Senjata Tradisional

Rambai Ayam – Pisau unik dari Bengkulu

Keunikan Indonesia memang tidak ada habis-habisnya, termasuk pada jenis persenjataannya. Salah satu senjata unik yang dimiliki Indonesia adalah Rambai Ayam atau Rumbai Ayam. Pisau yang mirip dengan taji ayam (sebagian mengatakan mirip dengan ekor ayam) ini berasal dari daerah Bengkulu- Sumatera Indonesia.

Bahkan di daerah Bengkulu sendiri senjata ini sudah lumayan sulit untuk didapatkan, maka kita harus kembali membangkitkan pamornya. Secara Internasional bilah senjata ini dikenal dengan tipe Talon. Jika diperhatikan bilah ini hampir mirip dengan Karambit yang berasal dari Sumatera Barat namun penggunaannya lebih mirip sedikit dengan celurit. Bedanya senjata ini ternyata dipergunakan pula sebagai alat tikam pada pertaruangan jarak dekat. Bergeser sedikit ke arah selatan, di daerah Sumatera Selatan senjata yang mirip dengan Rambai Ayam ini disebut Kudok dengan mata pisau pada atas dan bawah bilahnya.

Lihat Juga: Senjata Warisan Kerajaan Tulang Bawang

Senjata khas daerah Bengkulu ini tidak kita temukan keserupaan pada senjata yang lain yang ada di Indonesia meskipun akar visualnya menyerupai Sumatera Barat. Rambai Ayam memiliki panjang hingga 27cm dengan bilah yang dibuat dari besi yang perlu diteliti lebih lanjut dahulunya dibuat dari campuran apa dan gagang yang awam ditemukan dibuat dari Kayu.

Menurut masyarakat Bengkulu pada jaman dahulu merupakan peralatan wajib yang harus dibawa saat masuk hutan atau berpergian. Sedang bagaimana dia dipergunakan dalam pertarungan jarak dekat harus dilakukan penelitian lebih lanjut. sebagai preview bisa kita lihat pada adegan di youtube ini. Rambai Ayam semakin menarik kita perhatikan jika dilengkapi dengan ornamen-ornamennya yang khas tersebut.

Asyraaf & Hadian

Sumber : Agung Bhesemah CollectionsFaez RambliPagar Alam PosAdat TradisionalIndonesia KayaHeirloom & Heritage

2 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: