Senjata Tradisional

Bionet, Senjata yang Ujungnya Berbentuk Runcing

Soal kebudayaan, Jawa Timur sudah tak perlu diragukan lagi. Provinsi  yang berada di bagian timur Pulau Jawa ini begitu banyak melahirkan kebudayaan. Mulai dari rumah adat Joglo, pakaian adat, tari Reog hingga senjata tradisional Bionet misalnya.

Sama seperti senjata tradisional Buding, Senjata ini tidak terlalu dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus mengetahui tentang kebudayaan, dalam hal ini khususnya senjata tradisional agar bisa melestarikannya.

Bionet adalah salah satu senjata yang berasal dari Jawa Timur. Menurut beberapa literatur senjata ini banyak ditemukan di daerah Lenteng, Sumenep.

Lihat Juga: Senjata Indonesia Yang Mendunia

Senjata tradisional ini memiliki bentuk lurus dan panjang seperti pedang. Jika dilihat tidak terlalu tajam, tetapi senjata ini mempunyai ujung yang runcing dibandingkan dengan senjata lainnya.

Pada zaman dahulu masyarakat menggunakan senjata tradisional ini ketika berperang. Mengapa demikian? karena senjata ini memiliki ujung yang runcing, sehingga mereka menggunakannya untuk menusuk musuh atau untuk membela diri.  Namun pada perkembangannya, Bionet juga memiliki fungsi sosial bagi masyarakat Jawa Timur.

Sumber:

Wikipedia, Lentera Hidup, Kerisku.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: