Axis Lock Folder

Axis Lock Folder Design

Axis Lock Folder adalah salah satu jenis mekanisme pisau lipat yang dibuat oleh Benchmade dan menjadi salah satu mekanisme untuk pisau lipat yang paling digemari di Amerika. Dengan mempertimbangkan prinsip ergonomi desain pisau ini dibuat bukan hanya nyaman digunakan juga memiliki dimensi yang optimal saat di simpan. Bilah dapat menggunakan bahan D2 atau Sleipner. Selain itu dapat juga menggunakan besi tempa seperti Damascuss Steel atau yang lebih kita kenal sebagai besi Pamor. Karna pisau kecil seperti ini biasanya dimanfaatkan seperti fruit knife atau skinner. Sehingga penggunaannya untuk dipukul merupakan hal yang tidak biasa.

Rencana Desain dan Spesifikasi Axis Lock Folder

Indonesia merupakan salah satu tempat dimana para penggemar pisau semakin banyak. Dengan mudahnya akses informasi, para knife maker atau pembuat pisau juga semakin mudah mencari ekplorasi terhadap produknya. Di sini forum bagi knife maker pun dari waktu ke waktu semakin penuh. Namun demikian disayangkan tidak banyak yang melakukan development terhadap pisau lipat, termasuk berbagai jenis mekanismenya. Oleh karena itu saya sebagai desainer terdorong untuk mendesain produk pisau lipat yang mungkin dapat dijadikan referensi bagi para maker.

Desain ini menggunakan handle berbahan G10 atau dapat pula menggunakan Nylon Plastik ataupun Mikarta. Penggunakan Mold dapat dilakukan untuk produksi massal produk ini dengan penambahan texture pada permukaan materialnya. Sedangkan Mikarta yang digunakan dapat berbahan jeans atau Linen yang memberikan texture untuk gripping yang lebih baik.

Dimensi total produk ini tidak lebih dari 25cm saat dibuka dan 14cm saat dilipat. Sehingga nyaman dibawa baik dengan sheath atau tidak menggunakan sarung sekalipun.

Operasional yang mudah dan kokoh pada mekanisme Axis Lock Folder memberikan kepercayaan diri yang tinggi pada penggunanya baik untuk fast release maupun operasionalnya. Kuncian yang kokoh memberikan kemampuan skinning dan slicing yang tidak goyang.

Pada preview dibawah ini dapat dilihat secara keseluruhan bagaimana bentuk dan kemungkinan performa yang dapat dihasilkan oleh Pocket atau Folding Knife ini :

Terimakasih

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat