Bar Stool

Sustainable Stool

Stool yang juga dikenal sebagai backless chair sebagai mana bahasa inggrisnya yaitu kursi tanpa sandaran. Jenis kursi ini menurut wikipedia merupakan bentuk awal dari kursi. Tidak memiliki sandaran, dan tidak ada armrest nya. Stool bisa terbuat dari berbagai material dan terdiri minimal 1 kaki. Bar Stool adalah salah satu jenis stool yang digunakan sebagai pelengkap Bar Table. Bar table tidak hanya digunakan di Pub atau Bars namun juga sering digunakan di dapur rumah dengan desain modern.

Bar Stool

Bar Stool merupakan kursi yang tinggi dibandingkan dengan jenis stool yang lain. Pada stool jenis ini terdapat footrest atau tempat meletakkan kaki. Meskipun stool pada dasarnya tidak ada sandaran punggung, stool seperti ini terkadang ada yang didesain dengan tambahan sandaran punggung.

Bar stool dapat didesain dengan menggunakan berbagai material. Namun material yang sejak dahulu sering digunakan adalah kayu dan atau besi. Bar stool berbeda dari defenisi awal tentang stool banyak yang telah menggunakan sandaran punggung, sandaran tangan serta dibuat lebih nyaman dengan diberi bantalan pada tempat duduknya.

Produk stool dapat digunakan didalam maupun diluar ruangan. Material-material organik seperti kayu, bambu, rotan dan sebagainya digunakan terutama untuk produk indoor. Sedangkan untuk diluar ruangan atau outdoor lebih baik menggunakan material yang lebih tahan terhadap cuaca seperti logam dan alumunium. Tingginya dudukan bar stool mulai dari 66cm hingga 91cm. Ukuran yang lebih pendek biasanya lebih banyak digunakan pada desain dapur modern dirumah. Sedangkan bar stool yang lebih tinggi menyesuaikan ukuran meja Pubs atau Bars yang juga berukuran cukup tinggi.

Konsep Spring Bar Stool

Spring Stool mengambil konsep spring atau per yang dapat memberikan kenyamanan tambahan bagi penggunanya. Ide ini terinspirasi dari kenyamanan kursi kerja atau kursi direktur yang digunakan sebagai tempat duduk diperkantoran. Ide tersebut diulik sehingga diputuskan penggunaan besi beton sebagai pengaplikasiannya. Produk ini dapat menggunakan besi beton berukuran 8-12 yang memungkinkan desain tekukan dapat bekerja dengan baik. Semakin kecil besi beton yang digunakan semakin lembek suspensi yang dihasilkan.

Desain Spring Stool dapat dipergunakan sebagai stool untuk kebutuhan komersil maupun rumahan. Untuk keperluan-keperluan tersebut desain ini dapat diatur ulang ukurannya. Pengaturan ukuran tersebut dengan memperpanjang bagian besi beton dibawah footrest. 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat