https://gpswisataindonesia.files.wordpress.com/2015/03/1facd-20130613-113205_nv310506nvasy_22066-440x280.jpg
Senjata Tradisional

Condroso, Senjata Kaum Hawa

Kaum hawa pada zaman dahulu khususnya di darah Jawa terkenal sebagai sosok yang mandiri, tangguh dan bisa menjaga diri sendiri. Dari segi penampilan pun kita bisa melihat, seringkali mereka menggunakan konde lengkap dengan tusukannya.

Namun tahukah anda? ternyata tusuk konde yang dipakai kaum wanita tempo dulu memiliki kegunaan lain yaitu sebagai senjata tradisional, Condroso namanya. Senjata kecil yang berfungsi sebagai tusuk konde ini bisa menjadi senjata yang mematikan dan sebagai senjata tikam yang digunakan pada saat lawan sedang dalam keadaan lengah.

Condroso

Penggunaan Condroso

Senjata tradisional ini lazimnya digunakan oleh seorang wanita yang ditugaskan sebagai mata-mata (telik sandi). Pemakaiannya dengan cara diselipkan di sanggul sehingga tidak diketahui oleh musuh. Kemudian ketika lawannya terlihat lengah, senjata ini bisa digunakan untuk mematikan.

Senjata rahasia kaum wanita ini terbuat dari besi dengan ujungnya yang tajam sehingga bisa melukai orang. Untuk itu disarankan berhati-hati pada saat menggunakannya. Selain itu Condroso ini tidak digunakan pada saat pertempuran terbuka, namun digunakan pada saat keadaan darurat saja. Senjata ini khususnya digunakan untuk menjaga harkat dan martabat kaum wanita.

Menurut beberapa sumber, senjata tradisional Condoroso ini berasal dari daerah Jawa Tengah tetapi ada juga yang menuturkan berasal dari Yogyakarta.

 Sumber: Baabun, Tradisi Kita, GPS Wisata Indonesia, Adat Tradisional.

One Comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: