Keris Bali Warangka Ukir Naga
Senjata Tradisional

Keris Bali – Lambang Perlawanan Terhadap Roh Jahat

Keris Bali adalah senjata tajam yang juga merupakan senjata tradisional Bali. Keris memang banyak berasal dari berbagai daerah di nusantara dan senjata tradisional ini sering dianggap sebagai benda pusaka yang di keramatkan karena di percaya memiliki kekuatan magis. Di Bali sendiri keris memiliki fungsi sebaga alat untuk pertahanan diri dari musuh dan juga sering menjadi senjata pelengkap untuk setiap upacara adat Bali.

Bagi masyarakat Bali, senjata tradisional seperti keris dianggap memiliki nilai spiritual yang tinggi, sehingga tak heran jika masyarakat Bali sendiri sangat mengagungkan senjata tradisional tersebut. Keris dianggap sebagai sebuah lambang akan perlawanan terhadap roh jahat.

Lihat Juga : Arit Senjata dan Alat Pertanian di Bali

Keris Bali juga biasa digunakan sebagai senjata pelengkap untuk upacara agama umat hindu. Maka dari itu fungsi Keris bagi masyarakt hindu di Bali sangat lah bermacam-macam seperti misalnya sebagai senjata untuk melindungi diri dari kejahatan musuh, gangguan roh-roh jahat karena sebagian masyarakat mempercayai bahwa keris memiliki kekuatan yang magis dan bahkan dianggap berfungsi untuk memberikan keberuntungan bagi pemilik atau penggunanya. Di Bali keris digunakan dalam upacara keagaaman untuk melakukan upacara Panca Yadya dan juga sebagai pelengkap tari-tarian.

Makna Keris Bali bagi Umat Hindu Bali

Keris sendiri memiliki banyak makna untuk umat hindu Bali, makna keris dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti misalnya ukuran keris yang bisa memberikan dampak yang baik maupun buruk kepada pemiliknya, nama ukuran keris yakni Jana, Mreta, Raksa dan Wisia.

Pada Keris sendiri memiliki makna Pengiderider yang berarti Dewana Nawa Sanga atau dewanya dalam agama hindu di Bali. Luk 3 atau 3 lengkukan pada keris melambangkan mencipta Dewa Brahma arah selatan dan dewa Wisnu pada arah utara dan biasanya Luk pada keris memiliki jumlah Ganjil. Selain itu, menurut kepercayaan masyarakat setempat Pamor pada bagian keris Bali juga memiliki makna yang sangat penting, karena menurut keyakinan mereka pamor tersebut memiliki kekuatan magis yang sangat besar bahkan dapat mempengaruhi kehidupan sang pemiliki.

Lihat Juga : Tiuk Senjata yang juga digunakan oleh Ibu-ibu

Adalagi yang terdapat pada keris Bali, biasa dikenal dengan sebutan Ganja. Ganja sekar Nglela biasanya Ganja dengan pamor yang berada di kiri dan kanan, dan Ganja Maskumambang ialah Ganja dengan Pamor. Ganja Tinatah adalah Ganja yang di beri hiasan tambahan baik dari emas maupun mata intan. Dan jika Ganja tanpa pamor biasaya Ganja tersebut merupakan Ganja baru atau Ganja pengganti Ganja asli yang hilang maka biasa disebut Ganjang wulung. Ganja sendiri berarti ukuran dasar keris.

Bentuk Keris Bali

Bentuk keris bali memang tidak jauh berbeda pada bentuk keris pada umumnya, hanya saja ukiran yang ada pada setiap bagian keris ini yang mana mencirikan dan menceritakan masyarakat pulau dewata tersebut dan di pengaruhi oleh sejarah kerajaan. Walaupun detilnya Keris Bali tidak sama persis dengan Keris Jawa. Namun hampir sama dengan keris jawa, begitu pula dengan penamaan pamor yang tidak jauh berbeda dengan nama pamor keris Jawa.

Lihat Juga : Kandik – Kampak Khas Bali

Dimensi Keris Bali

Bobot keris Bali umumnya hanya berkisaran 2 hingga 3 kg. Keris ini lebih lebar dan lebih panjang dari keris Jawa pada umumnya. Panjang rata-rata keris Bali sekitar 39 hingga 45 cm dan lebar kurang lebih 12cm.

Bahan baku Keris Bali

Sama dengan bahan baku keris pada umumnya. Keris ini juga biasa terbuat dari besi dicampur dengan logam mulia. Dengan hulu yang bisa terbuat dari besi ataupun kayu tertentu.

Jika zaman dahulu pembuatan keris hanya untuk pesanan dari pada anggota kerajaan. Kini pembuatan keris sendiri di Bali, sudah menjadi salah satu mata pencaharian. Pasalnya banyak kolektor benda antik yang rela memesan hulu atau pun keris khas Bali. Hulu keris bali biasa di sebut Danganan yang memiliki banyak sekali bentuk.

Sumber : PHDI, Cakepane

2 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: