini bisa digunakan baik oleh pria maupun wanita.

Saat berkemah alat ini, mempunyai banyak fungsi di antaranya bisa dijadikan pemukul pasak, memotong tali, sampai membantu untuk membuat parit. Tetapi mungkin sebagian orang menganggap bentuk dan ukuran senjata ini dianggap kurang efektif untuk berkegiatan di luar ruang.

Sumber: Wikipedia, Kecanduan Cahaya, Kaskus.

One Comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: