Senjata Tradisional

Tiuk, Senjata Ibu-Ibu di Bali

Bali, mendengar provinsi ini pikiran kita langsung tertuju pada sebuah masyarakat yang masih sarat akan tradisi dan kebudayaan. Hal itu terbukti dengan eksistensinya rumah adat, tarian serta pakaian tradisional di Bali.

Tak hanya itu, kelestarian budaya juga terlihat dari penggunaan senjata tradisionalnya. Baik itu digunakan untuk keperluan sehari-hari, upacara adat atau sekedar koleksi.

Senjata Tiuk 2

Senjata ini merupakan senjata tradisional sejenis belati atau pisau. Bentuk senjata ini sebenarnya hampir serupa dengan senjata Wedhung.

Lihat Juga: Senjata Simbol Kebesaran Orang Batak

Pebedaan keduanya terletak pada penggunaanya, jika Tiuk digunakan oleh masyarakat sebagai alat untuk memasak, membuat sesaji, dan keperluan dapur lainnya. Sementara senjata Wedhung digunakan sebagai sarana untuk pertahanan diri dalam berperang bagi kaum pria.

Tiuk 2

Dilihat dari segi desain, senjata ini lebih sederhana dibandingkan dengan Wedhung. Biasanya sering di pakai oleh kaum wanita di Bali. Selain digunakan untuk keperluan dapur, senjata ini juga berfungsi sebagai sarana dalam upacara adat Bali.

Sumber: Info Bersiap, Lentera Hidup, Jambinews.

4 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: